Pandemi memaksa anak untuk menjalani sekolah secara daring. Supaya kegiatan belajar di rumah semakin optimal, banyak orang tua memberikan tablet untuk anak. 

 

Agar kamu bisa memilih tablet terbaik untuk anak, saya akan berikan 7 rekomendasi tablet yang cocok untuk anak sekolah. Beberapa di antaranya ada yang masih baru, tapi ada juga yang tidak. 

 

1. Amazon Fire HD 10

 

Sumber: amazon.com

Amazon kembali meluncurkan tablet Android Fire HD 10 baru yang mempunyai ukuran layar mencapai 10,1 inci dan dengan resolusi mulai 1080p hingga full HD

 

Layar lebar dan resolusi yang amat bening ini akan membuat aktivitas video conference menjadi lebih nyaman. Terdapat pula speaker stereo Dolby Atmos untuk memaksimalkan audio.

 

Dari sisi daya, tablet mampu bertahan sampai dengan 10 jam penggunaan. Di bagian belakang tablet ada slot kartu microSD untuk tambahan ruang simpan jika ruang simpan bawaan 32 GB dirasa belum cukup.

 

Di sejumlah e-commerce, Amazon Fire HD 10 keluaran tahun 2021 dijual di kisaran harga Rp2,2-2,4 juta.

 

2. Samsung Galaxy Tab A7 Lite

 

Sumber: samsung.com

Membaca materi pelajaran dalam waktu yang cukup lama di layar smartphone terkadang membuat mata letih. Karena itu dibutuhkan perangkat yang memiliki layar lebih besar. 

 

Meskipun Samsung Galaxy Tab A7 Lite hanya memiliki layar berukuran 8,7 inci, tampilan layar tablet ini tetap akan terkesan luas dan nyaman digunakan berkat bezel-nya yang tipis dan layarnya berupa WXGA beresolusi 1340 x 800px.

 

Perangkat ini disertai dengan sistem navigasi berbasis gestur yang dinamakan one hand operation. Ada memori internal 32 GB dan bisa ditingkatkan sampai 1 TB dengan kartu microSD.

 

Di beberapa e-commerce, harga Samsung Galaxy Tab A7 Lite berada di kisaran harga Rp2,9-3,1 juta.

 

3. MediaPad T5

 

Sumber: iprice.co.id

Rekomendasi tablet untuk anak berikutnya adalah MediaPad T5. Tablet besutan Huawei ini menawarkan bentangan layar yang luas, ukurannya 10,1 inch dengan resolusi 1920 x 1200 pixel dan aspek rasio 16:10. 

 

Huawei turut mengurangi cahaya biru untuk memberikan kenyamanan saat membaca atau menatap lama layar. Desain MediaPad T5 yang menawan serta bobotnya hanya 460 gram membuatnya mudah dibawa dan dipegang.

 

Kapasitas beterainya 5.100 mAh. Punya kamera depan 2 MP dan belakang 5 MP. Dengan semua keunggulan tadi tablet MediaPad T5 dijual seharga Rp2,5 juta.

 

4. Advan Tab Sketsa

 

 

Sumber: advandigital.com

Sesuai dengan namanya, Advan Tab Sketsa merupakan perangkat yang dilengkapi dengan stylus. Pengguna dapat menggambar serta menulis langsung pada tablet ini.

 

Bentangan layarnya luas, 10,1 inch. telah membenamkan Tersemat kamera depan resolusi 5 MP, sementara bagian belakang terdapat kamera beresolusi 8 MP. 

 

Memiliki fitur pengamanan berupa FaceID serta dukungan WiFi 5G untuk streaming lancar. Tablet ini juga telah disematkan baterai berkapasitas sebesar 6.000 mAh.

 

Advan Tab Sketsa dibanderol seharga Rp2 juta  pembeli akan mendapatkan free stylus dan case premium.

 

5. Samsung Galaxy Tab A with S Pen

 

Tablet untuk anak yang satu ini sudah mendukung teknologi S Pen. Berbekal stylus andalan Samsung tersebut, anak-anak akan lebih nyaman saat menuangkan kreativitas mereka di layar 8 incinya.

 

Galaxy Tab A with S Pen juga cocok untuk mengembangkan bakat anak seperti menggambar, membuat sketsa, hingga mewarnai. Untuk layar, Galaxy Tab A with S Pen memakai teknologi TFT dan resolusi 1920 x 1200 pixel. 

 

Layar ini telah dibekali Blue Light Filter untuk menjaga agar mata tidak cepat lelah. Sementara untuk S Pen, fitur-fiturnya kurang lebih mirip dengan Galaxy Note Series.

 

Bagi kamu para orangtua yang berminat membelikan tablet ini untuk sekolah anak, Galaxy Tab A with S Pen dijual dengan harga Rp4,5 juta.

 

Pinjaman Uang Online Mudah Cicilan Ringan 20 Bulan

 

6. Lenovo Smart Tab M10 HD

 

Lenovo Smart Tab M10 HD jadi opsi menarik untuk mereka yang hanya ingin tablet murah dan tidak ingin hal lain seperti daya baterai luar biasa, speaker fantastis atau spesifikasi tangguh untuk menjalankan sejumlah aplikasi menengah hingga berat.

 

Lenovo Smart Tab M10 HD dipersenjatai dijalankan chipset Helio P22T dari MediaTek, dengan dukungan RAM 2 GB atau 4 GB, serta kapasitas penyimpanan 32 GB atau 64 GB.

 

Layarnya mungkin hanya berukuran 10,1 inci dengan resolusi HD. Sangat cocok digunakan untuk streaming video pembelajaran ataupun melakukan video conference dengan guru sekolah.

 

Di sejumlah lapak e-commerce, harga Lenovo Smart Tab M10 HD berada di kisaran harga Rp4,9 juta – Rp 6,4 juta bergantung dari besaran RAM dan kapasitas memori.

 

Artikel Terkait: Dukung Anak Belajar dari Rumah

  1. Rekomendasi Kursus Anak Online
  2. Cara Pakai Google Classrom untuk Sekolah Online

 

7. Ipad Mini Generasi 5

 

Bagi kamu yang mencari tablet untuk Anak dengan platform iOS bisa memilih iPad Mini Generasi 5. 

 

Dari segi harga memang jauh lebih tinggi dibanding tablet-tablet berbasis Android di atas, tapi harga ini sebanding dengan spesifikasi canggihnya yang didukung chip A12 Bionic.

 

Pad Mini Gen 5 mengusung layar Retina 7,9 inci dengan True Tone. Tablet ini juga sudah mendukung Apple Pencil untuk menggambar dan mencatat.

 

Sesuai namanya, iPad Mini Gen 5 punya bodi yang tipis dan ramping. Bobotnya pun ringan, sekitar 300 gram sehingga ideal bagi anak-anak agar lebih mudah menggenggamnya.

 

Bagi yang berminat, iPad Mini Gen 5 bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp8,5 juta.

 

Sebagai orangtua, tentu kita harus selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita termasuk dalam mendukung kegiatan sekolah daring. 

 

Meski begitu, jangan sampai upaya kita dalam memberikan yang terbaik untuk anak, malah mengganggu kas keuangan keluarga.

 

Semoga rekomendasi yang saya berikan dapat membantu kamu yang tengah bingung untuk membeli tablet yang cocok digunakan anak untuk menjalankan kegiatan sekolah jarak jauh