Beranda > Gaya Hidup > 7 Kesalahan Pengaturan Uang Rumah Tangga yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

7 Kesalahan Pengaturan Uang Rumah Tangga yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

7 Kesalahan Pengaturan Uang Rumah Tangga yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Jugawatermark

TUNAIKU.COM – Kemampuan setiap orang untuk mengelola keuangan mereka tentu berbeda-beda. Ada yang mampu mengaturnya secara baik dan efektif, ada pula yang sering melakukan keteledoran dalam mengelola pendapatan mereka. Agar proses pengelolaan keuangan bisa lebih baik, Anda harus mengetahui beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam mengatur keuangan, berikut diantaranya.

 

Tidak memiliki tabungan

Tidak sedikit orang yang menghabiskan pendapatan yang diperolehnya tanpa berpikir untuk menyisihkannya sebagai tabungan dan tak terkecuali ketika kita sudah berumah tangga.

Padahal tabungan sangat diperlukan untuk berbagai kesulitan yang mungkin tiba-tiba hadir di masa depan, misalnya saat kita sakit mendadak dan butuh perawatan, atau ada keluarga yang sedang membutuhkan bantuan keuangan.

Ketika sudah berumah tangga, usahakan untuk menyisihkan minimal 10-20% pendapatan kita dan suami untuk dimasukkan tabungan. Untuk memudahkan pengelolaan, buatlah tabungan rekening yang terpisah dengan rekening pengeluaran sehari-hari atau joint account bersama pasangan kita.

 

Tidak membuat perencanaan dan anggaran keuangan

Membuat anggaran keuangan penting, agar Anda memiliki gambaran berapa banyak uang yang harus dihabiskan tiap bulannya. Sebaiknya, setelah menerima gaji Anda dan pasangan membuat rencana pengeluaran di awal bulan. Dengan cara ini, kalian bisa menghitung berapa banyak uang yang harus kalian pisahkan untuk membayar tagihan, utang, kartu kredit, biaya hidup dan biaya lainnya. Dengan adanya anggaran keuangan, kalian juga mengetahui kondisi keuangan apakah dalam kondisi baik, surplus atau minus, sehingga rencana pengeluaran dapat disesuaikan.

 

Terlambat memikirkan tentang investasi

Selain mengandalkan tabungan, investasi juga cara lain untuk menyimpan uang untuk masa depan. Namun sebelum mulai berinvestasi sebaiknya Anda dan pasangan teliti dan pelajari terlebih dahulu bidang investasi tersebut. Bila perlu tanyakan kepada rekan, teman, atau ahlinya sehingga kalian tidak kaget jika dikemudian hari ada hal-hal tidak terduga. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, kalian bisa melakukan investasi yang menguntungkan. Investasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang yang bisa saja berbeda satu dengan lainnya.

 

Pemakaian kartu kredit berlebihan

Kartu kredit memang bisa menjadi penyelamat saat kita membutuhkan dana darurat. Namun penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat berakibat fatal pada perencanaan keuangan, karena seringkali membuat kita  membeli barang-barang tanpa terkontrol. Disinilah pengendalian diri diperlukan, Anda dan pasangan dituntut untuk bijak dalam menggunakannya. Untuk menghindari utang kartu kredit, kalian bisa mencatat penggunaan kartu kredit tiap bulan dan membuat batas penggunaan kartu.

 

Hanya mengolah uang untuk jangka pendek

Tujuan mengelola keuangan bukan hanya untuk bulan ini atau tahun ini saja. Perencanaan jangka panjang perlu diterapkan sedini mungkin sebagai bekal masa depan. Dengan menetapkan tujuan keuangan jangka panjang, akan menjadi pemicu semangat Anda dan pasangan untuk mencapai tujuan tersebut. Mengatur keuangan harus mengedepankan masa depan dibandingkan hanya memikirkan jangka pendek.

 

Membiarkan pasangan yang mengatur keuangan

Untuk mengelola keuangan keluarga dan investasi masa depan dibutuhkan kerjasama suami dan istri. Semakin Anda terlibat dalam setiap keputusan finansial rumah tangga, semakin kecil kemungkinan untuk  berbohong. Dan jika anggaran keuangan dibuat berdasarkan keputusan bersama, tagihan pun harus dibayar bersama. Masing-masing harus tahu ke mana saja uang lari setiap bulannya. Cara ini akan mencegah penyalahgunaan uang rumah tangga oleh salah satu pihak.

 

Kurang komunikasi dengan pasangan

Banyak pasangan yang menyembunyikan masalah keuangan pada pasangannya, padahal berdasarkan studi yang dilakukan Kansas State University pada tahun 2013, pertengkaran mengenai uang merupakan penyebab utama berakhirnya pernikahan. Penting bagi Anda untuk membahas pengelolaan keuangan, sehingga masalah keuangan bisa dihindari. Usahakan menahan diri untuk membeli barang yang tidak perlu dan selalu jujur dengan pasangan.

 

Bagaimana artikel yang kamu baca hari ini? Sebelum keluar laman ini, yuk, kenalan dulu sama Tunaiku. Dijamin nggak bakal menyesal. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Di era teknologi ini, kita dipermudah dengan pinjaman yang diproses secara digital tanpa agunan. Langsung aja kita buka link berikut ini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett