SWARA – Siapa sih yang tidak ingin jalan-jalan sembari digaji? Apalagi yang hobi traveling. Pekerjaan dengan bonus pelesir itu seperti mimpi yang terkabul di siang bolong. Saya sendiri pernah menjadi jurnalis cetak selama dua tahun. Karena hobi jalan-jalan, pekerjaan ini sangat cocok untuk saya. Terkadang, saya diundang untuk meliput di suatu tempat di luar Jakarta. Bahkan hingga ke luar negeri.

Walau tidak melulu berujung jalan-jalan dalam arti sebenarnya, saya memiliki kesempatan untuk mengenal daerah lain dan isu yang berkembang di sana. Jika sedang bertepatan dengan hari libur, saya bisa menambah durasi tinggal. Ya, hitung-hitung sekalian liburan. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Bekerja, menghasilkan uang, dan jalan-jalan. Semuanya dilakukan dalam satu waktu sekaligus. Buat yang hobi traveling, sih, ini surga banget.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Pernikahan yang Harus Kamu Perhatikan

  1. Haruskah Pernikahan di Indonesia Memakan Biaya yang Fantastis?
  2. Contek Pernikahan Murah Meriah a la Seleb Korea Selatan
  3. Berani Tanggalkan Gengsi dan Menikah Gratis di KUA? Yuk, Intip Caranya!

 

Lalu selain menjadi jurnalis, profesi apa lagi yang menghasilkan uang sekaligus bisa jalan-jalan? Yuk, intip delapan profesi berikut!

 

1. Travel Blogger

Pada dasarnya menjadi travel blogger itu merupakan campuran dari dua hobi: menulis dan melancong. Sehabis mengunjungi sebuah tempat wisata, kamu menulis pengalaman serta berbagi tips untuk pembaca yang ingin berkunjung ke sana. Biasanya, seorang travel blogger akan membahas banyak hal seperti akomodasi, kuliner, dan transportasi di tempat wisata.

 

2. Aktivis

Jika hobi jalan-jalan dan terpanggil berbakti pada masyarakat melalui lembaga swadaya masyarakat (LSM), kamu bisa mempertimbangkan profesi ini. Dengan menjadi aktivis, kamu tidak hanya memperoleh keseruan mengunjungi tempat baru, melainkan juga wawasan tentang isu yang berkembang di berbagai daerah di Indonesia, bahkan dunia. Walau profesi ini cukup melelahkan, tapi sangat sebanding dengan kepuasan yang diterima. Apalagi jika kamu memang berjiwa sosial dan ingin membuat sebuah perubahan. Sekecil apa pun itu.

 

3. Tour Leader

Menjadi professional tour leader juga bisa mewujudkan mimpi kamu untuk jalan-jalan. Profesi ini membutuhkan usaha ekstra karena kamu harus mempelajari setiap detail destinasi yang akan dikunjungi. Public speaking juga wajib, sebab profesi ini melibatkan banyak interaksi dan memberi penjelasan dengan wisatawan yang kamu dampingi. Membawa wisatawan sembari menjadi wisatawan, kenapa tidak?

 

4. Pramugari atau pilot

Menjadi kru pesawat, baik pilot maupun pramugari, memiliki banyak keuntungan. Selain gaji yang lumayan besar (berdasarkan jam terbang), seorang pramugari atau pramugara berkesempatan untuk mengunjungi banyak daerah. Menurut teman saya yang berprofesi sebagai pramugari, pada jam terbang tertentu, kru pesawat akan beristrahat sekitar satu atau dua hari sebelum kembali terbang. Teman saya ini juga sudah jalan-jalan ke Australia, Korea Selatan, dan Jepang.

 

5. Fotografer

Sama halnya dengan jurnalis, profesi fotografer juga memilki peluang untuk jalan-jalan. Biasanya fotografer baik media online maupun cetak mendapat tugas untuk memotret berbagai peristiwa dan fenomena di seluruh penjuru negeri maupun dunia. Buat yang hobi fotografi patut mempertimbangkan profesi ini.

 

6. Diplomat atau staf kedutaan

Siapa bilang bekerja di sektor birokrasi membosankan? Kalau kamu pintar memilih, kamu bisa menjadi diplomat. Ini artinya, kamu menjadi representasi negara untuk melakukan diplomasi di lokasi penempatan.

Dalam melakukan tugasnya, seorang diplomat tidak selalu tinggal di satu negara namun bisa berpindah-pindah sesuai surat tugas. Begitu pun staf kedutaan. Namun, walau terdengar seru, untuk menjadi seorang diplomat tidaklah mudah. Tingkat pendidikan, kemampuan berbahasa asing, dan kepiawaian dalam berdiplomasi sangat penting jika kamu meminati profesi ini.

 

7. Travel Agent

Berkecimpung dalam bisnis travel agency bisa menjadi tambang emas buat yang hobi melancong. Kamu bisa mewujudkan mimpi menjadi travel agent sekaligus memperluas wawasan tentang daerah hingga penjuru nusantara. Begitu juga dengan kesempatan berpelesir ke luar negeri sambil membawa grup yang menjadi klien travel agency.

 

Artikel Terkait: Dampak Positif di Balik Hobi

  1. Merasa Nggak Punya Hobi? Waspada, Inilah 5 Dampak Buruknya!
  2. Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Sepatu Olahraga
  3. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan

 

8. Au pair

Untuk yang bermimpi jalan-jalan ke luar negeri, profesi au pair sangat cocok. Apalagi jika kamu seorang perempuan dan menyukai anak kecil. Hal ini bisa menjadi bonus. Au pair sendiri berarti asisten domestik (biasanya warga negara asing) yang membantu pekerjaan rumah tangga atau mengasuh anak, dan tinggal dengan host family selama jangka waktu tertentu. Negara-negara di Eropa dan Australia banyak membuka lowongan ini. Jadi kamu harus rajin-rajin mencari informasi di internet. Kalau kamu berumur pertengahan remaja dan akhir 20-an, kamu berkesempatan menjadi au pair.

Itu baru beberapa daftar profesi yang bisa mewujudkan mimpi kamu untuk berpetualang ke tempat-tempat yang seru. Hari gini masih sibuk nabung lama-lama buat traveling? Mending cari pekerjaan yang bisa nganter kamu jalan-jalan gratis!

 

2

 

 

 

 


KENNY CAROLINE

KENNY CAROLINE