Beranda > Gaya Hidup > Bikin Bisnis bareng Pacar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Waspadai

Bikin Bisnis bareng Pacar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Waspadai

Agusto ReynaldoAgusto Reynaldo
Bikin Bisnis bareng Pacar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Waspadaiwatermark

TUNAIKU.COM – Bisnis bareng pacar? Hmm, kedengarannya bisa jadi seru, tapi bisa juga malah jadi bencana, kalau nggak merencanakan dengan matang dan profesional. Ya, saya sendiri punya seorang sepupu yang membuka bisnis kedai kopi bersama pacarnya.

 

Kalau dilihat dari bisnis mereka sih, kayaknya seru banget bikin bisnis bareng pacar. Mungkin karena dua-duanya sama-sama passionate soal kopi dan bisnis, jadi usaha mereka pun sukses besar.

 

Kalau punya minat dan visi yang sama, bikin bisnis bareng pacar mungkin memang jadi pilihan tepat. Buat apa cari partner lagi kalau pacar sendiri bisa diajak kerjasama? Selain kepercayaan yang sudah nggak perlu diragukan lagi, berbisnis bersama pun dapat membuat hubungan berpacaran itu sendiri menjadi makin produktif. Nggak melulu hanya nonton bareng, makan bareng dan belanja bareng, tapi bisa menghasilkan uang bareng juga.

 

Tapi kamu perlu tahu, kalau risikonya pun nggak sedikit. Baik itu dari sisi bisnis atau sisi hubungan kamu dan pacar. Nggak mungkin dong ada sesuatu yang menguntungkan banget dan resikonya kecil? Kalau nggak bisa mengatasi konflik yang timbul dengan baik dan profesional, bisa-bisa bukan hanya bisnisnya yang nggak sukses, tapi hubungan kamu dan pacara pun bisa jadi nggak sukses. Duh!

 

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk bikin bisnis dengan pacar, setidaknya ada 4 hal yang harus kamu waspadai ya.

 

1. Profesionalisme bergantung mood

Kalau sedang adem ayem sih nggak masalah. Yang jadi masalah kalau hati sedang nggak enak, apalagi kalau penyebabnya gara-gara pasangan sendiri. Bohong kalau ada yang bilang tetap bisa menjaga sikap profesionalnya 100%.

 

Saat bete atau ngambek sama pasangan, pasti deh suasana kerja jadi terpengaruh. Bisa jadi, gagal dapet deal order besar atau jadi malas-masalan menjalankan bisnisnya. Hal ini yang nantinya akan berdampak buruk terhadap perkembangan bisnis.

 

2. Ketidakjelasan hierarki

Ketika ada pasangan yang berbisnis bersama, tentu kalian berdua adalah bosnya, bukan? Kadang masalah hirearki jabatan ini jadi hal yang sensitif. Siapa yang harus jadi bos nomor satu dan nomor uda. Makan perlu direncakan dan didiskusikan dengan matang agar nggak ada pihak yang merasa keberatan karena ketidakjelasan hierarki.

 

Karena itu harus dibuat jelas sejak awal agar nggak menimbulkan atmosfer kerja yang kaku dan membingungkan. Masalah jabatan ini bisa kamu tentukan dari fungsi atau tugas kerja atau dari modal yang ditanamkan. Yang penting pekerjaannya dijalankan dengan profesional.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Keuangan Bersama  Pasangan

  1. Buat Kamu yang Baru Menikah, 3 Rekomendasi Cara Mengatur Keuangan Ini Bisa Dicoba
  2. Hati-Hati, 3 Pengeluaran ini Bisa Bikin Rumah Tangga Ribut!
  3. Ini 5 Tanda Istri Cerdas Mengelola Keuangan Rumah Tangga!

 

3. Sifat asli akan makin muncul

Saat bisnis bareng, berarti kamu dan pasangan akan terus kerja bareng, dan selalu bertemu. Kalian pun akan menghadapi berbagai tantangan atau kesuksesan bareng. Dengan begitu, sifat asli kalian, yang mungkin selama ini masih disimpan dalam-dalam pun akan muncul. Khususnya kalau lagi stres karena kerjaan.

 

Sebenarnya ini bisa menjadi hal positif atau negatif tergantung sifat pacar kamu sendiri sih. Kalau ketika berjalannya waktu, sifat pacar kamu kelihatan positif, ya berarti hal ini positif. Yang jadi masalah kalau ternyata pacar kamu makin ke sini sifatnya jelek-jelek semua yang terungkap, mungkin nggak hanya bisnis kalian yang terancam, tapi juga hubungan kalian.

 

4. Setelah putus

Kalau ini tanpa saya kasih tau pun pasti kamu sudah paham. Masalah terbesar dan paling menakutkan bagi pasangan yang sedang melakukan bisnis bersama adalah kalau putus. Nggak sedang berbisnis bersama pun itu masalah yang menakutkan.

 

Untuk itu, daripada nanti pusing setelah putus dan malah jadi konflik yang bih besar, ada baiknya kamu dan pasangan bikin surat perjanjian yang jelas. Isinya tentu saja soal pembagian kerja, tanggung jawab dan keuntungan. Jadi, kalau pun nanti sudah nggak ada rasa, hubungan kerja tetap berjalan profesional dan lancar. Walau pun rasa awkward pasti nggak akan terhindarkan. He-he.

 

Artikel Terkait: Peluang Usaha yang Mungkin Cocok untuk Kamu

  1. Ini Dia 7 Bisnis UMKM yang Bakal Cepat Balik Modal
  2. Tertarik Buka Bisnis Clothing Line Sendiri? Ini Kiat Suksesnya!
  3. Ini 5 Tanda Istri Cerdas Mengelola Keuangan Rumah Tangga!

 

Nah, setelah saya paparkan 4 hal yang perlu kamu waspadai kalau mau bikin bisnis bareng pacar, saya harap bukan niat kamu jadi menciut, tapi justru jadi punya rencana yang lebih matang karena sudah bisa mengantisipasinya. Jadi, selamat mencoba usaha bareng pacar. Good luck!

 

Oh ya, buat kamu yang lagi ingin buka usaha, bareng pacar atau nggak, tapi masih kurang modal, nggak ada salahnya mencoba mengakukan pinjama uang ke Tunaiku.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan piinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett