Beranda > Gaya Hidup > 7 Kebiasaan Saat Mandi yang Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan

7 Kebiasaan Saat Mandi yang Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan

7 Kebiasaan Saat Mandi yang Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatanwatermark

TUNAIKU.COM – Sejak kecil, kita didoktrin untuk mandi 2 kali sehari dengan sabun antibakteri untuk menjaga kesehatan. Saya ingat, bagaimana Ibu dengan cerewetnya menyuruh anak-anak mandi setiap pagi dan sore. Memang, sih, setelah dewasa saya tetap rajin mandi. Meskipun kalau sudah capek, kadang absen…

 

Bertahun-tahun mandi sendiri, kamu tentu punya ritual masing-masing untuk membersihkan diri. Namun, pernahkah kamu mencari tahu apakah cara mandi yang dilakukan itu sudah benar? Pasalnya, meski simpel, beberapa kebiasaan salah saat mandi rupanya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

 

Berikut adalah beberapa kebiasaan salah saat mandi yang sebaiknya nggak kamu lakukan lagi.

 

Artikel Terkait: Yuk, Lebih Sadar dengan Kesehatanmu!

  1. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!
  2. Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit
  3. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

 

1. Abai menggosok kaki

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan permukaan yang kotor. Sayangnya, kamu sering abai untuk membersihkannya dengan benar. Satu hal yang pasti, bagian ini perlu digosok secara menyeluruh hingga ke sela-sela jari. Kalau nggak, bisa-bisa kakimu jadi sarang jamur dan bakteri. Hiii!

 

2. Mencuci rambut setiap hari

Rambut yang lepek dan berminyak memang bikin nggak nyaman. Dengan keramas, kepala kamu akan terasa lebih segar dan ringan. Jadi sering-sering keramas, deh!

 

Sudah secara alami, kulit kepala memproduksi minyak untuk menjaga kelembapan rambut. Terlalu sering mencuci rambut, hanya akan membuatnya jadi kering. Solusinya, kamu cukup mencuci rambut 2 hingga 3 kali seminggu.  

 

3. Mandi air panas terlalu lama

Mandi air panas memang bikin tubuh relaks. Namun, kalau kelamaan, kebiasaan ini bakal mengikis kelembapan kulit. Selain itu, mandi air panas juga memperlebar pori-pori yang berpotensi menimbulkan jerawat. Makanya, setelah mandi air panas, disarankan untuk mengguyur tubuhmu dengan air dingin. Tujuannya, supaya pori-pori kulit kembali mengecil.

 

4. Nggak membilas tubuh sampai bersih

Saat mandi, pastikan nggak ada sisa sabun yang masih menempel di tubuhmu. Soalnya, sisa-sisa sabun dan sampo yang nggak terbilas dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah jerawat.

 

Untuk mencegah jerawat di punggung, bilas rambut dengan posisi terbalik. Dengan begitu, sisa sampo dan conditioner langsung mengalir ke bawah.

 

5. Menggosok tubuh dengan handuk terlalu keras

Saat mengeringkan tubuh, kamu mungkin terbiasa menggosok handuk ke kulitmu dengan keras. Cara ini ternyata bikin kulit jadi kering dan iritasi. Alih-alih digosok, cukup tekan-tekan handuk dengan lembut ke kulitmu.

 

Artikel Terkait: Asuransi Kesehatan

  1. Begini Langkah Melakukan Klaim BPJS Kesehatan pada Saat Keadaan Darurat
  2. Yuk, Ketahui Perbedaan Antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta
  3. Apakah Medical Check Up Bisa Menggunakan Fasilitas BPJS?

 

6. Membungkus rambut dengan handuk

Langsung membungkus rambut dengan handuk setelah keramas sebenarnya keliru. Lilitan yang ketat bisa membuat rambut rusak dan mudah rontok. Untuk mengeringkan rambut, gunakan handuk kering. Cukup ditekan-tekan, jangan digosok. Menggosok rambut dengan handuk membuatnya kusut.

 

7. Terlambat mengoleskan losion

Nggak perlu menunggu kulit mengering untuk mengaplikasikan losion. Langsung oleskan saat kulit masih dalam kondisi lembap. Tujuannya, agar losion mampu diserap kulit secara optimal. Dengan begitu, kelembapan kulitmu akan terjaga lebih lama.

 

Meski tampak sepele, kebiasaan di atas tentu perlu diperbaiki agar kesehatan kulitmu tetap terjaga. Jadi, sudahkah kamu mandi dengan benar?

 

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

 

kredit tunai

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett