Beranda > Gaya Hidup > Biar Stres Nggak Mengganggu Produktivitasmu di Tempat Kerja, Ini Cara Meredakannya!

Biar Stres Nggak Mengganggu Produktivitasmu di Tempat Kerja, Ini Cara Meredakannya!

Biar Stres Nggak Mengganggu Produktivitasmu di Tempat Kerja, Ini Cara Meredakannya!watermark

TUNAIKU.COM – Stres adalah bentuk mekanisme pertahanan dari tubuhmu saat menghadapi suatu tekanan. Kita semua pasti pernah mengalami stres. Penyebabnya bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan seperti target dan deadline, urusan keuangan, sampai asmara. Yang pasti, stres bisa sangat mengganggu produktivitasmu di tempat kerja. Yang berarti bahaya untuk kariermu.

 

Sebenarnya, stres itu nggak selalu buruk, kok. Bagi saya yang kerap bergelut dengan deadline, stres bisa memicu otak saya berpikir lebih cepat dan kreatif saat menghadapi deadline. Tanpanya, saya bakal cenderung santai-santai dalam bekerja.

 

Tapi, ibarat pedang bermata dua, stres berlebihan yang nggak dikelola dengan baik justru bisa mengganggu produktivitas kamu. Kalau tengah stres berat, saya jadi sulit fokus dengan pekerjaan di hadapan saya. Untungnya, ada beberapa cara yang sudah terbukti mampu menurunkan tingkat stres kamu yang sudah saya coba sendiri.

 

Jadi, biar stres nggak mengganggu produktivitasmu di tempat kerja, ini cara meredakannya.

 

1. Menyingkir sejenak dari layar monitor

Bekerja di belakang meja membuat kita sukar terlepas dari komputer. Padahal, keseringan menatap layar monitor bisa memicu stres, sulit tidur, hingga depresi. Makanya, setiap satu atau dua jam sekali, bangkitlah dari mejamu untuk beristirahat sekitar 10 menit. Regangkan tubuhmu, hampiri rekan kerja untuk ngobrol sejenak, atau pergilah ke toilet untuk membasuh wajah dengan air dingin.

Setelah berkutat dengan komputer selama berjam-jam di kantor, sebaiknya kamu juga mengurangi penggunaan komputer dan ponsel di rumah. Setidaknya, pastikan semua layar elektronik dalam kondisi mati satu jam sebelum tidur.

 

Artikel Terkait: Tips mengatasi hal-hal yang bisa menimbulkan stres berat

  1. Kalau Akhirnya Kamu Tidak Menyukai Pekerjaanmu, Harus Melakukan Apa?Ini
  2. Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  3. 5 Langkah Untuk Terbebas dari Belitan Utang Pinjaman Uang

 

2. Gerakkan badanmu lewat aktivitas fisik

Kalau kamu terbiasa bekerja dengan duduk sepanjang hari seperti saya, kamu nggak boleh malas buat menambah aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga terbukti mampu meningkatkan kinerja otak dan meredakan stres. Nggak perlu lama-lama, cukup 30 menit setiap hari dengan intensitas yang cukup tinggi.

Olahraga juga nggak butuh waktu khusus, kok. Di kantor, luangkan waktu sejenak buat melakukan gerakan sederhana seperti push-up dan squat. Saat senggang di akhir pekan, manfaatkan dengan jalan kaki atau bersepeda sambil menikmati pemandangan hijau ke taman terdekat.

 

3. Mendengarkan musik

Ketika stres mulai menekan, pasang earphone di telinga dan dengarkan musik favoritmu. Musik sudah sejak lama digunakan untuk mengembalikan harmoni antara tubuh dan pikiran. Ini karena musik mampu membantu pelepasan dopamin, yaitu hormon yang membuatmu merasa gembira.

Nggak ada earphone buat kamu pakai? Nggak masalah. Bersenandunglah atau buat musikmu sendiri!

 

4. Nonton video lucu

Salah satu cara menghilangkan stres favorit saya adalah dengan nonton video lucu yang bisa bikin kita tertawa. Menurut para ahli, tertawa membantu meningkatkan asupan oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan di otak. Kalau kamu mulai stres, coba ambil jeda sejenak dan tonton video lucu yang lagi viral di internet lewat komputer atau ponsel kamu.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang perlu kita tahu dan hindari agar sukses dalam pekerjaan

  1. Ini 13 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sulit Sukses
  2. 7 Topik Ini Biasanya Segan Dibicarakan Pada Atasan, Kenapa?
  3. Tanpa Disadari, Ini 10 Tanda Kamu Akan Dipecat

 

5. Bercinta

Bersyukurlah buat kamu yang sudah menikah karena salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres bisa dilakukan lewat bercinta dengan pasangan. Peneliti dari Cornell University mengungkapkan bahwa tubuh kita melepaskan hormon beta endorfin pada saat orgasme. Hormon ini merupakan senyawa alami untuk menghalau stres. Jadi, daripada membawa stres pulang ke rumah, mendingan rayu pasanganmu untuk bercinta.

 

Itu dia beberapa cara meredakan stres yang ampuh menurut saya, dengan didukung penelitian dari para ahli tentunya. Apa kamu punya cara lain yang nggak kalah ampuh?

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

 

______________________________________________________________________________________________________

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett