Beranda > Gaya Hidup > Apa Kelemahan dan Kelebihan Fitur USB Type-C Pada Ponsel Androidmu?

Apa Kelemahan dan Kelebihan Fitur USB Type-C Pada Ponsel Androidmu?

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Apa Kelemahan dan Kelebihan Fitur USB Type-C Pada Ponsel Androidmu?watermark

TUNAIKU.COM – Baru-baru ini, saat sedang googling calon HP baru, saya mengetahu bahwa ada fitur baru yang disematkan di  ponsel Android. Yaitu, USB Type-C.

 

Artikel Terkait: Kenali Smartphone-mu

  1. Hati-hati, Ini 4 Kerusakan yang Umum Ditemui di Handphone Android
  2. Melacak Ponsel Android yang Hilang, Coba Lakukan Cara-Cara Ini!
  3. Ini Alasan untuk Tidak Sembarangan Ganti Layar Iphone

 

Apa sih, USB Type-C itu?

Semua perangkat gawai, tentunya punya konektor USB sebagai perangkat koneksi data. Saat ini, konektor USB yang kita gunakan umumnya ada tiga tipe. Ini meliputi USB Tipe A, yang digunakan di berbagai perangkat PC sepert USB Modem dan USB Flashdrive; USB Type-B untuk  printer, scanner, dan mostly untuk smartphone saat ini; serta yang akhir-akhir ini naik daun USB Type-C atau USB versi 3.1, yang merupakan penerus dari USB versi 2.0 dan 3.0.

 

Kelebihan

1. Desain yang lebih ramping dan antiterbalik!

Kamu mungkin kerap mendengar keluhan kalau konektor USB itu paling sering terbolak-balik. Kerepotan ini nggak akan terjadi di USB ini, karena konektor ini didesain antiterbalik. Alias, nggak ada atas-bawah. Jadi, dari arah manapun kamu mencolok, nggak masalah.

 

2. Transfer data lebih cepat

Dibandingkan dengan pendahulunya–USB 2.0 dengan kecepatan transfer data di angka 480 mbps–USB 3.1 sudah mencapai 10 gbps. Beda jauh, ya? Namun, syaratnya yaitu bila kedua perangkat sudah sama-sama menggunakan USB Type-C. Kalau salah satunya masih USB seri bawah, belum akan semaksimal itu.

 

3. Bisa fast charging

Digunakan untuk ngecas, USB Type-C bisa mengisi daya HP lebih cepat, hingga 2,20V pada arus 5A. BAndingkan dengan USB 2.0 yang hanya mampu mentransfer daya hingga 2,5V pada arus 1,8A. Apalagi jika handphone sudah memiliki fitur fast charging, makin cepat terisi, deh!

 

4. Awet, bisa cabut-pasang hinggal 10 ribu kali

Daya tahan konektor ini juga sangat baik. Jika USB tipe sebelumnya hanya bisa dipakai maksimal 1500 kali cabut-pasang, USB Type-C bisa untuk 10 ribu kali. Jadi, nggak perlu khawatir cepat rusak karena terlalu sering transfer data atau mengisi baterai HP.

 

5. Media converter untuk gambar beresolusi tinggi ke TV/Proyektor

Kalau kamu sering presentasi menggunakan proyektor, USB Type-C akan sangat membantu. Karena bisa menampilkan suara atau gambar ke proyektor atau televisi hingga resolusi 4K, dengan bantuan konektor tambahan seperti port HDMI, display port, DVI, dan VGA. Selain itu, berfungsi sebagai analog headset dengan menggunakan audio adapter accesories dengan jack berukuran 3.5mm.

 

Kekurangan

1. Pengguna USB Type-C masih terbatas

Jadi agak repot kalau kamu lupa bawa saat sedang pergi. Kalau ingin pinjam punya orang, USB ini bisa dibilang belum banyak yang pakai nggak compatible dengan USB lain.

 

2. Butuh konektor tambahan

Jika ponselmu sudah menggunakan USB Type-C tapi laptopmu belum, kamu akan butuh konektor tambahan supaya bisa melakukan transfer data.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Smartphone Kece untukmu

  1. Smartphone Android yang Punya Tampilan Mirip iPhone X
  2. 7 Smartphone Android Terbaik dengan Kualitas Kamera di Atas 15 MP
  3. 6 Rekomendasi HP Outdoor Tahan Banting yang Cocok Bagi Pecinta Alam

 

3. Dukungan OS masih terbatas

Jika ingin menggunakan USB Type-C, pastikalan kalau ponselmu sudah ada di Android Marshmallow, Lollipop, atau di atasnya karena hanya ini yang bisa mendukung beberapa fitur USB Type-C.

 

Sekarang jadi tahu kan kelebihan dan kekurangan USB Type-C? Semoga bisa menambah pengetahuanmu seputar pergawaian, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

1

Mobile Site CTA


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett