SWARA – Belakangan ini semakin marak kasus yang terkuak di Korea Selatan, terutama adalah kasus skandal seks yang melibatkan Seungri dan beberapa artis Korea lainnya. Karenanya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, secara langsung menginstruksikan pihak kepolisian untuk segera menginvestigasi beberapa kasus.

 

Kasus tersebut antara lain skandal seks artis Korea, penyalahgunaan pajak, hingga kasus-kasus lama yang terkait dugaan prostitusi maupun korupsi yang pernah terjadi. Hal ini dilakukan untuk mencegah semakin tercorengnya industri KPop, industri yang selama ini menjadi andalan negeri gingseng ini.

 

Presiden Moon Jae-in ingin segera membersihkan nama Industri KPop dan mengembalikannya ke citra awal yang bersih untuk promosi wisata dan budaya negeri Korea Selatan.

 

Artikel Terkait: Fakta unik tentang kasus di seluruh dunia

  1. Setelah Seungri, Kini Jung Joon Young yang Mundur dari Dunia Hiburan Korea Selatan
  2. Pelajaran di Balik Kasus Pajak yang Menyangkut 5 Seleb Ternama Asia
  3. 4 Cold Case (Kasus Lama yang Tidak Selesai) yang Akhirnya Menemukan Penyelesaian

 

Dilansir dari CNBC Indonesia, kasus lama seperti peristiwa meninggalnya aktris Korea, Jang Ja Yeon juga akan segera diungkap. Kasus yang sebenarnya sudah terjadi di tahun 2009, dirasa sangat mengganjal sehingga harus segera diungkap.

 

Presiden Moon menambahkan bahwa dirinya sangat terkejut atas rentetan peristiwa yang telah terjadi dan dugaan kasus seperti “dukungan” aparat hingga prostitusi yang terjadi di tengah kota.

 

Aktris Korea Jang Ja Yeon meninggal bunuh diri pada 2009, dan sebelumnya ia meninggalkan surat sebanyak 7 halaman dan menulis beberapa pelaku yang terlibat dalam pemaksaan dirinya melakukan hubungan seksual dengan beberapa eksekutif di dunia entertainment.

 

“Terdapat kasus yang menunjukkan dugaan kuat dan ada di depan mata penduduk Korea, tapi kebenarannya tersembunyi selama ini, dan beberapa di antaranya bahkan sengaja menyembunyikannya,” ujar Moon, dilansir dari Sedaily, Selasa (19/3/2019).

 

Kelanjutan Kasus Jung Joon Young

 

Selain itu, Presiden Moon juga menekankan bahwa kasus-kasus lain seperti Jung Joon Young dan Seungri harus segera terbongkar dan diadili secara hukum.

 

Dalam perkembangannya, kasus video mesum yang disebar oleh Jung Joon Young di sebuah grup chat juga telah dibongkar. Kasus yang merupakan buntut dari skandal kasus Burning Sun tersebut berakhir di penjara, Jung Joon Young akhirnya ditahan pihak kepolisian pada Kamis, (21/3/2019).

 

Dari rentetan kasus yang melibatkan artis Korea, Jung Joon Young merupakan artis pertama yang telah resmi ditahan polisi. Hal ini menunjukkan bahwa rentetan kasus ini sedang serius ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang terkait.

 

Artikel Terkait: Ragam unik di Korea Selatan

  1. Suka Makanan Pedas? Cek, 5 Kuliner Pedas Khas Korea Selatan!
  2. 10 Tempat Wisata Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Sedang Ke Negeri Ginseng, Korea Selatan!
  3. 5 Skincare Korea Murah dan Terjangkau yang Wajib Jadi Pilihanmu

 

Agensi Hiburan Korea Memperketat Para Artisnya

 

Dilansir dari Jawapos.com, setelah rentetan kasus yang melibatkan artis Korea, agensi hiburan yang ada di Korea lebih memperketat dalam mengontrol para artisnya. Selama ini para agensi tidak bisa mengontrol artisnya dalam hal apapun yang menyangkut dengan citra seorang publik figur.

 

Para aktor muda yang sedang naik daun biasanya menjadi incarannya. Mereka ditawari oleh seniornya untuk ikut bersenang-senang bersama mereka. Para aktor muda terkadang takut untuk menolak permintaan tersebut sebab bisa mengacaukan karir yang sedang dirintisnya.

 

Hal-hal sederhana inilah yang menjadi akar dari permasalahan seperti kasus video mesum Seungri dan kawan-kawan. Untuk itu, penting dalam memberi edukasi bagi para aktor muda untuk tetap menjaga nama baiknya dengan tidak ikut andil dalam hal-hal yang sekiranya akan merusak nama baik mereka di kemudian hari.


dhandyDhandy Dwi Yustica