Beranda > Gaya Hidup > Hai Calon Bunda, Ini Dia 5 Tips Puasa di Saat Hamil

Hai Calon Bunda, Ini Dia 5 Tips Puasa di Saat Hamil

Hai Calon Bunda, Ini Dia 5 Tips Puasa di Saat Hamilwatermark

TUNAIKU.COM – Kehamilan saat Bulan Ramadan tentu jadi kebimbangan sekaligus tantangan buat Kawan Tunaiku yang beragama Islam. Bimbang, sebaiknya puasa atau tidak, ya?

Kondisinya bakal gimana dan apakah secara medis diperbolehkan? Tantangan, bersama buah hati yang masih di kandungan harus seharian menahan lapar dan dahaga. Jadi, nutrisi si buah hati gimana, nih? Duhhh, sebenarnya puasa saat hamil itu boleh enggak, sih?

Pada dasarnya, puasa saat hamil boleh-boleh saja asalkan kondisi ibu dan kandungan dalam keadaan sehat. Untuk memutuskan akan puasa atau tidak harus meakukan cek kondisi kandungan. Ketika dokter mengiyakan, kamu pun bisa meanjutkan niat baik berpuasa.

Setelah itu juga harus rutin untuk cek kandungan agar dokter bisa memantau janin. Kamu juga tidak boeh memaksakan diri. Jika memang sudah pusing, susah bernapas, gerakan bayi terasa lemah, ada baiknya segera membatalkan puasa.

Hal yang tidak boeh lupa lainnya adalah asupan nutrisi untuk keduanya tidak boleh kurang. Nah, gimana sih caranya menjaga asupan nutrisi agar tidak tetap tercukupi meskipun lagi puasa? Yuk, simak tips berikut ini, Kawan Tunaiku!

 

1. Sahur mendekati waktu imsak

Sahur menjadi hal yang penting saat puasa. Sekantuk apa pun tetapah bangun untuk sahur karena ini adalah modal kamu bisa beraktivitas di siang hari. Usahakan sahur mendekati waktu imsak agar dapat menahan lapar lebih lama.

 

2. Memilih makanan yang mengandung banyak nutrisi

Kandungan makanan saat sahur dan buka menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Lengkapi menu santab sahur dan berbukamu dengan aneka sayur, buah, dan lauk pauk serta susu. Perhatikan juga porsinya agar kamu bisa mendapatkan karbohidrat, vitamin, protein, mineral, juga lemak.

 

Artikel Terkait: Tips Berpuasa

  1. Bebas Sakit Maag Saat Puasa? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini Aja!
  2. 5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa
  3. Hindari Kebiasaan yang Bikin Boros Saat Bulan Puasa ini, Yuk!

 

3. Tetap minum 8 gelas air putih

Meskipun puasa kamu juga tetap wajib memenuhi target 8 gelas air putih setiap hari. Untuk memenuhi target 8 gelas kamu bisa lebih rajin minum air putih saat malam hari  agar tidak kekurangan cairan tubuh. Kamu juga bisa melengkapinuya dengan jus buah dan sayur.   

 

4. Kurangi aktivitas

Ada baiknya mengurangi aktivitasmu selama kehamilan. Terlalu banyak aktivitas akan membuatmu cepat capek dan akhirnya memicu stres karena merasa terbebani dengan aktivitas tadi.

 

5. Namun bukan berarti melupakan olahraga, ya!

Aktivitas memang harus dikurangi, tapi bukan berarti kamu bisa manja atau tidak melakukan gerakan sama sekali, ya! Saat hamil sekalipun puasa kamu tetap disarankan untuk beroahraga. Hanya saja olah raga yang bisa kamu lakukan adalah yang khusus untuk ibu hamil seperti senam hamil atau yoga sore menjelang waktu berbuka puasa.

 

Artikel Terkait:  Biaya Persalinan

  1. 4 Jenis Persalinan yang Bisa Kamu Pilih dan Biaya yang Dikeluarkan
  2. 5 Pos Keuangan yang Wajib Disiapkan Ibu Hamil
  3. Kabar Gembira! Ibu Hamil Dapat Rp 1,2 Juta dari Pemerintah! Ini Ketentuannya

 

Nah, itu tadi tips menjalani puasa buat kamu yang lagi hamil. Yuk diterapkan sebaik mungkin agar tumbuh kembang bayi sempurna dan saat lahir bayi sehat dan ibu selamat.

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett