Beranda > Gaya Hidup > Berinvestasi Properti di Kota Kecil? Hindari 5 Kesalahan Ini

Berinvestasi Properti di Kota Kecil? Hindari 5 Kesalahan Ini

Berinvestasi Properti di Kota Kecil? Hindari 5 Kesalahan Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Properti merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan di Tanah Air. Harga tanah dan bangunan yang naik terus tiap tahunnya menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Investasi di sektor ini pun tidak terpengaruh inflasi seperti investasi di sektor keuangan. Salah satu yang menjadi pertimbangan untuk berinvestasi di bidang properti adalah lokasi.

Kebanyakan orang akan lebih memilih properti yang berada di lokasi yang strategis seperti pusat kota. Namun kamu juga tentu bisa mulai memikirkan berinvestasi di daerah atau kota kecil yang pasti menawarkan harga yang lebih murah.

Sebelum mengeluarkan uang untuk berinvestasi properti di kota kecil, kamu sebaiknya mengetahui beberapa kesalahan berikut agar terhindar dari kerugian.

 

1. Tanah murah, namun harga tanah lambat naiknya

Walaupun harga yang ditawarkan cukup murah, namun kamu juga harus menggali informasi apakah kedepannya harga nilai tanah tersebut akan cepat naiknya. Jangan sampai karena ingin membeli tanah dengan harga murah, kamu merugi. Perlu juga kamu ingat jika investasi properti adalah investasi yang bersifat jangka panjang. Jangan sampai karena ketidaksabarnmu, kamu buru-buru menjual tanah tersebut.

 

Artikel terkait: Investasi properti di 2017

  1. 5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Program Rumah Murah
  2. Menggali Lebih Dalam Pembiayaan Rumah Dengan DP Nol Rupiah
  3. Benarkah Beberapa Tahun Lagi Generasi Milenial Akan Kesulitan Membeli Rumah?

 

2. Tidak mengecek status tanah

Sebelum membeli properti, baik tanah, rumah, maupun apartemen, perlu kamu ketahui status hukum atas properti tersebut. Apakah statusnya Hak Milik, Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangun, atau Hak Pakai? Sertifikat tanah harus dicek secara cermat, karena sertifikat tanah menjadi bukti kepemilikan atau penguasaan atas tanah berdirinya hunianmu. Ini bisa jadi masalah nantinya. Urusan status tentu penting. Salah sedikit, ujung-ujungnya yang didapat bukan kenyamanan, melainkan kerugian dan penyesalan.

 

3. Ternyata bukan daerah yang akan berkembang secara fasilitas

Memilih lokasi yang tidak strategis memang tidak masalah. Yang kamu perlukan adalah jeli melihat peluang. Apakah daerah tersebut akan berkembang? Bagaimana rencana pembangunan infrastruktur yang akan dibangun di sekitar daerah properti tersebut misalnya jalan, jembatan, atau bahkan lapangan terbang. Apakah bakal ada proyek pemerintah yang masuk ke situ?

Kamu bisa mencari informasi ini di media massa atau instansi pemerintah setempat. Jadi salah satu kesalahan dalam membeli properti adalah hanya membeli properti dan hanya berharap bahwa harga properti akan naik tanpa benar-benar belajar mempertimbangkan bagaimana masa depan pengembangan potensi daerah sekitar.

 

4. Tidak melakukan pertimbangan jangka panjang

Sering orang membeli properti berdasarkan apa yang terlihat sewaktu penjual menawarkan properti tersebut tanpa mempertimbangkan jangka panjang kedepannya untuk apa. Pembeli tidak melihat potensi dari properti, baik untuk sewa maupun demand untuk beli. Pembeli hanya mengharapkan properti naik dan menunggu akan ada permintaan untuk properti itu di masa datang tanpa ada gambaran proyeksi kedepannya. Penting untuk memahami prospek dari properti itu di masa datang.

 

Artikel terkait: KTA bisa bantu investasi propertimu

  1. Ingin Punya Rumah Baru di Tahun 2017? Pinjaman KTA Tunaiku Bisa Bantu KPR-mu!
  2. Rincian Biaya Renovasi Rumah yang Tunaiku Bisa Bantu
  3. Dengan Pinjaman Tunai, DP Rumah Tahun Depan Bisa Tercapai

 

5. Tidak mengecek fisik ke lokasi

Kesalahan lainnya adalah tidak melakukan cek langsung ke lokasi, entah karena kesibukan atau lokasinya yang jauh dan kamu tidak ada waktu untuk kesana. Padahal dengan mengecek langsung, kamu bisa memastikan luas tanah yang diukur sama dengan yang ada di Surat Ukur pada sertifikat, serta kesesuaian alamat di sertifikat dengan yang ada di lapangan. Sebab, bisa saja terjadi sertifikat ganda atas tanah tersebut dengan perbedaan tertentu. Surat tersebut juga mencantumkan informasi koordinat lokasi tanah, sehingga kamu bisa mengecek kesesuaiannya menggunakan smartphone juga.

 

Gimana, Kawan Tunaiku? Sudah siap berinvestasi di kota kecil? Selama kamu menghindari 5 kesalahan ini ketika ingin berinvestasi di kota kecil, Tunaiku yakin investasi propertimu pasti akan sukses. Selamat mencoba!

 

Mau dapat pinjaman tanpa agunan yang hanya bermodal KTP doang? Klik di sini saja! Tunaiku, pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, dan tanpa kartu kredit!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett