Beranda > Gaya Hidup > Ingin Cepat Langsing, Atur Metabolisme Tubuhmu Lewat 5 Cara Ini!

Ingin Cepat Langsing, Atur Metabolisme Tubuhmu Lewat 5 Cara Ini!

RISANG PRATAMARisang Pratama
Ingin Cepat Langsing, Atur Metabolisme Tubuhmu Lewat 5 Cara Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Tubuh saya tergolong kurus. Ingin rasanya menambah berat badan biar tampak berisi. Namun, meskipun sudah makan banyak–nggak gampang buat saya menggemukan badan. Usut punya usut, dari informasi yang sudah dibaca, tubuh saya memiliki metabolisme yang cepat.

 

Metabolisme merupakan proses kimiawi yang terjadi pada makhluk hidup. Salah satunya yaitu mengubah makanan menjadi energi untuk menyokong aktivitas tubuhmu. Sederhananya, laju metabolisme mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar kalori.

 

Mempelajari soal metabolisme lebih lanjut, ternyata hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan berat badan. Pola diet yang salah juga dapat menyebabkan laju metabolisme melambat, sehingga berat badanmu justru sukar turun.

 

Kalau metabolisme tubuhmu tergolong lambat, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya, kok. Yuk, atur metabolisme tubuhmu lewat cara berikut biar cepat langsing!

 

Artikel Terkait: Biar Kerja Tetap Jalan, Perhatikan Juga Kesehatan

  1. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  2. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  3. Deteksi Kesehatan Lebih Dini: Biaya Berat di Awal, Ringan di Akhir

 

1. Perbanyak asupan protein

Jumlah energi yang dikeluarkan tubuh untuk mencerna tiap jenis makanan nggak sama. Untuk mencerna protein, tubuhmu butuh energi lebih besar dibandingkan saat mencerna karbohidrat atau lemak. Artinya, kamu bisa membakar kalori lebih banyak jika rajin mengonsumsi makanan sumber protein.

 

Protein juga baik untuk diet. Pasalnya, unsur gizi yang satu ini mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama. Di sisi lain, protein penting untuk mempertahankan massa otot. Beberapa contoh makanan sumber protein antara lain daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

 

2. Bangun massa otot lewat latihan beban

Apa hubungan massa otot dengan metabolisme? Untuk mempertahankan massa otot, dibutuhkan kalori yang lebih banyak ketimbang saat tubuh mempertahankan jaringan lemak. Artinya, semakin besar ototmu, semakin banyak pula kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

 

Kamu bisa membangun massa otot lewat latihan beban. Nggak harus di pusat kebugaran. Toh, di rumah juga bisa, kok. Kalau hal ini dilakukan secara rutin ditambah dengan diet yang tepat, kamu bakal mendapatkan tubuh ideal lebih cepat.

 

3. Hindari diet terlalu ketat

Diet terlalu ketat dengan cara memangkas asupan kalori justru kontradiktif dengan hasil yang ingin kamu capai. Cara ini membuat tubuhmu berada pada mode kelaparan, sehingga ototmu pun menyusut.

 

Nah, kalau otot menyusut, metabolisme bakal melambat. Alhasil, berat badan akan kembali naik dengan cepat saat kamu berhenti diet. Karenanya, hindari melakukan diet terlalu ketat. Minimal, kamu harus mengonsumsi 1.200 kalori setiap hari.

 

4. Konsumsi makanan pedas

Pernah berkeringat usai makan yang pedas-pedas? Makanan pedas ternyata mampu mempercepat metabolisme, lho. Ini karena kandungan senyawa kapsaisin yang ada dalam cabai dan lada. Makanan pedas membuat tubuh kita lebih panas, sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk mendinginkannya.

 

Selain itu, makanan pedas membantu mengontrol nafsu makanmu. Makan yang pedas-pedas bikin kamu cepat merasa kenyang.

 

Artikel Terkait: Menikmati Hidup Lewat Gaya Hidup Berkualitas

  1. 5 Cara Murah Meriah Turunkan Berat Badan
  2. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  3. Fast Food: Makanan Favorit Saat Deadline, Solusi Cepat Menuju Obesitas

 

5. Rutin minum teh hijau

Teh hijau kaya akan senyawa katekin. Senyawa ini mampu meningkatkan metabolisme tubuhmu sampai 4 hingga 5 persen, lho. Teh hijau juga mampu mengubah lemak yang tertimbun menjadi asam lemak bebas, sehingga pembakaran lemak bisa naik antara 10-17 persen. Namun, pastikan kamu nggak mengkonsumsinya dengan gula, ya.

 

Nah, lewat cara-cara di atas, mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal yang didambakan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett