Beranda > Gaya Hidup > 5 Tanaman Obat Serba Guna yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit

5 Tanaman Obat Serba Guna yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit

5 Tanaman Obat Serba Guna yang Cocok Ditanam di Lahan Sempitwatermark

TUNAIKU.COM – Ingatkah kamu dengan plang bertuliskan TOGA alias tanaman obat keluarga yang terpampang di halaman tiap-tiap rumah kala kamu masih bocah? Berderet-deret tanaman hijau ditanam di halaman rumah memang jadi andalan ibu-ibu kala itu. Sejumlah tanaman tersebut memang ditanam khusus untuk menjadi obat alami yang digunkan sebagai penanganan penyakit.

Meski kini sudah tergerus zaman, tidak ada salahnya kamu menanam tanaman obat ini dalam rangka penghematan. Apalagi buat kamu pekerja muda yang hidup sendiri. Tentu kamu harus bisa menangani penyakitmu sedini mungkin,kan? Jika kamu tidak punya lahan seluas halaman rumah ibu-ibu jaman dahulu, kamu bisa memilih tanaman obat yang mudah ditanam di dalam pot. Sehingga tidak ada masalah kan meski kamu tinggal di kos-kosan atau apartemen.

Berikut beberapa tanaman obat yang bisa kamu tanam! Dan jangan lupa pahami cara mengolahnya ya:

 

  • Lidah buaya

Tanaman ini bermanfaat melancarkan peredaran darah, menyebuhkan asma, dan batu, anti peradangan, dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

Cara mengolah:

Ambil daunnya, kupas kulitnya, potong-potong dagingnya, dan campurkan ke sirup.

Oh ya, selain sebagai obat, tanaman yang kondang disebut sebagai aloe vera ini juga bisa kamu gunakan untuk merawat rambut. Cukup gosokkan dagingnya ke rambutmu.

  • Seledri

Berfungsi untuk mengatasi penyakit asam urat dan obat cuci ginjal. Selain sebagai tanaman obat, tanaman ini bisa kamu jadikan teman makan mie instan sewaktu-waktu!

Cara mengolah:

Rebus tangkainya dengan air, tunggu hingga mendidih dan mengental. Minum setiap pagi seusai sarapan.

  • Jahe

Bermanfaat untuk menyembuhkan batuk, masuk angin, sakit kepala, mengobati luka memar, dan menghangatkan tubuh.

Cara mengolah:

Ambil satu ruas jahe, geprek, lalu seduh dengan air panas. Tunggu hingga mengendap untuk  diminum. Pastikan kamu meminumnya selagi hangat ya.

  • Kunyit

Bermanfaat buat kamu yang ingin menurunkan kadar lemak dan kolestrol, mengatasi mual, pembalut luka, menghilangkan gatal-gatal, dan menghilangkan maag.

Cara mengolah:

Parut kunyit hingga halus, ambil sarinya yang berupa air lalu minum secara rutin. Lakukan terus hingga membuahkan hasil.

  • Kencur

Selain sebagai bumbu masakan, tanaman ini mampu melancarkan haid buat kamu yang menstruasinya bermasalah. Selain itu, bisa pula digunakan untuk menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk dan peradangan lambung.

Cara mengolah:

Ambil kencur sesuai kebutuhan, geprek, dan seduh dengan air panas tunggu hingga mengendap lalu minum.

Sejumlah tanaman ini tidak perlu disiram sering-sering, sangat cocok buatmu yang anak kost, kan? Jika sudah menentukan akan menanam yang mana, kamu tinggal memilih pot yang sesuai dengan selera. Secara umum, pot terdiri dari 3 jenis yakni porselin, plastik, dan tanah liat. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba bertanam dan masih bingung, kamu bisa menanyakan langsung pada pedagang tanaman tempat kamu membeli mengenai jenis pot yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selamat menanam dan menjadi sehat!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett