Beranda > Gaya Hidup > Destinasi Historis yang Ada di Surabaya

Destinasi Historis yang Ada di Surabaya

Destinasi Historis yang Ada di Surabayawatermark

TUNAIKU.COM – Salah satu pesona yang dimiliki Surabaya adalah banyaknya sumber pengetahuan seputar sejarah. Surabaya memang dikenal dengan julukan kota Pahlawan karena pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia, telah terjadi pertempuran dahsyat antara arek-arek Suroboyo dengan penjajah kala itu.

Tentu saja lumrah saat berwisata di Surabaya, kamu akan menemukan banyak bangunan bersejarah dan museum. Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya tumbuh menjadi kota industri dan pusat perekonomian Jawa Timur. Bahkan pusat kekuatan angkatan bersenjata maritim Indonesia. Uniknya, sisi sejarah tetap menghiasi kota ini tanpa tergerus oleh kemajuan zaman. Berikut merupakan beberapa destinasi histroris yang ada di Kota Surabaya.

 

  • Tugu Pahlawan

Ikon kota Surabaya yang satu ini jangan pernah kamu lewatkan. Jika belum berkunjung ke Tugu Pahlawan, bisa dikatakan kamu belum pernah berwisata di Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati para pejuang Surabaya yang telah bertempur melawan Belanda dan tentara sekutu pada 10 November 1945 silam. Tugu ini berbentuk paku terbalik dan memiliki ketinggian hingga lebih dari empat puluh meter. Bukan itu saja, di dalam lokasi Tugu Pahlawan, kamu akan menemukan museum yang bernama Museum 10 November. Museum ini menyajikan beragam peninggalan bersejarah seputar peristiwa 10 November 1945. Tentunya dengan penyajian yang menarik bagi segala usia.

 

  • House of Sampoerna

Salah satu destinasi travel wisata di Surabaya ini merupakan sebuah bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 dan termasuk bangunan bersejarah yang dilestarikan. Sesuai dengan namanya, bangunan ini memang menjadi tempat produksi rokok Sampoerna hingga sekarang. Dulu pada jaman pemerintahan Belanda, House of Sampoerna adalah sebuah tempat panti asuhan khusus putra yang dikelola oleh Belanda sendiri. Namun pada 1932, Liem Seeng Tee, pendiri pabrik rokok Sampoerna, berhasil membelinya dan menjadikan gedung ini sebagai pabrik rokok Sampoerna yang pertama.

 

  • Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah salah satu tempat bersejarah kota yang tetap dilestarikan hingga sekarang. Juga merupakan destinasi travel wisata di Surabaya yang populer karena nilai sejarahnya. Bagaimana tidak? Tempat ini dulunya sering disebut sebagai lautan darah, karena banyaknya pejuang lokal dan sekutu yang tewas dalam pertempuran. Bahkan sejarah menyebutkan, Brigjen Mallaby tewas akibat pertempuran dengan arek-arek Suroboyo yang mengakibatkan sekutu mengeluarkan ultimatum pada tanggal 09 Nopember 1945, agar pejuang Indonesia meletakkan senjata. Kawasan Jembatan Merah saat ini merupakan pusat perdagangan paling padat di Surabaya, meskipun dulunya merupakan daerah hunian dan perdagangan bagi orang Eropa, orang China, Arab dan Melayu.

 

  • Monumen Kapal Selam

Kapal selam ini adalah KRI Pasopati 410 yang dibuat di Rusia pada 1952. Dulunya, KRI Pasopati 410 adalah kapal  selam yang berjasa dalam pertempuran di Laut Aru melawan Belanda dalam rangka membebaskan Papua Barat. Di dalam kapal selam, kamu akan diajak melihat langsung dan mempelajari tiap-tiap bagian kapal selam. Setelah puas berkeliling, kamu dapat berkunjung ke ruang Video Rama untuk menyaksikan film dokumenter KRI Pasopati 410 termasuk perjuangan bangsa Indonesia saat itu.

Nah, itu dia beberapa destinasi historis di Surabaya yang wajib kamu kunjungi. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata lagi yang bisa kamu temukan, seperti Museum Mpu Tantular, Jembatan Suramadu, kebun binatang Surabaya, wisata hutan Mangrove dan sebagainya. Termasuk wisata kuliner khas Surabaya yang terkenal karena keunikan dan kelezatannya.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett