Beranda > Gaya Hidup > 7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerja

7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerja

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerjawatermark

TUNAIKU.COM – Kalau sudah memutuskan menjadi wanita karier, melepas pekerjaan memang susah. Meski keadaan sedang hamil besar sekalipun. Apalagi kalau mikirin soal kebutuhan finansial juga.

 

Apalagi, cuti hamil dan melahirkan biasanya hanya diberikan selama tiga bulan, sehingga banyak ibu hamil yang memilih mengambil cuti mendekati tanggal kelahiran anak. Alias, masih harus tetap masuk kerja meski sudah hamil besar.

 

Seperti salah seorang rekan kerja saya di kantor yang baru mengambil cuti hamil dan melahirkan saat kehamilannya memasuki usia 39 minggu alias dua hari sebelum dugaan due date. Saya sih salut melihatnya, karena meski sudah hamil besar, dia tetap dalam keadaan fit dan semangat bekerja.

 

Ternyata, rekan kerja saya itu punya tips khusus untuk memertahankan kondisi tubuhnya agar tetap fit selama bekerja  meski sedang hamil. Nah, buat kamu yang juga sedang hamil dan harus bekerj, saya akan bagian tipsnya buat kamu di sini. Simak, yuk!

 

1. Atur posisi duduk

Posisi nyaman saat duduk untuk masing-masing orang memang berbeda. Buat kamu yang lagi hamil, carilah posisi duduk senyaman mungkin. Jangan terlalu condong ke meja karena akan mendesak perut. Sejauh yang saya pelajari, posisi ternyaman untuk ibu hamil adalah bersandar pada kursi tanpa menghalangi akses tangan pada komputer di meja.

 

Artikel terkait: Kesehatan mental dan tubuh adalah investasi paling penting. Jaga yuk!

  1. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  2. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  3. 5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat

 

2. Rajin selonjorkan kaki

Saat hamil, badan bisa lebih cepat merasa capek. Meski saya belum mengalami, tapi saya benar-benar mengamini ini karena sering melihat mereka yang sedang hamil tetapi tetap bekerja. Rasa capek nggak hanya dirasakan di badan, kaki pun demikian. Bahkan bukan jadi rahasia umum kan, kalau lagi hamil badan dan kaki juga ikut membesar atau bengkak. Soalnya kaki kamu jadi harus menopang beban yang jauh lebih berat dari biasanya.

 

Untuk itu, kamu perlu mengistirahatkan kakimu. Caranya, ambil bangku atau kuris kecil khusus untuk menopang kakimu (posisi selonjoran) saat bekerja. Ini bisa jadi akan mengganggu rekanmu yang lain. Sebelumnya, sebaiknya meminta izin dan pengertian mereka terlebih dahulu. Jika di kantor situasinya kurang memungkinkan, makan kamu wajib meluangkan waktu saat di rumah.

 

3. Olahraga ringan

Serius dalam bekerja boleh saja, asal jangan spaneng. Rasa pegal karena duduk atau aktivitas apapun jelas ada. Kalau sudah seperti ini, berolahragalah. Nggak ahrus olahraga berat kok, cukup yang ringan saja yang bisa dilakukan di kantor. Contohnya melemaskan otot pinggang, kaki, leher, dan lain sebagainya. Berjalan naik turun tangga atau memutari ruangan juga bisa kamu lakukan.

 

 

4. Yoga

Hamil nggak hanya memberikan erubahan pada bentuk tubuh, tapi juga pada mood kamu. Wanita hamil biasanya akan lebih sensitif dari biasanya. Mood-nya nggak bisa ditebak, kadang bisa sedih banget, tapi juga mendadak bisa bahagia.

 

Kalau mood kamu lagi nggak baik, coba deh lakukan yoga di kantor. Tentu cari ruang yang biasanya sepi nggak dilewati banyak orang. Kalau kantor kamu benar sih harusnya ada fasilitas nursing room  yang bisa kamu gunakan. Dan karena masih dalam jam kerja, usahakan nggak terlalu memakan waktu lama, ya.

 

 

Pinjaman tanpa agunan tunaiku

 

5. Sediakan camilan di meja

Saat hamil, nutrisi harus selalu dijaga. Makan tepat waktu dan perbanyak minum air putih sangat dianjurkan. Selain itu, sediakan camilan di meja saat bekrja. Tentu kamu harus memilih cemilan sehat yang bernutrisi dan bergizi, ya seperti kacang-kacngan, granola, buah, kripik bayam, cokelat pahit, kurma, salad dan lain-lain.

 

Artikel terkait: Buat kamu para ibu hamil, bisa coba makanan ini untuk camilan

  1. Kenapa Makanan Sehat Itu Mahal? Ini 5 Alasannya!
  2. 5 Restoran dengan Menu Salted Egg Paling Populer di Jakarta
  3. Coba 3 Resep Camilan Sederhana Berbahan Dasar Roti Ini, Yuk!

 

6. Memilih pakaian dan sepatu yang tepat

Hobi mengenakan sepatu hak tinggi selama di kantor? Untuk sementara, ganti dulu deh sepatunya dengan sepatu flat  atau tanpa hak tinggi. Cari sepatu yang benar-benar nyaman buatmu. Pilih baju juga yang longgar khususnya di bagian perut dan paha, karena baju seperti ini sangat nyaman untuk ibu hamil.

 

 

7. Senam khusus ibu hamil

Khusus tips terakhir ini bisa dilakukan beramai-ramai sebelum pulang kantor. Beruntung kalau kamu memiliki teman kantor yang juga sedang hamil. Jadi kan bisa sama-sama senam sepulang kantor atau mendekati akhir pekan. Atau ikuti kelas senam hamil bersama suamimu di akhir pekan.

 

 

Mungkin kamu belum hamil atau menikah, tapi nggak rugi juga kan, tahu ilmu ini sejak dini. Siapa tahu bisa dbagikan untuk teman kantor.

 

Oh ya, untuk kamu para ibu hamil yang sedang butuh dana tambahan untuk biaya kelahiran anakmu, nggak ada salahnya kok kamu mencari solusi dengan mengajukan pinjaman online di Tunaiku.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett