SWARA – Setelah Viu, Netflix, dan berbagai layanan streaming film lainnya, kini Indonesia juga akan kedatangan layanan streaming baru bernama Disney Plus Hotstar. Layanan ini merupakan platform menonton film yang dirancang oleh perusahaan hiburan ternama Walt Disney.

 

Informasi mengenai akan hadirnya Disney Plus Hotstar di Indonesia telah beredar sejak awal bulan Agustus lalu. Sebelum layanan ini benar-benar masuk ke Indonesia, mungkin kamu perlu mempersiapkan diri dengan mengetahui fakta-fakta berikut: 

 

  • Dihadirkan melalui platform Hotstar

 

Di berbagai negara, layanan streaming dari Walt Disney diakses dengan nama Disney Plus. Akan tetapi, di India, layanan tersebut diberi nama Disney Plus Hotstar.

 

Hotstar adalah layanan streaming film di bawah naungan perusahaan media ternama di India, Star India. Star India telah lama berafiliasi dengan perusahaan film 20th Century Fox sejak tahun 2008. Distribusi film hasil produksi 20th Century Fox ke India dilakukan melalui Star India.

 

Sejak tahun 2013, 20th Century Fox dimiliki oleh perusahaan 21st Century Fox. Kemudian, di tahun 2018, perusahaan Walt Disney mengakuisisi 21st Century Fox, membuat distribusi film melalui Star India otomatis juga jatuh ke tangan Walt Disney. Alhasil, penyediaan layanan streaming Disney Plus di India pun dilakukan melalui platform Hotstar. 

 

Di Indonesia, kehadiran Disney Plus dilakukan melalui ekspansi dari Disney Plus Hotstar di India. Indonesia menjadi negara pertama di luar India yang bisa mengakses Disney Plus Hotstar. 

 

  • Cakupan konten yang luas

 

Disney Plus Hotstar menyajikan konten dari hasil produksi Disney, Pixar, Marvel, National Geographic, dan lain sebagainya. Akan tetapi, berbeda dengan Disney Plus biasa, Disney Plus Hotstar juga memuat konten dari HBO Originals, salah satunya serial populer Game of Thrones

 

Tidak hanya itu, agar tayangan Disney Plus Hotstar menjadi lebih relevan dengan masyarakat Indonesia, sejumlah rumah produksi lokal juga turut bekerja sama untuk menghadirkan film-film Indonesia di layangan streaming tersebut. Jadi, kamu juga bisa menonton film lokal saat berlangganan.

 

Saat ini, Disney Plus Hotstar telah memiliki kurang lebih 500 konten dan 300 film Indonesia. Dilansir dari Kompas, 10 di antaranya adalah film Indonesia terlaris sepanjang masa, seperti Ayat-Ayat Cinta, Habibie & Ainun, Laskar Pelangi, dan lain sebagainya.

 

  • Menayangkan film yang tertunda di bioskop akibat pandemi

 

Selama masa pandemi, bioskop di berbagai negara, termasuk Indonesia, tidak dioperasikan untuk sementara. Hal tersebut berdampak pada penundaan pemutaran sejumlah film. 

 

Akan tetapi, kamu tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk menyaksikan film-film tersebut. Beberapa film telah dijadwalkan untuk tayang di Disney Plus Hotstar dan bisa diakses dengan membayar biaya tambahan di luar biaya berlangganan. 

 

Salah satu film yang paling dinanti-nantikan untuk bisa diakses di Disney Plus Hotstar adalah versi live action dari film Mulan. Harga film Mulan berbeda-beda di setiap negara.

 

Tidak hanya film luar negeri, film lokal juga akan melakukan penayangan perdana melalui platform Disney Plus Hotstar. Salah satunya adalah film Rentang Kisah, sebuah film yang diadaptasi dari buku karya content creator Gita Savitri yang berjudul sama.

 

  • Harga paket berlangganan Disney Plus Hotstar

 

Di Indonesia, Disney Plus Hotstar bisa diakses dengan membayar paket berlangganan mulai dari Rp30 ribu per bulan atau Rp199 ribu per tahun. Belum diketahui apakah platform ini akan menyediakan lebih dari satu paket dengan ragam harga yang berbeda-beda.

 

Di India sendiri, Disney Plus Hotstar menyajikan dua pilihan paket berlangganan, yaitu paket VIP dan Premium. Selain dari segi harga, perbedaan paket ini terletak pada batasan jumlah film yang bisa diakses.

 

Apabila dibandingkan dengan penyedia layanan streaming film Netflix, harga berlangganan dari Disney Plus Hotstar lebih terjangkau. Selain itu, satu akun Disney Plus Hotstar bisa digunakan untuk 7 nama. Hal ini juga menjadi perbedaan dengan Netflix yang paket premiumnya hanya bisa menampung 4 nama.

 

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Disney Plus Hotstar di Indonesia. Persiapkan diri dari sekarang agar bisa segera mengakses konten populer di Disney Plus Hotstar pada 5 September nanti.