Beranda > Gaya Hidup > Bahaya Gawai untuk Kesehatan Mental, Ini Solusi untuk Mengatasinya!

Bahaya Gawai untuk Kesehatan Mental, Ini Solusi untuk Mengatasinya!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Bahaya Gawai untuk Kesehatan Mental, Ini Solusi untuk Mengatasinya!watermark

TUNAIKU.COM – Apa pengaruh gawai dengan kondisi kesehatan mental? Mungkin kamu juga salah satu dari sekian banyak orang yang mengetik kecanduan telepon di Google.

 

Sebenarnya, kecanduan telepon ini lebih banyak dialami oleh anak-anak muda dan remaja. Terlebih, ketika mereka sudah kecanduan media sosial seperti Instagram dan Snapchat yang memberikan visualiasasi interkasi media sosial yang nyata.

 

Sebuah penelitian lantas bereksperimen dengan mengambil gawai anak-anak satu kelas dalam waktu sehari. Beberapa siswa memikirkan waktu yang tepat untuk menyerahkan gawai mereka pada pihak sekolah. Namun, banyak juga di antara mereka yang menjadi lebih cemas sering melirik gawai sebelum diserahkan.  Mereka diberikan waktu sehari penuh untuk nggak memegang gawai. Hasilnya, mereka bahkan kebingungan saat harus melakukan apa pun saat sarapan, makan siang, di dalam transportasi umum atau di tempat mana pun tanpa gawai mereka.

 

Artikel Terkait: Aplikasi Smartphone yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

  1. Bekerja dari Rumah? 10 Gadget Ini Bisa Bantu Meningkatkan Produktivitasmu
  2. 8 Gadget yang Bisa Membantumu Lebih Bersemangat Saat Olahraga
  3. 10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Gawai-mu

 

Di balik itu semua, memang penggunaan gawai yang berlebihan memiliki pengaruh psikologi yang cukup berarti. Bahkan, semakin tingginya tren kecanduan gawai ini juga berbanding lurus dengan angka stres yang meningkat 85%, berikut angka bunuh diri sebanyak 65%. Untuk itu, mulai sekarang kamu bisa mencegah dan mengatasi dari dampak buruk kecanduan gawai yang dapat merusak kesehatan mentalmu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

 

1. Kelola notifikasi yang muncul

Agar nggak terus mengecek handphone karena ada notifikasi yang muncul, kamu bisa mengaturnya. Kamu bisa masuk ke menu pengaturan lalu kelola notifikasi. Kalau lewat pengaturan belum bisa, kamu bisa mengaturnya melalui aplikasi yang kamu jalankan.

 

2. Atur waktu memeriksa gawai

Untuk mengindari setiap detik kamu melirik layar gawaimu, mulailah dengan disiplin terhadap waktu melihat gawai. Cobalah mengatur waktu melihat gawai setiap 15 menit sekali lalu bertahap menjadi 30 menit, 45 menit, dan seterusnya sampai waktu yang tepat untuk kamu mengecek gawaimu. Dengan begitu, kamu nggak terlalu kecanduan untuk terus menerus membuka layar gawai setiap saat.

 

Artikel Terkait: Gadget Sebagai Penunjang Hobi dan Pekerjaan

  1. Mengaku Pecinta Buku? Sebaiknya Unduh Aplikasi Gawai Berikut!
  2. Fungsi Gawai yang Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Bekerja
  3. 6 Rekomendasi HP Outdoor Tahan Banting yang Cocok Bagi Pecinta Alam

 

3. Singkirkan aplikasi yang menarik perhatian

Saat memasang shortcut aplikasi di layar utama, kamu akan menjadi lebih tertarik untuk menekannya dan malah menghabiskan banyak waktu bermain dengannya. Untuk itu hapuslah beberapa aplikasi yang bisa dipindahkan penggunaannya. Kamu bisa menghapus Facebook atau Twitter dan menggantinya dengan akses melalui browser. Karena aksesnya akan lebih nggak praktis kamu jadi nggak terlalu suka sering-sering membuka aplikasi tersebut.

 

4. Jauhkan gawai dari tempat tidur

Kalaumembutuhkan gawai sebagai alarm, sebaiknya kamu menggunakan alarm manual untuk membangunkanmu di pagi hari. Jangan sampai aktivitas terakhirmu sebelum tidur menjadi aktivitas pertamamu di pagi hari yaitu membuka layar gawai. Lebih baik untuk menjauhkan gawai dari tempat tidur agar kamu nggak tergoda untuk membukanya di pagi hari saat kamu baru bangun tidur.

 

Nah, itu dia pengaruh gawai dengan kesehatan mental dan juga tips untuk mengatasinya. Agar kamu nggak kecanduan gawai ikuti tips-tips di atas, ya. Selamat mencoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett