Beranda > Gaya Hidup > 7 Film Horor Asia Paling Laris Sepanjang Masa

7 Film Horor Asia Paling Laris Sepanjang Masa

PAULUS RISANGPaulus Risang
7 Film Horor Asia Paling Laris Sepanjang Masawatermark

TUNAIKU.COM – Joko Anwar menjadi salah satu sutradara favorit saya sejak ia menggarap Janji Joni di tahun 2005. Kepiawaiannya dalam meracik film di berbagai genre sudah nggak diragukan lagi. Mulai dari drama, komedi, hingga horror/thriller. Makanya, ketika JA dikabarkan menggarap film remake Pengabdi Setan, saya jadi nggak sabar menunggu sampai pemutarannya.

 

Nah, buat pemanasan, saya pun jadi tergoda untuk mencari film-film horor Asia terbaik. Kenapa Asia? Soalnya, kisah horornya lebih relatable dengan orang Indonesia secara kultur, jadi seramnya pun lebih kena. Karena terbaik itu relatif, saya menerapkan standar berdasarkan pendapatan atau jumlah penonton terbanyak.

 

Nah, ini dia 7 film horor Asia paling laris sepanjang masa.

 

The Host (2006)

The Host bercerita tentang seorang ayah yang berusaha menyelamatkan putrinya yang diculik sesosok monster misterius. Kalau kamu penggemar cerita monster, film ini wajib kamu tonton. Soalnya, film ini menjadi salah satu film Korea Selatan terlaris dengan pendapatan mencapai $90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

 

Artikel terkait: Daftar film untuk mengisi waktu luangmu

  1. 5 Alasan Mengapa Film ‘It’ Layak Kamu Tonton di Akhir Minggu!
  2. Saya Tonton 5 Film Horor Ini dan Jadi Ngerti Kenapa Pendapatan Mereka Sangat Besar
  3. 7 Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan

 

Pee Mak (2013)

Peperangan bikin orang kangen setengah mati pada istri di rumah. Tapi, apa jadinya jika istri tercinta kamu selama ini ternyata hantu?

 

Pee Mak (2013) mencatat rekor sebagai film terlaris di Thailand. Film ini meraup pendapatan hingga US$ 20,8 juta selama pemutarannya di sejumlah negara di Asia. Hingga kini, film ini sudah membukukan pendapatan mencapai 1 milyar baht atau setara Rp400 milyar.

 

Ringu (1998)

Kamu tentu nggak asing lagi dengan film ini. Ringu atau The Ring adalah salah satu film horor Jepang yang sangat laris sekaligus memorable. Siapa sih yang nggak kenal dengan Sadako, sosok hantu yang muncul dari video terkutuk di film ini?

 

Film ini berhasil meraup pendapatan hingga 1 milyar yen atau setara Rp119 milyar. Hollywood pun nggak mau ketinggalan mendulang dolar dari film ini, sehingga dibuatlah versi Amerikanya pada 2002.

 

Shutter (2004)

Bisa dibilang, Shutter merupakan film horor yang membuat saya notice bahwa horor Thailand itu layak diperhitungkan. Film ini mengisahkan tentang fotografer yang menemukan sosok misterius dalam foto-foto hasil jepretannya. Siap-siap aja deh saat liat ending-nya!

 

Selama pemutarannya, film ini berhasil meraup pendapatan hingga $6,9 juta atau sekitar Rp92 milyar, menjadikannya salah satu film horor terlaris di Thailand. Film ini juga sudah dibuat versi Hollywood-nya.

 

ajukan pinjaman tanpa agunan di tunaiku

 

Ju-On (2002)

Masih dari Jepang, ada juga film Ju-On yang nggak boleh alpa disebut. Buat saya, film ini adalah film horor paling seram pada masanya. Suara derak saat Kayako muncul itu bakal selamanya terngiang di benakmu.

 

Film ini memanen pendapatan sekitar 3 juta dolar (Rp40 milyar), angka yang cukup besar pada masa itu. Ju-on juga menjadi salah satu film horor Jepang yang di-remake ke versi Hollywood.

 

Artikel terkait: Kiat mengatur uang biar bisa nonton tiap minggu

  1. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!
  2. Siapa yang Bayar? Ini Cara Atur Bujet Pacaran dari 3 Pasangan Ini
  3. Hati-hati, Kamu Kaum Milenial Wajib Menghindari 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Berikut!

 

Danur (2017)

Tanpa saya duga, film Danur berhasil menjadi salah satu film horor terlaris di Indonesia. FIlm ini bahkan membukukan rekor Muri sebagai film Indonesia dengan jumlah film terbanyak dalam enam hari. Danur mengisahkan tentang Risa yang bisa melihat hantu sejak usia belia.

 

Selain diputar di Indonesia, Danur juga diputar di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei. Pendapatan yang diperoleh film ini ditaksir mencapai Rp95 milyar dengan jumlah penonton hingga 2,7 juta orang.

 

Honorable mention: Jelangkung (2001)

Ngomongin film horor Asia terlaris, kayaknya belum lengkap kalau belum memasukkan film Jelangkung (2001) ke dalam daftar. Pasalnya, film ini menjadi tonggak bangkitnya film horor di Indonesia setelah dilanda kelesuan akibat krisis moneter.

 

Film ini tercatat membukukan pendapatan hingga Rp5 milyar dan ditonton hingga 5,7 juta penonton, menjadikannya sebagai salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Padahal, awalnya Jelangkung sama sekali nggak ditujukan untuk diputar di bioskop, lho!

 

Nah, mudah-mudahan film yang saya sebutkan di atas bisa menjadi tontonan pengisi waktu luangmu, sambil menunggu film horor yang akan datang. Selamat ketakutan!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett