Beranda > Gaya Hidup > Hobi Filateli, Tidak Cuma Investasi Tapi Bawa Hoki

Hobi Filateli, Tidak Cuma Investasi Tapi Bawa Hoki

Hobi Filateli, Tidak Cuma Investasi Tapi Bawa Hokiwatermark

TUNAIKU.COM – Aktivitas filateli saat ini mungkin terdengar sedikit asing bagi kebanyakan orang. Maklum saja, di zaman yang sudah serba canggih ini, surat menyurat tidak lagi menjadi  sarana komunikasi utama. Hobi filateli atau mengoleksi prangko kini nggak sepopuler dulu. Bisa dikatakan, generasi muda saat ini lebih suka koleksi sticker LINE daripada prangko.

 

Artikel Terkait: Menjalani Hobi

  1. Maksimalkan Hobi Bercocok Tanammu dengan ‘Bertani’ di Rumah
  2. Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?
  3. Merasa Nggak Punya Hobi? Waspada, Inilah 5 Dampak Buruknya!

 

Hobi filateli, sebenarnya adalah hobi yang membawa hoki, lho. Bahkan, ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai investasi. Hal itu dikarenakan, prangko memiliki nilai estetika, edukasi dan sejarah tersendiri.

Bulan Agustus lalu digelar pameran filateli berskala internasional. Banyak Filatelis dunia yang berkumpul untuk memamerkan koleksi prangkonya. Tak disangka, harga satu prangko pun bisa mencapai angka fantasti, milyaran rupiah.

Lalu sebenarnya apa yang membuat prangko memiliki nilai jual tinggi?

Prangko akan dihargai tinggi jika mengandung banyak nilai historis di dalamnya. Nilai historis salah satunya dilihat dari usia prangko. Semakin lama usia  perangko tersebut, maka harganya semakin tinggi. Selain itu, nilai historis juga ditilik dari latar belakang pembuatan prangko itu. Misalnya, prangko yang dibuat secara khusus untuk memperingati proklamasi kemerdekaan di tahun 1945.

Nggak ketinggalan nilai estetika juga menjadi elemen penting dalam menentukan harga jual prangko. Gambar atau desain prangko yang terbatas biasanya akan jai bahan rebutan kolektor.

Nah, jika kamu berniat untuk mengoleksi prangko, jangan takut kesulitan untuk mendapatkanya, ya. Meski saat ini, minat masyarakat untuk mengirim surat nggak sebesar dulu tapi masih banyak loh yang berburu prangko.

Berbagai koleksi menarik, unik dan dengan edisi terbatas juga masih dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia.Misalnya untuk memperingati momen-momen tertentu, PT Pos Indonesia juga mencetak prangko edisi khusus, lho.

Untuk mempermudahmu, jangan ragu bergabung ke dalam komunitas filatelis. Mulailah dari komunitas yang terdekat di kotamu. Dari teman-teman filatelis itulah, kamu bisa mendapat banyak informasi tentang prangko dan bagaimana cara berinvestasi dengannya. Oh ya, selain bertukar informasi, kamu juga bisa saling tukar koleksi prangko dengan yang lain, lho. Asyik kan?

 

Artikel Terkait: Investasi Sesuai Hobi

  1. Ingin Investasi Tas Bermerek dengan Harga Mahal? Pahami Dulu 5 Hal Ini
  2. Apakah Mobil Bisa Menjadi Barang Investasi?
  3. Ingin Buka Kedai Kopi Sendiri? Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan!

Jadi, bagaimana? Sudahkah kamu tertarik mengoleksi perangko?

Butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!

CTA

 

 

 


NOBERTA JEANI

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett