SWARA – Kata siapa kamu tidak bisa tetap produktif walau di rumah saja? Jika kamu memiliki hobi fotografi, kamu tetap bisa melakukan virtual photoshoot. Sesi foto secara virtual adalah jawaban dari kebutuhan untuk melakukan pemotretan selama pandemi.

 

Dilakukan oleh banyak artis

Sedikit prolog, tren virtual photoshoot seketika viral saat Michael Fabian Cools melakukan pemotretan bersama Raisa melalui video call. Raisa tampak sangat menawan dengan riasan yang tipis dan pakaian yang sederhana. Hasil foto yang dipotret dari layar laptop juga memberikan efek grid natural memberikan hasil yang beda dari yang lain!

 

Setelah foto Raisa viral, banyak sekali fotografer yang berkolaborasi dengan public figur untuk melakukan virtual photography. Mulai Ayla Dimitri, Alika Islamadina, hingga Rachel Vennya!

 

Kamu mungkin sadar, beberapa waktu ini, hashtag #virtualphotoshoot banyak bersliweran di Instagram. Mungkin, kamu adalah salah satu orang yang juga ingin mencoba virtual photoshoot tapi masih penasaran dengan caranya. Kamu pun ternyata bisa melakukan virtual photoshoot, bahkan bisa menjadikan hal ini sebagai sumber penghasilan baru asal tahu cara-caranya!

 

Intip kiat-kiatnya di bawah ini!

 

1. Miliki instinct of art

 

virtual photoshoot

Sebenarnya yang dilakukan oleh fotografer dalam virtual photoshoot adalah menelepon model menggunakan video call dan mengambil gambar kliennya. Hasil pemotretan akan dikurasi menggunakan aplikasi dan dikirimkan kepada model beberapa waktu lainnya.

 

Walaupun melakukan photoshoot secara virtual, seorang fotografer tetap harus memiliki insting dalam mengambil gambar. Seorang fotografer harus pintar-pintar mengatur berbagai elemen dalam fotografi. Mulai dari komposisi visual, elemen visual, angle, hingga pencahayaan.

 

Dengan melakukan virtual photoshoot, kemampuan komunikasi fotografer sangatlah dibutuhkan. Fotografer harus bisa mengarahkan pose model, misalnya posisi rambut, posisi tangan, dan detail-detail lainnya!

 

Artikel terkait:

  1. Tak Perlu Modal, Ikuti 8 Tips Bisnis Fotografi Ini
  2. 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Kamu Para Pecinta Fotografi
  3. 5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiah

 

2. Tentukan waktu pemotretan

 

virtual photoshoot

 

Dalam pemotretan virtual, ternyata kamu tetap harus mempertimbangkan.pencahayaan. Dilansir dari Format, waktu terbaik untuk mengambil foto adalah golden hour, yakni setelah matahari terbit atau saat matahari terbenam. Namun, hal ini juga tergantung pada konsep foto yang kamu ingin lakukan.

 

Saat kamu ingin melakukan virtual photoshoot, kamu juga bisa memotret saat blue hour! Blue hour adalah waktu sebelum matahari tenggelam, dan juga sesaat setelah matahari tenggelam. Seperti namanya, foto yang kamu hasilkan akan memiliki tone warna biru. Namun, rentang waktu ini sangat singkat sehingga kamu harus bergerak cepat dengan mengetahui lebih dahulu angle apa saja yang ingin kamu potret.

 

Dalam melakukan virtual photoshoot, andalkan pencahayaan alami supaya foto tidak gelap. Virtual photoshoot benar-benar mengandalkan screen dari gadget masing-masing. Sebisa mungkin, hasil foto harus clear!

 

3. Gunakan peralatan foto yang mendukung

 

 

Menurut fotografer Tim Dunk melalui PetaPixel, ia menggunakan aplikasi FaceTime, MacBook Pro, dan iPhone untuk melakukan virtual photoshoot. Tim Dunk juga membagikan langkah-langkah yang ia lakukan dalam melakukan sesi virtual photoshoot, yakni:

 

Penggunaan FaceTime dan iPhone.

Dalam sesi ini, fotografer menggunakan fitur FaceTime melalui MacBook dan memotret menggunakan kamera iPhone. Tidak punya produk Apple? Tidak masalah! Kamu tetap bisa melakukan pemotretan menggunakan perangkat Android untuk melakukan pemotretan namun dengan hasil yang tidak sebaik jika menggunakan produk Apple.

 

Saat kamu melakukan pemotretan, pastikan bahwa perangkat yang kamu gunakan telah menjalankan iOS 11 atau lebih baru.

 

Aktifkan FaceTime Live Photos.

Bila kamu menggunakan Apple, sebelum kamu melakukan pemotretan, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ini. Cara mengaktifkannya adalah membuka Pengaturan > FaceTime > Live Photos – aktifkan. Selain itu, kamu harus mengatur ponsel agar secara otomatis mengunggah foto ke iCloud.

 

Pastikan koneksi internet lancar!

Yang terpenting, kamu harus memastikan koneksi internet di rumahmu stabil selama photoshoot berlangsung. Bila tidak, bisa-bisa foto yang kamu hasilkan malah blur. Kamu bisa mencari tahu berbagai cara untuk melakukan pemotretan.

 

Kamu tidak hanya bisa menggunakan FaceTime, namun juga platform lain seperti Hangout ataupun Zoom. Kamu juga bisa menggunakan kamera profesional dalam melakukan photoshoot secara virtual!

 

Artikel terkait:

  1. Hemat Biaya Ngegym Dengan Olahraga #dirumahaja!
  2. Selama Masa Pandemik, Ini Cara Tiap Zodiak Menjalani Hari-harinya
  3. Tetap Hepi, ini 4 Kegiatan Seru Bersama Anak di Rumah

 

4. Gunakan properti di sekitar rumah

 

virtual photoshoot pevita pearce

 

Supaya pemotretan semakin aesthetic, kamu bisa menggunakan berbagai properti yang ada di rumah. Mulai dari gelas, bunga, kaca, dan benda-benda lainnya. Biasanya, sesi pemotretan virtual berlangsung antara 10 hingga 30 menit. Selama waktu photoshoot, kamu bisa mengeksplor model dan peletakan properti sehingga foto semakin enak dipandang.

 

Kamu yang memiliki bakat di bidang fotografi juga bisa menjadikan virtual photoshoot sebagai ladang penghasilan di masa pandemi. Namun, bila ternyata perangkatmu kurang mendukung, kamu bisa menggunakan aplikasi editing untuk membuat foto tampak vintage dengan efek blur!

 

virtual photoshoot luna maya

 

Ternyata, kita tetap bisa melakukan virtual photoshoot walau di rumah saja!