Beranda > Gaya Hidup > Hasil Penelitian Bilang, Kamu Harus Melakukan 5 Olahraga Terbaik Berikut!

Hasil Penelitian Bilang, Kamu Harus Melakukan 5 Olahraga Terbaik Berikut!

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Hasil Penelitian Bilang, Kamu Harus Melakukan 5 Olahraga Terbaik Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Olahraga, memang jadi satu kebiasaan yang harus dibentuk pelan-pelan. Apalagi, di tengah rutinitas padat khas perkotaan. Berkali-kali saya mengingatkan diri, apa pun kondisinya tubuh harus aktif bergerak. Terutama, jika ingin sehat dan terhindar dari penyakit.

 

Saya tidak menampik, di saat yang sama, saya juga sering membuat alasan. Ada saja hal yang bikin niat jadi batal. Mulai dari pekerjaan dadakan, janjian dengan teman, hingga cuaca yang nggak bersahabat. Namun, saya tahu–akar sebenarnya adalah “kurang niat”.

 

Teman-teman yang budiman, harap jangan meniru kemalasan saya, ya. Olahraga itu sangat penting. Selain membuat tubuh sehat, juga bikin pikiran bugar. Banyak studi mengungkapkan, seseorang yang rutin berolahraga memiliki kemungkinan kecil mengalami depresi dan teman-temannya. Istrahat di malam hari juga jadi nyenyak sehingga berpengaruh pada produktivitas keesokan harinya.

 

Karena itu, buat kamu yang hendak memulai olahraga atau yang sedang mencari jenis olahraga terbaik yang bisa dicoba, berikut lima pilihan yang bisa kamu kantongi. Jenis olahraga yang kaya manfaat mulai dari menurunkan berat badan, membentuk otot, melindungi jantung dan otak, serta memperkuat tulang.

 

Artikel Terkait: Tips Kesehatan

  1. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  2. 7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerja
  3. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja

 

1. Berenang

Olahraga jenis ini menggerakkan seluruh otot tubuh dan meningkatkan detak jantung. Sangat berguna untuk kesehatan jantung dan menjaga fungsi otak akibat penuaan. Renang pun sangat dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah sendi karena olahraga ini nggak mengharuskan kamu mengangkat beban. Pakar berpendapat, setidaknya berenanglah 30-45 menit setiap minggu.

 

2. Tai chi

Seni bela diri asal Cina ini menggabungkan berbagai macam gerakan yang mengalir untuk meditasi otak. Olahraga ini harus dilakukan dengan gerakan perlahan dan fokus yang tinggi. Nah, tai chi juga bermanfaat untuk melatih pernapasan kamu. Olahraga ini bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa tingkatan usia dan kebugaran. Akan tetapi, tai chi paling disarankan untuk orang tua untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan.

 

3. Latihan kekuatan

Dasar olahraga ini adalah penggunaan berat. Tujuannya, untuk melatih ketahanan tubuh terhadap tarikan gravitasi. Alat bantu itu bisa berupa barbel, dumbbell, atau bahkan bobot kamu sendiri. Kamu juga bisa menggabungkannya dengan bersepeda atau berlari untuk mendapat manfaat kardiovaskular. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan manfaatnya.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Menjaga Kesehatan

  1. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  2. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  3. Deteksi Kesehatan Lebih Dini: Biaya Berat di Awal, Ringan di Akhir

 

4. Berjalan

Berjalan ternyata memiliki manfaat yang bagus buat kesehatan, lho. Studi mengungkapkan, berjalan selama 30 menit dengan kecepatan sedang setiap harinya mampu menguatkan konektivitas otak dan memperkuat ingatan untuk orang dewasa usia 60-88 tahun. Selain itu, berjalan juga baik untuk penderita depresi berat.

 

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan berjalan 30 menit di treadmill selama 10 hari berturut-turut bisa menurunkan tingkat depresi secara klinis. Kamu juga bisa memulai dengan berjalan selama 10-15 menit setiap hari.

 

5. Kegel

Olahraga ini penting baik bagi wanita maupun pria. Fungsinya untuk menguatkan otot dasar panggul (pelvic floor). Dengan bertambahnya usia, pelvic floor meliputi rahim, kandung kemih, usus halus, dan rectum mulai melemah. Nah, untuk menghindari risiko tersebut, kamu bisa mencoba kegel. Olahraga ini juga bisa mencegah mengompol. Lakukan kegel 4 sampai 5 kali sehari.

 

Lima olahraga ini terdengar sangat sederhana, ya. Manfaatnya pun baik untuk kesehatan. Sudah memilih salah satu untuk kamu lakukan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett