SWARA – Sutradara film asal Korea Selatan, Bong Joon-ho berhasil mendapatkan piala Oscar melalui film Parasite. Joon-ho mengantongi penghargaan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, serta Film Internasional Terbaik.

 

Namun, tahukah kamu kalau Bong Joon-ho memiliki film lain yang tak kalah bagusnya? Berikut ini adalah 5 film besutan Bong Joon-ho:

 

1. Memories of Murder (2003)

Image result for memories of murders 2003

 

Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini menceritakan pembunuh berantai yang meresahkan warga di Hwaseong, Korea dalam rentang 1980-an.Pelaku merupakan pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.

 

Ternyata, Song Kang-ho, jauh sebelum menjadi supir taksi di A Taxi Driver dan sebagai kepala keluarga miskin dalam Parasite juga berperan dalam film ini. Dalam film Memories of Murder, Song Kang-ho berperan sebagai detektif yang memecahkan kasus ini. Ia dibantu oleh  Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung), seorang detektif muda dari Seoul yang jauh lebih berpengalaman dibandingkan dengannya.

 

2. The Host (2006)

Image result for the host 2006

 

The Host adalah film monster yang dibuat oleh Joon-ho menyusul kesuksesan dari film Memories of Murder. Film ini menceritakan monster asing yang muncul dari Sungai Han di Seoul, Korea Selatan. Monster ini memusnahkan ratusan orang dan membawa seorang gadis kecil bernama Hyun-seo.

 

Bong Joon-ho mengatakan bahwa ia terinspirasi dari artikel lokal mengenai ikan cacat dengan tulang belakang berbentuk ‘S’ yang ditangkap di Sungai Han. Film ini dibintangi oleh  Song Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona dan Go Ah-sung.

 

Artikel terkait:

Film ‘Parasite’ Berhasil Menang Oscar, Yuk Simak 5 Fakta Menariknya!

5 Sutradara Asia Yang Nggak Kalah Dengan Hollywood, Dapat Banyak Penghargaan Internasional!

4 Film Dokumenter Inspiratif yang Cocok untuk Perempuan

 

3. Mother (2009)

Image result for mother 2009

 

Mengisahkan seorang janda (Kim Hye-ja) yang tinggal bersama dengan putranya (Won Bin). Putranya memiliki kebutuhan khusus, mereka tinggal di kota kecil di Korea Selatan. Janda ini mencari uang dengan cara menjual tanaman obat.

 

Ibu dan anak ini kemudian terjebak masalah karena menemukan mayat seorang gadis muda. Bukti yang ada secara tidak langsung menunjukkan keterlibatan sang putra, tapi sang ibu dianggap sebagai pelaku karena kecerobohan polisi yang melakukan penyelidikan. Merasa dikhianati oleh sistem hukum, sang ibu lantas mengambil langkah dengan tangannya sendiri untuk membersihkan nama sang anak.

 

4. Snowpiercer (2013)

Image result for snowpiercer bong joon ho

 

Film dengan genre fiksi ilmiah ini didasarkan pada novel milik Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean Marc Rochette berjudul ‘Le Transperceneige’. Snowpiercer dibintangi oleh berbagai bintang seperti  Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octavia Spencer, Go Ah Sung, John Hurt, dan Ed Harris. 

 

Mengisahkan tentang upaya rekayasa iklim untuk menghentikan pemanasan global namun sayangnya berujung bencana, film ini sukses memberikan gambaran mengenai zaman es. Umat manusia yang tersisa dibawa ke kereta api lintas alam, Snowpiercer yang dijalankan oleh raja transportasi terkemuka Wilford.

 

Pada tahun 2031, para penumpang dipisahkan berdasarkan kelas. Para elit duduk di bagian kereta dengan dekorasi yang mewah, sedangkan orang yang miskin dipaksa ke kompartemen belakang yang kotor dan dijaga oleh pengawal bersenjata.

 

5. Okja (2017)

Image result for okja

 

Okja adalah  film aksi-petualangan yang dibintangi oleh pemeran cilik Korea Selatan Ahn Seo-hyun, bersama dengan Tilda Swinton, Paul Dano, Steven Yeun, Lily Collins, dan Jake Gyllenhaal. Film ini mengisahkan persahabatan seorang gadis muda bernama Mija dengan babi raksasa hasil rekayasa genetik bernama Okja. Film ini juga menyindir isu eksploitasi hewan untuk kepentingan ekonomi yang sangat tidak manusiawi

 

Itulah lima film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho. Menarik kan? Sudah tahu mau mencoba nonton film yang mana?