SWARA – Menurut data yang dikumpulkan oleh Airbnb melalui laporan “How We Travel” dan dilansir dari Dailymail, 81 persen generasi milenial Inggris memilih mencari pengalaman dengan melakukan perjalanan (traveling) dibanding merencanakan membeli rumah, mobil, atau membayar hutang.

Jika generasi sebelumnya menabung untuk berjaga-jaga, sebagai cadangan untuk keperluan tidak terduga, maka generasi kekinian menabung untuk keperluan yang sudah pasti, misalnya ingin membeli sesuatu atau berencana traveling. Berikut beberapa alasan mengapa generasi milenial lebih memilih travelling daripada nabung untuk cicilan rumah dan mobil.

 

1. Traveling lebih membahagiakan dibandingkan materi

Menurut penelitian di Universitas Cornell pada 2010, menunjukkan bahwa hal yang abstrak seperti ‘pengalaman traveling’ justru dapat membuat bahagia lebih lama, dibanding membeli barang. Hal ini karena rasa puas benda fisik memiliki titik jenuh, kita cepat beradaptasi dengan benda tersebut, sehingga euforia karena memiliki benda tersebut perlahan menghilang. Berbeda dengan pengalaman traveling yang akan terus terkenang di pikiran dan hati.

Bahkan, menurut sebuah studi di tahun 2002 oleh profesor University of Surrey di Inggris dan penelitian dari Cornell University pada 2014, orang merasa lebih bahagia saat sedang merancang berbagai rencana untuk perjalanan mereka daripada merencanakan pembelian suatu barang. Sama halnya dengan olahraga yang dapat melepaskan endorfin dan meningkatkan mood, begitu pun yang terjadi jika melakukan perjalanan wisata.

 

2. Pengalaman yang didapat

Sebuah pepatah mengatakan ‘Traveling adalah saat kita banyak menghabiskan uang namun justru membuat kita semakin kaya’. Akan banyak sekali pengalaman berkesan dari mengunjungi tempat terkenal dan mengetahui sejarah dari tempat tersebut. Bertemu dengan orang baru, berbagi cerita dan pengalaman. Travelling memotivasi individu untuk menjadi orang yang lebih bijaksana, berpikiran terbuka, cepat beradaptasi, lebih bertanggung jawab dan pantang menyerah.

Pengalaman yang diperoleh dari travelling akan membentuk identitas diri mereka dan menciptakan kenangan yang tidak mudah dilupakan dalam hidup. Masa muda merupakan masa yang sangat sesuai untuk mencari pengalaman dan berkeliling dunia. Karena pada usia tersebut kita masih sangat fit untuk bergerak. Clothes and gadget can go out of date, but experiences don’t expiry.

 

3. Membuat Sehat

Studi yang disponsori oleh National Institutes of Health, menemukan bahwa pria yang mengambil liburan secara teratur 32% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung. Kemudian temuan dari studi yang dilakukan oleh Marshfield Clinic di Wisconsin pada pada 2005, wanita yang berlibur kurang dari sekali setiap dua tahun lebih mungkin untuk menderita depresi dan stres dibandingkan wanita yang berlibur setidaknya dua kali setahun.

Pada tahun 2013 survei oleh American Psychological Association menemukan bahwa liburan mengurangi stres dengan cara merehatkan pikiran kita sejenak dari  lingkungan dan kegiatan yang menjadi sumber stres. Saat traveling kita akan banyak melakukan kegiatan outdoor, terkena sinar matahari yang kaya akan vitamin D, banyak bergerak, berjalan, menyelam, hingga mendaki gunung. Ditambah lagi udara sejuk yang bebas dari polusi turut serta menyegarkan badan kita.

 

4. Menambah Wawasan

Travelling akan menambah pengetahuan, setidaknya pengetahuan geografis. Semakin banyak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, kita akan merasakan suasana yang berbeda dengan kondisi budaya yang berbeda-beda pula, kebiasaan orang lokal, bahasa, sejarah, kuliner, dan beragam hal baru yang menarik. Dengan bertambahnya pengetahuan baru, maka sudut pandang kita terhadap lingkungan akan berubah,  kita akan berpikiran lebih terbuka dan menjunjung toleransi karena keberagaman yang ada.

Kalau kamu sendiri sebagai generasi Milenial, lebih memilih nabung untuk travelling atau untuk mencicil rumah dan mobil? Apa pun keputusanmu, yang penting tabunganmu nanti ada hasilnya, ya.

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.