SWARA – Tak dapat dipungkiri, ada banyak sekali situs download lagu MP3 gratis yang beredar di internet. Tapi, sebagian besar dari situs-situs tersebut sebenarnya beroperasi secara ilegal. Pihak pengelola situs tidak memiliki izin khusus untuk mengedarkan lagu-lagu dengan format MP3 tersebut.

 

Kenyataannya, sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang mengandalkan situs-situs ilegal untuk mendapatkan lagu gratis. Padahal, selain melanggar hukum, mengakses situs ilegal seperti itu juga bisa membawa dampak yang membahayakan. 

 

Amankah Download Lagu MP3 Gratis di Situs Ilegal?

 

Setiap tahunnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menutup puluhan, bahkan ratusan situs download lagu ilegal. Meski banyak situs yang telah ditutup, hingga kini tetap banyak bermunculan situs-situs ilegal baru. 

 

Sebenarnya, mengunduh lagu di situs ilegal bukanlah keputusan yang bijak. Situs-situs ilegal yang beredar di internet, baik situs download lagu ataupun streaming film, seringkali memanfaatkan situs mereka untuk menyebarkan malware.

 

Saat kamu mengakses situs ilegal, kamu telah membuka peluang bagi malware untuk masuk ke perangkat lunak di laptop atau ponselmu. Penyebaran malware bisa membahayakan privasi karena mampu mendeteksi informasi pribadi serta foto dalam perangkat.

 

Dilansir dari CNN Indonesia, serangan malware bisa menyebabkan pencurian data pribadi yang meliputi informasi kartu kredit dan rekening bank. Nantinya, data itu akan dijual ke peretas di dark web, dan uang yang tersimpan di rekening bank pribadimu berpotensi untuk dicuri.

 

Oleh sebab itu, mengakses situs-situs ilegal, termasuk situs download lagu, sebenarnya berbahaya. Selain itu, dikutip dari Detik, download lagu MP3 ilegal juga merupakan bentuk pelanggaran Hak Cipta. 

 

Pelanggaran Hak Cipta dapat dikenakan sanksi berdasarkan Pasal 72 UU Hak Cipta 19/2002, yaitu sanksi pidana paling lama 7 tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar. 

 

Aplikasi Download Lagu MP3 Gratis secara Legal

 

Sekarang, kamu sudah memahami bahayanya menggunakan situs ilegal untuk mendapatkan lagu gratis dengan format MP3. Agar kamu tetap bisa menikmati lagu gratis tanpa melanggar hukum, kamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi berikut ini: 

 

  • Langit Musik

 

Aplikasi Langit Musik adalah aplikasi yang menyediakan lagu-lagu gratis dari musisi Indonesia. Sebelum menjadi aplikasi, kamu mungkin pernah melihat nama Langit Musik pasa situs langitmusik.co.id

 

Langit Musik memungkinkan kamu untuk mengunduh lagu Indonesia secara gratis dan legal. Bahkan, tidak hanya mengunduh, kamu juga bisa mendengarkan koleksi lagu-lagu lain tanpa batas. 

 

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan aplikasi Langit Musik secara gratis di Google Play Store. 

 

  • 4shared

 

Nama aplikasi 4shared mungkin familiar bagi kamu pecinta musik. 4shared adalah situs yang menyediakan layanan penyimpanan file multimedia secara online. Situs ini sudah sering dijadikan andalan untuk mendapatkan koleksi lagu secara gratis.

 

Aplikasi 4shared bekerja dengan sistem sharing file bersama pengguna lain. Kamu bisa menyimpan file lagu di 4shared, lalu pengguna lain bisa mengakses file tersebut dan mengunduhnya. 

 

Koleksi lagu yang tersimpan di 4shared berasal dari seluruh penggunanya. Karena itu, koleksi lagunya pun cukup beragam. Sama seperti Langit Musik, kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. 

 

  • SoundCloud

 

SoundCloud merupakan platform untuk berbagi musik secara online. Pengguna SoundCloud dapat mendistribusikan rekaman suara dan melakukan promosi melalui aplikasi tersebut. Tidak hanya dalam bentuk aplikasi, SoundCloud juga bisa diakses melalui situs soundcloud.com

 

Dilansir dari IDN Times, download lagu di SoundCloud bisa kamu coba dengan copy link lagu, lalu masuk ke situs SaveFrom. Di kolom yang tersedia, paste link terkait dan pilih opsi download MP3. Nantinya, secara otomatis, lagu tersebut akan tersimpan di ponselmu. 

 

  • Thematic

 

Sebenarnya, Thematic tidak hadir dalam bentuk aplikasi, melainkan situs dengan alamat hellothematic.com. Situs ini dimiliki oleh Youtuber ternama asal Amerika Serikat, Michelle Phan.

 

Pada awalnya, Thematic dibentuk untuk mewadahi para kreator yang membutuhkan musik untuk konten mereka dan para musisi yang ingin mempromosikan musik  mereka. Musisi dan kreator akan dipertemukan dan bekerja sama melalui situs ini.

 

Kamu bisa mengunduh lagu-lagu dari para musisi secara gratis, namun sebagai gantinya kamu harus membantu dalam mempromosikan musik mereka. Kamu hanya perlu membuat akun di Thematic dan bisa langsung mengunduh lagu yang diinginkan.

 

Itulah beberapa cara untuk download lagu MP3 gratis secara legal menggunakan aplikasi. Dibandingkan menggunakan situs ilegal yang berbahaya, lebih baik gunakan aplikasi-aplikasi ini untuk mendapatkan lagu gratis dengan cara yang aman.