SWARA – Banyak orang ingin bisa bekerja sesuai dengan hobi. Bagi kamu yang hobi traveling, tahukah kamu bahwa hobi tersebut bisa dijadikan sebagai pekerjaan untukmu? Jika kamu memiliki hobi traveling dan ingin bekerja sambil memuaskan hobi, berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang cocok untukmu:

 

  • Fotografer

 

Sebelumnya, kamu mungkin tidak tahu bahwa hobi traveling juga bisa dilakukan sambil bekerja sebagai seorang fotografer. Secara khusus, kamu bisa memilih untuk menjadi fotografer travel atau perjalanan.

 

Kamu bisa jalan-jalan keliling dunia dengan tujuan untuk memotret. Nantinya, foto yang kamu hasilkan bisa dikirimkan sebagai kontribusi di media. Sebagai gantinya, media tersebut akan membayar hasil karyamu. 

 

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer untuk mengambil foto perjalanan bagi para klien. Dari sana, kamu bisa mendapatkan modal dari klien untuk bepergian, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sendiri. 

 

  • Travel blogger

 

Banyak penggemar traveling yang memilih untuk berprofesi sebagai travel blogger. Seorang travel blogger akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat, kemudian membuat konten tulisan yang menggambarkan perjalanan tersebut. 

 

Tulisan mengenai perjalananmu bisa kamu tulis di blog dan dipublikasikan di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkannya ke penerbit untuk diterbitkan di majalah atau dicetak menjadi buku. 

 

Jika tulisan perjalananmu dijadikan buku, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif berupa royalti dari penjualan buku tersebut. Hal ini memungkinkan kamu untuk traveling sambil tetap mendapatkan penghasilan secara reguler setiap bulannya.

 

  • Pramugari

 

Bagi kamu yang senang bepergian, pekerjaan sebagai pramugari atau pramugara juga cocok untukmu. Sebagai seorang pramugari, kamu memiliki kesempatan untuk terbang ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri tanpa perlu mengeluarkan biaya perjalanan sendiri.

 

Selain itu, untuk menjadi seorang pramugari, kamu tidak harus memiliki gelar khusus. Selama kamu pernah memiliki pengalaman di bidang customer service, kamu memiliki peluang untuk menekuni profesi ini. 

 

Meskipun kelihatan mudah, pekerjaan sebagai seorang pramugari tidak selalu mudah. Namun, baik kamu yang menyukai traveling, pemandangan dari kota-kota yang kamu datangi saat bekerja bisa menjadi hiburan untuk rasa penat akibat pekerjaan. 

 

  • Pemandu wisata

 

Seorang pemandu wisata atau tour guide adalah orang yang bertugas untuk memandu para turis ketika berlibur. Salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang pemandu wisata adalah kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. 

 

Selain itu, karena kamu akan berhubungan dengan berbagai macam turis, kamu juga harus memiliki kemampuan sosialisasi yang baik, serta memiliki pengetahuan yang luas tentang tempat wisata.

 

Jika kamu hobi traveling, pekerjaan sebagai pemandu wisata pasti akan cocok untukmu. Kamu bisa jalan-jalan ke berbagai tempat dan memperkenalkan tempat-tempat wisata yang indah ke para turis. 

 

  • Jurnalis travel

 

Pernahkah kamu melihat jurnalis atau presenter acara TV yang secara khusus membahas tentang traveling? Pekerjaan ini juga menjadi salah satu pekerjaan yang cocok bagi pecinta traveling.

 

Kamu bisa memuaskan keinginan untuk bepergian dengan tujuan pekerjaan. Selama bekerja, kamu diberikan kesempatan untuk menikmati perjalanan sambil mempersiapkan bahan liputan yang bisa dilaporkan kepada masyarakat. 

 

Dengan menjalani profesi ini, kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapat penghasilan. Perlu diingat, jika kamu tidak benar-benar hobi traveling, pekerjaan sebagai jurnalis travel bukanlah pekerjaan yang mudah. 

 

  • Konsultan

 

Seorang konsultan bekerja untuk beberapa perusahaan sekaligus. Biasanya, perusahaan tersebut bisa saja berada di lokasi yang berbeda-beda, dengan industri yang berbeda-beda juga. 

 

Ketika menjadi konsultan, kamu memiliki kesempatan untuk pergi ke daerah-daerah yang berbeda, sesuai dengan lokasi perusahaan yang kamu tangani. Kamu tidak akan terikat dengan satu perusahaan tertentu, sehingga jam kerja menjadi lebih fleksibel. 

 

Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih bebas dalam mengatur waktu serta melakukan hobi traveling. Pekerjaan ini akan lebih mudah kamu jalani jika kamu memiliki kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris, sehingga bisa melayani banyak perusahaan di luar negeri sekalipun.

 

  • Auditor

 

Tahukah kamu bahwa pekerjaan sebagai auditor juga bisa memberikan kesempatan untuk menyalurkan hobi traveling? Ketika kamu menjadi auditor di sebuah perusahaan audit publik, kamu akan berhubungan dengan banyak perusahaan. Bisa saja, perusahaan-perusahaan ini berlokasi di kota yang berbeda-beda. 

 

Kamu akan bepergian ke kota-kota tempat perusahaan tersebut berada. Tujuannya adalah melakukan audit dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. 

 

Hal ini memungkinkan kamu untuk jalan-jalan ke daerah yang berbeda-beda, bertemu dengan banyak orang, serta mencari suasana kerja yang baru. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa kamu bisa berhubungan dengan klien dari luar negeri. 

 

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk orang-orang dengan hobi traveling. Pekerjaan-pekerjaan di atas memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dengan cara yang menyenangkan.