SWARA – Belum lama ini, media sosial Twitter baru saja mengembangkan fitur terbaru yang bernama Fleets. Fitur ini telah diuji coba sejak Juni lalu dan kini sudah diluncurkan di beberapa negara.

 

Dilansir dari Kompas, fitur Twitter Fleets sangat serupa dengan fitur Instagram Stories. Kamu bisa membagikan foto, video, serta konten lainnya dalam Fleets, di mana konten tersebut dapat dilihat oleh para pengikutmu selama waktu 24 jam. 

 

Tentunya, fitur ini sangat berbeda dengan fitur-fitur lain yang sudah ada pada Twitter selama ini. Twitter identik dengan sarana berekspresi dan membagikan konten melalui teks pendek. Namun, kehadiran Fleets menjadi suatu inovasi baru yang tidak biasa pada Twitter.

 

Kemiripan Cara Kerja Twitter Fleets dengan Instagram Stories

 

Sama seperti Instagram Stories, fitur Twitter Fleets akan dijejerkan di bagian atas timeline. Konten Fleets dari orang-orang yang kamu ikut dan orang-orang yang mengikutimu akan muncul di bagian awal.

 

Semakin ke belakang, konten Fleets yang tampil adalah konten dari orang-orang yang kamu ikuti, tetapi tidak balas mengikutimu.

 

Tidak hanya dari posisi, kemiripan Fleets dengan Instagram Stories juga ada pada ikon dan bentuknya. Konten yang masuk ke fitur Fleets juga akan ditampilkan dalam ikon berbentuk lingkaran dengan gambar profil penggunanya. Kemudian, dari konten yang diunggah di fitur Fleets, kamu bisa mengirimkan pesan langsung atau direct message

 

Menurut Twitter, dikutip dari NBC News, Fleets ditujukan kepada para pengguna Twitter yang ingin melakukan komunikasi dengan cara baru di Twitter. Harapannya, hal ini bisa membuat pengguna Twitter merasa lebih nyaman untuk berkomunikasi tanpa merasa adanya tekanan untuk mengunggah cuitan mengenai isu terkini. 

 

Karena konten pada Fleet hanya bisa diakses selama 24 jam, pengguna tidak perlu merasa takut akan meninggalkan rekam jejak yang bisa diakses kembali oleh orang lain di lain waktu. Dengan begitu, kamu bisa membagikan konten yang kamu inginkan dengan lebih percaya diri.

 

Akankah Twitter Fleets Hadir di Indonesia?

 

Meskipun fitur baru Twitter Fleets telah resmi diluncurkan, hingga saat ini fitur tersebut belum tersedia bagi pengguna Twitter di Indonesia. Sejauh ini, negara yang masuk ke dalam gelombang pertama peluncuran Fleets adalah Brazil, Italia, Korea Selatan, Jepang, dan India. 

 

Peluncuran fitur Fleets memang akan dilakukan secara bertahap melalui beberapa gelombang. Akan tetapi, tidak diketahui dengan pasti seperti apa jadwal peluncuran untuk setiap gelombangnya. 

 

Kita pun tidak bisa memprediksi kapan pengguna Twitter di Indonesia mulai bisa menikmati fitur baru ini. Namun, kemungkinan besar fitur ini baru akan hadir di negara kita pada awal tahun 2021 mendatang. 

 

Sebelumnya, berita mengenai akan diluncurkannya fitur baru ini cukup menuai kontroversi, termasuk di kalangan pengguna Twitter Indonesia. Dikutip dari CNBC Indonesia, pada Maret lalu, ramai tagar #RIPTwitter oleh para pengguna yang beranggapan bahwa fitur baru ini tidak terlalu dibutuhkan. Mereka lebih membutuhkan fitur edit untuk mengoreksi tulisan pada cuitan dibandingkan dengan fitur yang menyerupai Instagram Stories. 

 

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan di sejumlah negara, cukup banyak pengguna Twitter yang mulai memanfaatkan fitur Twitter Fleets. Untuk mengetahui reaksi dari pengguna di Indonesia, kita perlu menanti dengan sabar sampai fitur tersebut sudah bisa diakses di Twitter Indonesia.