Beranda > Gaya Hidup > Hati-Hati, 3 Pengeluaran ini Bisa Bikin Rumah Tangga Ribut!

Hati-Hati, 3 Pengeluaran ini Bisa Bikin Rumah Tangga Ribut!

Hati-Hati, 3 Pengeluaran ini Bisa Bikin Rumah Tangga Ribut!watermark

TUNAIKU.COM – Membina kehidupan berumah tangga sudah pasti jadi tujuan setiap orang. Beban-beban yang sebelumnya ditanggung sendiri, seperti keuangan kini menjadi tanggungan berdua. Secara mental akan menjadi lebih ringan. Namun, perlu diingat bahwa tantangan yang dihadapi menjadi dobel. Semakin kesana urusan pun semakin kompleks.

Kalo baca cerita yang diumbar di media sosial, kehidupaan rumah tangga memang cenderung terkesan menyenangkan dan tanpa masalah. Ada baiknya tidak menelan mentah-mentah itu semua! Coba deh ngobrol dan sharing secara langsung dengan teman dekatmu yang sudah berkeluarga. Mereka adalah sosok yang jujur dan lebih blak-blakkan soal tantangan dalam kehidudan berumahtangga. Bahwa ketika memutuskan hidup berumah tangga, tantangan yang di hadapi semakin tinggi. Bahwa banyak sekali hal sederhana yang bisa bikin keributan besar dalam rumah tangga.

Memang ada banyak masalah sepele yang akhirnya menjadi besar jika sudah hidup berdua. Salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan pengeluaran sehari-hari. Setidaknya, kamu harus berhati-hati pada 3 jenis pengeluaran yang bisa bikin rumah tanggamu ribut di bawah ini!

 

1. Belanja karena promo

Saat belanja bulanan, tentu kamu sudah memiliki daftar belanjaan yang hendak dibeli. Dari daftar tersebut umumnya berisi dengan kebutuhan yang belum ada atau yang sudah habis. Sayangnya, terkadang di beberapa supermarket menawarkan promo gila-gilaan seperti beli 2 minyak goreng dapat 3! Belum lagi promo kebutuhan lainnya.

Kamu harus ekstra hati-hati, karena dari situ kamu bisa termakan promo dan kalap membelinya. Padahal, cadangan minyak goreng di dapur masih melimpah. Begitu juga kebutuhan lain yang kebetulan lagi promo. Pada akhirnya pembelanjaan barang promo semacam ini mengganggu kebutuhan lain yang lebih mendesak.

 

Artikel terkait: Kebiasaan belanja

  1. QUIZ: Kamu Termasuk Tukang Belanja Online Seperti Apa?
  2. Inilah 5 Kebiasaan Millenial Dalam Membelanjakan Uang Serta Dampaknya Terhadap Perekonomian
  3. Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya

 

2. Pengeluaran untuk hobi

Dengan melakukan hobi akan membuat orang bahagia. Tak heran kamu rela merogoh kantong lebih dalam untuk hobi tersebut. Namun, ingat lagi bahwa sekarang kamu telah berkeluarga yang bisa jadi hobimu tidak sama dengan pasangan. Ingat juga bahwa ada kebutuhan yang lebih memerlukan uangmu daripada untuk hobi.

Bukan haram hukumnya mengeluarkan uang demi hobi atau hal lainnya untuk menghargai diri sendiri. Namun, buatlah perencanakan keuangan dengan matang, seperti membatasi budget, apalagi jika hobimu tergolong mahal. Kalo kebetulan hobimu tegolong murah pun akan sama saja jika dilakukan berkali-kali dalam satu bulan hingga melebihi budget. Sekali lagi ingat, belum tentu pasanganmu akan menyukai hal yang sama.

 

3. Lapar mata

Saat jalan ke mall dan lihat ada tas dan sepatu yang keren, mata kita langsung melirik seakan ada radar khususnya. Nafsu belanja pun meningkat drastis ketika barang tersebut lagi diskon besar-besaran. Nah, dari situlah sumber masalah berasal.

Lapar mata yang sifatnya sementara ini, kalau nanti sudah kenyang bakal bosan dengan sendirinya. Nanti kalo lapar mata lagi, beli lagi. Sementara itu tagihan kartu kredit terus bertambah hingga akhirnya membengkak. Sedangkan kalo tidak pandai mengaturnya, bunga kartu kredit pun relatif lebih tinggi.

Jatah uang untuk memberli kebutuhan prioritas pun menjadi terganggu. Investasi tertunda. Tentu saja pasanganmu tidak menyukai hal ini terjadi dan mulai timbul perdebatan kecil.

 

Artikel terkait: Mengatur keuangan dalam pernikahan

  1. Buat Kamu yang Baru Menikah, 3 Rekomendasi Cara Mengatur Keuangan Ini Bisa Dicoba
  2. Daripada Atur Postingan Pasangan di Medsos, Mending Atur Keuangan Bersama, Yuk!
  3. 7 Kesalahan Pengaturan Uang Rumah Tangga yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

 

Pada dasarnya setiap orang berhak menggunakan penghasilan untuk menyenangkan dirinya. Hanya saja, saat ini hidup sudah tidak lagi sendiri. Ada baiknya hal-hal yang berhubungan dengan pengeluaran di luar kebutuhan rumah tangga dan investasi, didiskusikan dengan pasangan.

Jangan lupa untuk membuat budget bersama pasanganmu karena semua harus sesuai porsi dan kebutuhan. Bukankah kamu tidak ingin hal-hal semacam ini bikin keributan dalam keluarga kecilmu?

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett