Beranda > Gaya Hidup > Hindari 5 Hobi Ini Jika Penghasilanmu Pas-pasan!

Hindari 5 Hobi Ini Jika Penghasilanmu Pas-pasan!

Hindari 5 Hobi Ini Jika Penghasilanmu Pas-pasan!watermark

TUNAIKU.COM – Hobi merupakan sesuatu yang dekat dengan kehidupan, terutama pekerja. Bisa melakukan hobi secara rutin adalah kesenangan tersendiri bagi setiap orang. Ada yang bisa dilakukan kapan saja saking murahnya, tapi ada yang harus menunggu gajian untuk bisa melakukannya. Nah, yang kedua ini biasanya hobi yang tergolong agak mahal.

Ngomongin soal hobi, kiranya harus disesuaikan dengan gaji karena itu berpengaruh pada pengeluaran. Kalo duitnya cuma buat hobi, kebutuhan yang lain, gimana? Iya kalo gaji kamu dua digit, kalo pas-pasan? So, sekarang harus lebih selektif lagi buat memilih hal yang dijadikan hobi. Lalu hobi yang tergolong mahal dan patut dihindari, apa aja sih? Yuk, intip sama-sama!

 

1. Koleksi mobil-mobilan

Mobil-mobilan di sini bukan mobil mainan yang biasanya dibeli anak SD, ya! Mobil yang biasanya digandrungi laki-laki ini beda banget dengan mobil mainan anak-anak. Mobil-mobilan ini namanya diecast atau miniatur mobil. Fungsi mainan ini hanya untuk pajangan saja karena memang tidak bisa dimainkan seperti mobil mainan pada umumnya. Hanya saja, detail lebih bagus dan warna yang persis membuat diecast benar-benar menyerupai mobil aslinya. Jadi, harganya pun berlipat-lipat jauh dari mobil mainan, ya!

 

2. Koleksi robot mainan

Selain mobil-mobilan, ternyata koleksi robot juga dijadikan hobi oleh kebanyakan cowok. Dan tentu koleksi robot di sini juga berbeda dari robot mainan anak SD. Robot-robotan di sini namanya action figure. Yang membedakan dengan mainan biasa adalah action figure ini detailnya lebih bagus dan artikulasi pergerakannya pun lebih luwes.

Selain mengikuti film-nya di bioskop, sebagian dari mereka juga mengoleksinya sebagai pajangan. Sayangnya, rupiah yang harus dikeluarkan demi hobi ini tidaklah murah. Harga satu action figure edisi biasa bisa sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nah, kalo edisi khusus bisa lebih dari Rp 10 juta. Mahal bukan main, kan?

 

Artikel Terkait: Tips mengatur uang untuk hobi

  1. 4 Cara Tepat Mengalokasikan Gaji untuk Hobi
  2. Trik Mengatur Gaji untuk si Hobi Fashion
  3. Punya Hobi Menggambar? Ini 5 Profesi yang Pas Buatmu!

 

3. Main game

Jangan dikira kalo cowok berdiam diri di kos atau rumah mereka tidak mengeluarkan uang! Diam-diam mereka bisa mengeluarkan uang lebih banyak daripada cewek saat beli kosmetik. Apalagi kalau bukan karena main game console. Bayangkan, untuk PS4 aja saat ini harganya sudah mencapai Rp 5 juta. Belum lagi butuh uang lebih untuk beli kaset atau DVD yang bekisar ratusan ribu rupiah.

Kalaupun game yang mereka geluti adalah game online, tetap saja tergolong mahal. Main game online butuh paket internet super banyak kuota. Selain itu juga masih melengkapi spare part pendukung lainnya. bahkan hanya untuk headset saja, mereka bisa menghabiskan uang jutaan rupiah.

 

4. Koleksi barang antik

Biasanya, barang antik merupakan barang yang sudah jarang ditemui di kehidupan sekarang. Contohnya, telepon zaman dahulu, mesin tik, radio, dan lain sebagainya. Karena keberadaanya yang cukup langka, harganya menjadi mahal. Itulah kenapa koleksi barang antik menjadi hobi yang tergolong boros. Bahkan, terkadang untuk mendapatkannya harus sampai ke luar kota yang itu jelas menambah biaya perjalanan.

 

Artikel Terkait: Hobi yang menghasilkan

  1. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!
  2. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!
  3. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!

 

5. Naik gunung

Sejak difilmkannya buku berjudul “5 Cm”, naik gunung sudah jadi hobi yang mainstream banget. Tidak hanya laki-laki, hobi ini pun sekarang digandrungi oleh perempuan. Namun, hobi menantang ini harus dipersiapkan dengan baik, seperti olahraga dan perlengkapan lainnya.

Lalu, biaya apa aja sih yang dikeluarkan saat mendaki? Ada diantaranya head lamp, tenda, matras, sleeping bed, dan tas carier. Perlengkapan tadi dapat kamu sewa atau beli. Kalaupun menginginkan beli, kamu bisa membeli di toko olahraga tapi jangan kaget dengan harganya yang tergolong mahal. Selain itu, yang biasa memakan anggaran lebih adalah pasokan makanan. Belum lagi untuk biaya transportasi karena untuk naik gunung lokasinya sangat jauh dari tempat tinggalmu.   

 

Dari kelima hobi di atas, apakah hobimu termasuk salah satu diantaranya? Sebenarnya melakukan hobi itu juga untuk kebahagiaan juga, sih. Tapi coba deh dihitung lagi, cocok enggak dengan gaji yang kamu terima. Mau nggak mau, kita harus pintar memilah-milah ya, Kawan Tunaiku.

 

Mau dapat pinjaman tanpa agunan yang hanya bermodal KTP doang? Klik di sini saja! Tunaiku, pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, dan tanpa kartu kredit!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett