SWARA – Nggak disangkal lagi, ponsel pintar memudahkan kamu dalam banyak hal. Komunikasi, proses kreatif, hingga hiburan bisa kamu dapatkan dengan meraih perangkat ini. Namun, ponsel pintar nggak selalu tahan banting. Kalau salah perawatan, bisa-bisa kamu harus merogoh kocek untuk membeli yang baru.

 

Dulunya saya bukan pengguna ponsel yang awet. Sering kali ponsel jatuh, basah, hingga hilang. Dalam kurun dua tahun, saya bisa berganti ponsel. Meskipun di pasaran ada beberapa flagship yang terjangkau dengan spesifikasi yang oke, mengganti ponsel sekali dua tahun bukanlah keputusan yang bijak dalam mengelola finansial. 

 

Dari pengalaman ini saya pun jadi sering riset untuk tahu caranya agar ponsel pintar awet. Menurut berbagai sumber, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar smartphone berumur lebih panjang. 

 

1. Menghapus aplikasi dan foto yang nggak perlu

Lagging cukup umum dialami oleh pengguna ponsel pintar. Biasanya hal ini terjadi karena banyaknya aplikasi dan koleksi foto di galeri, sehingga RAM dan kapasitas memori kepenuhan. Belum lagi dengan aplikasi yang harus update dalam periode waktu tertentu. Lantaran hal ini, ponsel pun jadi sering lemot atau nggak responsif saat digunakan. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menyortir aplikasi. Hapuslah yang nggak penting dan nggak perlu. Begitu pula dengan foto. Kalau perlu, back-up foto kamu ke memori eksternal atau simpan dalam cloud. Upayakan agar galeri bersih.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Ponsel Pintar

  1. 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Kamu Para Pecinta Fotografi
  2. 5 Smartphone Ini Miliki Fitur Kamera HDR Yang Keceh Banget
  3. 7 Foto Keren Ini Diambil Hanya dengan Menggunakan Smartphone Xiaomi Mi A1

 

2. Memakai tempered glass untuk perlindungan layar

Komponen ini adalah salah yang terpenting dalam menjaga ponsel tetap awet. Pasalnya, tempered glass cukup efektif melindungi layar ponsel dari goresan eksternal. Bahkan, ada risiko layar ponsel retak akibat jatuh atau terbentur. Biaya untuk mengganti monitor ponsel tidaklah murah, bahkan bisa setara dengan membeli baru. Karena itu, gunakanlah tempered glass yang baik untuk menghindarkan kamu dari pengeluaran yang nggak perlu.

 

3. Menggunakan pelindung ponsel berkualitas

Pelindung atau case nggak melindungi ponsel 100 persen. Namun, paling nggak mengurangi resiko ponsel rusak. Pelindung ponsel dengan kualitas baik dapat menjaga ponsel kamu. Terutama buat yang suka ceroboh menjatuhkan atau mencampur ponsel dengan barang lain di dalam tas. Jangan lupa untuk memilih case sesuai dengan tipe ponsel dan nyaman digunakan, ya!

 

4. Mengistirahatkan ponsel

Ponsel itu mirip dengan laptop. Ada saatnya kamu harus shut down atau restart untuk sekedar mengistirahatkannya. Kamu nggak perlu mematikannya seharian, kok, cukup beberapa jam saja. Setelah satu atau dua jam, kamu dapat menyalakannya kembali. Ponsel pun dapat bekerja lebih efisien dan berumur panjang. 

 

5. Mengisi daya dengan tepat

Banyak pengguna ponsel pintar yang mengisi daya baterai hingga semalaman. Hal ini adalah kebiasaan buruk karena dapat bikin ponsel panas dan baterainya cepat rusak. Karena itu, segera cabut kabel baterai setelah dayanya terisi penuh atau cukup. Selain itu, jangan menunggu daya baterai tipis atau hampir habis. Sebaliknya, kalau baterai sudah berkurang hingga 75%, segeralah mengisinya. Langkah ini dapat menjaga umur baterai, dan dengan demikian ponsel itu sendiri. 

 

Artikel Terkait: Bacaan Soal Ponsel dan Kamera

  1. Pilihan Aplikasi Ini Bikin Ponsel Kamu Aman dari Pencurian Data
  2. Kenali 8 Gadget yang Ramah Lingkungan dan Layak Kamu Pakai
  3. Beli Hp Flagship atau Kamera Digital Profesional, Bagus yang Mana? 

 

6. Menghindari menyimpan ponsel di saku saat olahraga

Saat ini banyak orang yang menggunakan ponsel pintar sebagai tracker saat berolahraga. Hal ini dianggap praktis, karena beberapa aplikasi di dalam ponsel dapat dengan mudah mengukur denyut jantung ataupun jarak yang sudah ditempuh saat lari pagi. Padahal, keringat yang dihasilkan dari aktivitas olahraga berisiko membasahi ponsel pintar. Sebagai solusinya, gunakan jam pintar untuk memenuhi kebutuhan spesifik saat berolahraga. 

 

Selain cara di atas, pilihan ponsel juga menentukan umur peranti. Tipe ponsel seperti ASUS ZenFone 3, iPhone 6, Xiaomi Mi5 Pro, Samsung Galaxy 7, Vivo V5S adalah segelintir ponsel yang diklaim berumur panjang dan terjangkau harganya. Namun, yang perlu kamu ingat, secanggih apapun tipe ponsel yang kamu punya, perawatan yang ciamik tetaplah nomor satu. Kalau kamu telaten, niscaya ponsel kamu berumur panjang. Kamu pun senang, dan isi kantong pun terjaga! 

 

P.S. Belajar dari kesalahan, saya sendiri berhasil menggunakan ponsel yang sama selama 3.5 tahun. Rahasianya? Enam langkah di atas.