SWARA – Situasi pandemi tak kunjung usai. Berbagai aktivitas masih dilakukan secara virtual, salah satunya kegiatan belajar mengajar. Agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan efektif, kamu perlu memiliki smartphone dengan spesifikasi memadai untuk mendukung kegiatan belajarmu.

 

Kamu tidak harus memiliki smartphone dengan harga mahal untuk mengikuti kelas virtual. Saat ini, ada banyak perusahaan teknologi yang meluncurkan smartphone berkualitas dengan harga murah, mulai dari Rp2 juta. Berikut ini beberapa smartphone harga dua jutaan yang bisa menjadi rekomendasi untukmu: 

 

 

  • Samsung Galaxy A10S

Source: i.ytimg.com

 

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan elektronik Samsung? Selama bertahun-tahun, Samsung sudah menjadi brand peralatan teknologi unggulan di seluruh dunia. Perusahaan ini bahkan juga menghadirkan produk-produk berspesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau, salah satunya Samsung Galaxy A10S.

 

Smartphone ini memiliki layar LCD 6,2 inch, 720 x 1.520 HD+ Pixels dengan prosesor Mediatek Helio P22, PowerVR GE8320. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan daya kapasitas baterai 4.000 mAh serta daya penyimpanan RAM 2 GB dan ROM 32 GB.

 

Layarnya yang lebar serta kapasitas baterai yang mumpuni membuat Samsung Galaxy A10S cocok untuk digunakan sebagai keperluan pembelajaran jarak jauh. Kamu bisa mendapatkan smartphone ini di pasaran dengan kisaran harga Rp1,750 juta sampai Rp2,1 juta.

 

  • Vivo Y11

Source: Ubergizmo.com

 

Dari brand Vivo, smartphone yang dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh adalah Vivo Y11. Smartphone satu ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Dijamin, baterai Vivo Y11 mampu bertahan lebih lama meski digunakan untuk sekolah online selama berjam-jam.

 

Kamera depan Vivo Y11 memiliki sensor 8 MP f/1.8 yang dilengkapi dengan efek AI face beauty. Kamera belakangnya merupakan dual camera yang mampu memberikan efek bokeh. Karena spesifikasi kamera ini, Vivo Y11 cocok untuk digunakan oleh anak remaja yang gemar berfoto atau mengambil video untuk diunggah di media sosial.

 

Vivo Y11 tersedia dalam warna jade green dan coral red. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp1,899 juta. 

 

  • Redmi 9A

Source: Selular.id

 

Redmi merupakan serial ponsel keluaran Xiaomi yang telah beredar sejak tahun 2013. Belum lama ini, Xiaomi baru saja meluncurkan seri smartphone Redmi terbaru, yaitu Redmi 9A.

 

Serupa dengan Vivo Y11, Redmi 9A memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Inilah salah satu kelebihan dari smartphone Redmi 9A yang memungkinkan kamu untuk mengikuti kelas virtual dalam waktu lama tanpa takut baterai ponsel mudah terkuras.

 

Smartphone ini menggunakan prosesor Mediatek Helio G25. Meski bukan tergolong sebagai prosesor papan atas, prosesor ini cukup untuk memampukan smartphone dalam melakukan berbagai aktivitas sederhana, sehingga tidak akan mengganggumu saat akan mengerjakan tugas. 

 

Saat ini, Redmi 9A sudah habis terjual di situs penjualan resmi Xiaomi Indonesia. Namun, kamu masih bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp1,3 juta sampai Rp1,5 juta di platform e-commerce

 

  • Oppo A12

Source: Tribunnews.com

 

Oppo A12 menggunakan tenaga prosesor Helio P35 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Ruang penyimpan ini termasuk cukup besar untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau. Kamu bisa menyimpan berbagai dokumen terkait pembelajaran di smartphone ini.

 

Tidak hanya daya penyimpanan, kelebihan lain dari Oppo A12 adalah kapasitas baterai yang mencapai 4.230 mAh dan adanya fitur pengisian cepat 10W. Dengan adanya fitur ini, baterai tidak hanya akan bertahan lebih lama, tetapi juga dapat diisi dalam waktu yang singkat. 

 

Oppo A12 memiliki resolusi 1520 x 720 pixel dan layar seluas 6,22 inch. Kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp1,899 juta sampai dengan Rp2,1 juta di pasaran. 

 

  • Infinix Hot 9 Play

Source: i.ytimg.com

 

Nama Infinix mungkin belum sepopuler brand smartphone lain yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, smartphone keluaran Infinix bisa terjamin kualitasnya dan cukup dikenal sebagai smartphone dengan harga terjangkau.

 

Infinix Hot 9 Play memiliki layar LCD sebesari 6,82 inch dengan prosesor Mediatek MT6761 Helio A22. Dibandingkan dengan smartphone yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone yang satu ini memiliki kapasitas baterai paling besar, yaitu mencapai 6.000 mAh. 

 

Selain daya baterai yang besar, Infinix Hot 9 Play juga memiliki RAM tinggi sebesar 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Daya baterai dan penyimpanan yang besar seperti ini biasanya lebih sering ditemukan pada ponsel dengan harga tinggi.

 

Namun, meski dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi, smartphone ini tetap bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, yaitu di kisaran Rp1,5 juta sampai Rp1,8 juta.

 

Itulah beberapa smartphone berspesifikasi tinggi namun terjangkau yang cocok untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Sekarang, kamu tidak lagi harus mengandalkan smartphone mahal untuk mendukung kegiatan belajar virtualmu.