Beranda > Gaya Hidup > 7 Cara Menabung untuk Mengadakan Bridal Shower

7 Cara Menabung untuk Mengadakan Bridal Shower

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
7 Cara Menabung untuk Mengadakan Bridal Showerwatermark

TUNAIKU.COMBridal shower sudah jadi bagian yang nggak terpisahkan dari pernikahan. Biasanya, calon pengantin wanita akan mengundang sahabat dekat untuk berpesta  sebelum pernikahan.

 

Sama halnya dengan resepsi pernikahan, bridal shower juga butuh biaya yang nggak sedikit. Kalau nggak cermat mengatur bujet, bisa-bisa—anggaran bridal shower merusak keuangan.

 

Nah, mumpung belum terlambat, kamu bisa melakukan 7 cara menabung untuk bridal shower. Semoga masih ada cukup waktu untuk mengumpulkan uang, ya!

 

Artikel Terkait: Menghitung Biaya Pernikahan

  1. Biaya Menikah di Gedung dan Kebun, Mana yang Lebih Murah?
  2. Yuk, Hitung-Hitungan Biaya Pernikahan Raisa-Hamish!
  3. Pinjam Uang untuk Menikah, Menyelesaikan atau Menambah Masalah?

 

1. Tanamkan mental untuk berhemat

Kamu tahu betul, bridal shower butuh bujet yang nggak sedikit. Padahal, resepsi pernikahanmu sendiri sudah memakan bujet yang banyak. Makanya, kalau ingin tetap menggelar keduanya, kamu harus menanamkan mental untuk berhemat.

 

Tentukan beberapa cara penghematan yang bisa dilakukan. Bisa dengan mulai membawa bekal untuk makan siang, mengurangi nongkrong atau aktivitas senang-senang lainnya. Kamu bahkan bisa mengajak pasangan untuk irit juga, lho.   

 

2. Mulai investasi

Jika ingin mendapatkan dana yang cukup cepat, kamu bisa melirik investasi. Pilih inivestasi dengan minim risiko seperti investasi emas. Toh, seandainya kamu harus menjual emas di saat harga turun, nilanya nggak akan terlalu jauh.

 

Kamu pun nggak akan terlalu merugi, kok. Namun, semoga saja saat kamu akan menggelar bridal shower, harga emas tengah naik. Kamu jadi ada tambahan bujet untuk mengadakan bridal shower sesuai dengan apa yang kamu mau.

 

3. Pisahkan pos keuangan

Satu hal wajib yang harus kamu lakukan agar bujet nggak membengkak adalah pisahkan pos keuangan antara anggaran pernikahan dan bridal shower. Kalau sampai tercampur, kamu bakal kesulitan untuk menentukan target keuangan.

Lagipula, kalau nggak ada pembagian yang jelas, kamu nggak benar-benar tahu berapa jumlah dana yang masih dibutuhkan untuk bridal shower. Coba pisahkan pos keuangan dalam dua rekening. Misalnya, bujet bridal shower di rekeningmu, dan untuk pernikahan di rekening calon suami.

 

4. Memangkas bujet yang tidak perlu

Cara lain untuk menyimpan uang adalah dengan memangkas bujet bridal shower. Ini bisa dari pemilihan lokasi acara, konsumsi yang dipilih, hingga urusan dekorasi.

 

Bridal shower itu nggak melulu diadakan di hotel. Kamu bisa sewa kafe atau bahkan diadakan di rumah  agar lebih hemat. Soal konsumsi, kamu bisa memasak sendiri bersama keluarga biar makin murah.

 

Terakhir, soal dekorasi. Nggak ada salahnya kamu mencoba menghias rumah a la Do It Yourself (DIY). Selain lebih hemat, cara ini jgua bisa membantumu mengasah jiwa kreativitas.  

 

5. Booking tempat jauh-jauh hari

Jika akhirnya kamu memutuskan untuk menggelar bridal shower di hotel, pastikan untuk reservasi jauh-jauh hari. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan harga yang lebih murah. Bahkan, kamu juga bisa bernegosiasi atau meminta diskon, lho.

 

Cara lain, bisa dengan mencari hotel yang punya “orang dalam”. Jadi, kamu bisa dapat harga sewa atau diskon yang menarik.  

 

6. Pilih konsep hemat bujet

Dulu, saya dan teman kampus pernah mengadakan buka bersama a la potluck party. Jadi, saat akan bukber, kami diharuskan untuk membawa bekal sendiri. Bisa makanan, minuman, camilan, atau takjil.

 

Nah, konsep ini bisa kamu terapkan untuk bridal shower, lho. Nggak perlu gengsi dan jelaskan pada teman-teman konsep acaramu. Dijamin, makanan yang dibawa akan makin beragam.

 

Kamu pun nggak perlu pusing mengeluarkan banyak uang untuk konsumsi. Kemas dengan konsep yang menarik agar temanmu makin betah.

 

Artikel Terkait: Cara Mengelola Keuangan

  1. 3 Tipe Orang Tua dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak, Kamu yang Mana?
  2. Cara Menabung Saat Kecil yang Bisa Kamu Terapkan Kembali
  3. 10 Tanda Kalau Kamu Sudah Jago Mengatur Keuangan

 

7. Mencicil kebutuhan

Mencicil kebutuhan bridal shower bisa jadi solusi tepat buat kamu yang punya bujet mepet. Kadang cukup sulit untuk memenuhi semua kebutuhan bridal shower dan resepsi pernikahan dalam satu waktu. Agar uang tabunganmu tetap aman, kamu bisa mulai mencicil kebutuhan.

 

Misalnya, bulan ini kamu akan membayar DP tempat dan vendor. Bulan sesudahnya, untuk bayar katering, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu nggak akan merasa berat untuk membayar segala kebutuhan. Proses menabung pun nggak akan terasa berat.

 

Apa pun konsep bridal shower yang kamu pilih, semua bisa direalisasikan asal ada bujetnya. Makanya, harus lebih rajin untuk menabung mulai dari sekarang. Lebih bagus lagi, kamu punya beragam cara kreatif untuk mengumpulkan uang.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

CTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett