SWARA – Pada 23 September 2020 lalu, Samsung baru saja merilis smartphone terbarunya, yaitu Galaxy S20 FE. Smartphone ini merupakan turunan dari seri smartphone Galaxy S20, namun dengan harga yang lebih murah.

 

Untuk mendapatkan Galaxy S20 FE, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp10 juta. Angka ini jelas jauh berbeda dengan Galaxy S20 yang dibanderol mulai dari Rp13 juta sampai dengan Rp18,5 juta.

 

Dikutip dari Kompas, istilah ‘FE’ pada smartphone keluaran terbaru ini merupakan singkatan dari kata ‘Fan Edition’

 

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone ini, kamu mungkin perlu mengetahui fitur-fiturnya terlebih dahulu. Berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 FE. 

  • Layar

Samsung Galaxy S20 FE memiliki layar Super AMOLED dengan bentang 6,5 inci serta resolusi Full HD 1080 x 2400 dan refresh rate 120 Hz. Desain layarnya serupa dengan desain layar pada Galaxy S20, yaitu desain Infinity-O yang memiliki poni atau lubang kamera di bagian atas layar. 

  • Kamera

Smartphone terbaru ini dilengkapi dengan tiga kamera utama, yaitu kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera wide 12 MP dual pixel AF (F/2.4), dan telefoto 8 MP (f/2.4). Kamera belakang ini memiliki fitur space zoom yang mampu melakukan pembesaran optis hingga 3x dan 30x super resolution zoom.

 

Sementara, pada bagian depan, kamera yang tersedia memiliki resolusi 32 MP (f/2.2). Kamera depan ini dilengkapi dengan kemampuan pro-grade selfie video. 

 

Dilansir dari Liputan 6, kamera pada smartphone ini telah terintegrasi dengan teknologi AI untuk mendeteksi serta menghilangkan motion blur, juga memberikan saran rekomendasi pengambilan foto yang lebih tepat. 

  • Chipset, RAM, dan memori

Samsung Galaxy S20 FE menggunakan tenaga chipset Exynos 990. Namun, untuk versi perilisan di Tiongkok dan Amerika Serikat, smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 865. 

 

Terdapat dua pilihan RAM untuk smartphone ini. Sebelum membeli, kamu bisa memilih untuk membeli Galaxy S20 FE dengan RAM 8 GB dan memori internal 128/256 GB atau RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. 

  • Baterai dan sistem operasi

Smartphone terbaru dari Samsung ini dilengkapi dengan kapasitas baterai mencapai 4.500 mAh, disertai kemampuan super fast charging dan wireless powershare. Sistem operasinya menggunakan Android 10 dan ONE UI versi terbaru.

 

Di beberapa negara, Galaxy S20 FE mendukung jaringan 5G. Namun, kemampuan tersebut belum bisa digunakan untuk pengguna di Indonesia. 

  • Tampilan fisik

Dari segi tampilan fisik, smartphone ini memiliki bagian punggung dengan efek textured haze, membuat bekas sidik jari dan noda tidak mudah menempel di sana. Terdapat 6 varian warna yang bisa didapatkan untuk smartphone seri ini, yakni warna Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, dan Cloud White

 

Spesifikasi pada Samsung Galaxy S20 FE memang sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy S20, tapi tetap cukup mumpuni dan setara dengan harganya. Jika kamu sudah lama menginginkan smartphone serupa Galaxy S20 dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mencoba untuk membeli keluaran terbaru Samsung ini.