Sekarang, hiburan bisa hadir dalam genggaman melalui aplikasi streaming. Baik untuk menonton film dan serial, atau mendengarkan musik sambil menemani belajar atau bekerja.

 

Tanpa sadar, biaya langganan aplikasi ini menjadi salah satu pengeluaran rutin bulanan. Akibatnya, bisa makin boros. Jadi, bisakah menghemat pengeluaran untuk langganan ini?

 

Tips hemat berlangganan aplikasi streaming

 

Selama tahu cara yang tepat dan nggak tergoda dengan klaim yang beredar tentang masing-masing aplikasi, kamu pasti bisa berlangganan dengan hemat.

 

Perlu trik khusus nih untuk bisa berhemat, tanpa harus membatasi diri dalam menikmati hiburan favoritmu. 

 

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaran, tapi tetap mendapat hiburan.

 

1. Pilih-pilih aplikasi

 

Ada banyak aplikasi streaming, baik untuk film, serial atau musik. Nggak perlu harus punya semua. Pilih aplikasi yang paling cocok denganmu agar nggak boros.

 

Misalnya, sesuaikan dengan jenis tontonan favorit. Kalau kamu suka drama Korea, mungkin kamu bisa berlangganan Viu saja karena ada banyak judul drama Korea di sana. 

 

Bisa juga dengan langganan per bulan. Kamu bisa mengakali dengan mengumpulkan tontonan yang ingin dinikmati setiap bulannya. Jadi, cukup langganan sebulan aja agar bisa binge watching.

 

2. Cari promo

 

Jangan malas untuk mencari promo. Misalnya, langganan tahunan jauh lebih murah ketimbang bulanan. 

 

Bisa juga dengan menunggu momen tertentu agar mendapat promo, seperti program 11.11. Jadi lebih murah, deh.

 

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan gratis untuk pengguna baru. Sekaligus mencoba untuk mengenali aplikasi tersebut dan mencari tahu apakah jenis tayangannya bisa kamu nikmati atau tidak.

 

3. Pilih paket bundling agar bisa patungan

 

Beberapa aplikasi menyediakan paket bundling yang bisa kamu nikmati bareng pengguna lain dalam satu akun. 

 

Kalau langganan Spotify kamu rasa berat, kamu bisa memanfaatkan paket family agar lebih hemat karena bisa dipakai oleh lima orang sekaligus.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Langganan Aplikasi Streaming

  1. Keunggulan Layanan Aplikasi Streaming
  2. Rekomendasi Aplikasi Streaming di Android

 

4. Sesuaikan dengan kesibukan

 

Ada masanya pekerjaan atau tugas kuliah sedang menumpuk, jadi nggak ada waktu untuk menonton tayangan favoritmu. 

 

Di saat hectic begini, kamu bisa berhenti berlangganan sampai kamu punya waktu lowong untuk menikmati tayangan favoritmu. Kalau sudah ada waktu, baru deh berlangganan lagi.

 

5. Batasi pemakaian data

 

Selain biaya berlangganan, kamu juga perlu memikirkan biaya kuota internet yang terpakai selama menikmati tontonan favoritmu. 

 

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan menggunakan wifi, sehingga bisa lebih hemat. Selain itu, kamu bisa download lagu atau tontonan yang ingin dinikmati sehingga bisa menghemat kuota, ketimbang menonton langsung.

 

Penting juga untuk menyalakan pengingat penggunaan data harian. Tujuannya untuk membatasi jumlah kuota internet yang harus kamu pakai agar tidak melebihi kemampuan.

 

Alasan aplikasi streaming semakin populer

 

Penggunaan aplikasi streaming semakin meningkat semenjak pandemi. Sebab, peraturan yang membatasi pergerakan dan keharusan untuk stay at home membuat kita mencari hiburan lain. 

 

Terlebih, bioskop sempat ditutup sehingga kehadiran aplikasi streaming membantu banget untuk mendapatkan hiburan secara legal.

 

Nggak heran kalau akhirnya banyak aplikasi streaming bermunculan, dengan kelebihan masing-masing. Contohnya untuk layanan menonton. 

 

Saat ini kita mengenal Netflix, Viu, HBO Go, iQIYI, WeTV, Vidio, dan lainnya. Tentunya kehadiran aplikasi ini ikut mempermudah dalam mencari hiburan sekalipun kita enggak bisa ke mana-mana.

 

Ada banyak cara untuk mencari hiburan hanya lewat genggaman. Aplikasi streaming merupakan kebutuhan tersier, jadi harus pintar mengendalikan diri. 

 

Jangan sampai membuat keuangan carut marut karena langganan terlalu banyak, dan nggak bisa menikmatinya dengan maksimal.