Beranda > Gaya Hidup > 5 Trik Menghemat Kuota Internet Smartphone

5 Trik Menghemat Kuota Internet Smartphone

5 Trik Menghemat Kuota Internet Smartphonewatermark

Saat ini perkembangan dan kemajuan teknologi semakin pesat. Tidak hanya kalangan bisnis saja, namun setiap orang dituntut untuk selalu update dan melek teknologi. Hampir seluruh komunikasi di seluruh dunia menggunakan internet. Mulai dari memakai smartphone, tablet, laptop, hingga PC. Macam-macam bentuk komunikasinya pun beranekaragam, misalnya telepon, SMS, chating messenger, melalui media sosial, dan masih banyak lainnya. Melihat perkembangan tersebut, kuota data internet yang dibutuhkan untuk smartphone pun semakin bertumbuh juga. Banyak orang yang sering tidak sadar saat berselancar di dunia maya menggunakan ponsel. Akibatnya data yang dikeluarkan jadi boros. Bagaimana cara menyikapi hal ini? Anda bisa melakukan beberapa cara agar bisa menghemat kuota data internet. Berikut ini merupakan beberapa cara menghemat kuota data internet smartphone yang bisa dicoba dan dipraktekkan.

 

1. Selalu mengawasi penggunaan data

Selalu pantau penggunaan kuota data Anda yang biasanya diletakkan pada opsi setting atau pengaturan. Di sana Anda akan melihat seberapa banyak data yang sudah dihabiskan beserta aplikasi yang cukup menyedot kuota data tersebut.

 

2. Non-aktifkan pembaharuan secara otomatis

Ketika tidak terkendali, fitur ini justru akan mencuri kuota data Anda. Apalagi bila aplikasi yang mengaktifkan fitur ini tidak hanya satu atau dua. Mematikan opsi ini akan sangat menghemat kuota data.

 

3. Meminimalkan mengunduh aplikasi

Manfaatkan koneksi wifi yang tersedia di beberapa tempat daripada harus mengunduh menggunakan kuota data sendiri. Meski aplikasi tersebut ukurannya terlihat sedikit, namun aplikasi pendukungnya bisa jadi yang berukuran besar dan ini jelas memboroskan pemakaian kuota data.

 

4. Pintar-pintarlah dalam menonton video online

Hindari menonton video dengan menggunakan koneksi data seluler. Wi-fi memang menjadi alternatif yang paling baik bila Anda ingin menonton video secara online.

 

5. Melakukan kompresi data pada browser

Beberapa browser dikenal memiliki bawaan otomatis yang sanggup memampatkan data untuk pengguna internet seluler dalam intensitas yang tinggi. Fungsinya untuk mengompres data situs sehingga dikirimkan bentuk data yang sudah diperkecil.

 

Itu tadi 5 cara menghemat kuota data internet smartphone yang bisa dicoba. Yang perlu diingat, Anda harus cerdik untuk memanfaatkan Wi-Fi. Sebaiknya sesering mungkin gunakan jaringan pada Wi-Fi untuk mengakses beberapa kegiatan yang bisa memakan banyak data. Jangan lupa juga untuk rajin mengecek konsumsi data di ponsel. Sudah siap mempraktekkannya?

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett