Beranda > Gaya Hidup > 5 Strategi Sukses Jalani Bisnis Bersama Keluarga

5 Strategi Sukses Jalani Bisnis Bersama Keluarga

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Strategi Sukses Jalani Bisnis Bersama Keluargawatermark

TUNAIKU.COM – Sejak kuliah, saya sering menjumpai teman yang membuka usaha bersama sahabatnya. Usaha yang dibuka pun beragam, mulai dari usaha makanan, pakaian sampai perlengkapan. Seiring berjalannya waktu, saya semakin mengamati bahwa ternyata jauh lebih banyak pula teman yang membuka usaha bersama keluarganya.

 

Selidik punya selidik, tampaknya bisnis bersama keluarga itu punya banyak kelebihan. Nggak cuma lebih menghasilkan,bertahan lebih  lama tetapi juga terlihat semakin merangkak naik. Lalu, kelihatannya juga minim risiko terjadinya perselisihan dan jarang terjadi ada tindak penipuan.

 

Artikel terkait: Membuka usaha setelah menikah

  1. Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Membangun Bisnis dengan Suami Sehingga Sukses di Bis…
  2. Ibu Rumah Tangga yang Hobi Belanja Murah Bisa Coba Usaha Ini
  3. 5 Cara Logis yang Membuktikan Bahwa Pintu Rezeki Terbuka Lebar Setelah Menikah

 

Semakin penasaran, saya pun mencari tahu apa rahasianya bisa menjalani bisnis keluarga dengan akur. Berikut hasil informasi yang saya dapatkan :

1. Penentuan peran sejak awal

 

Hal ini disebut menjadi modal pertama saat menjalankan bisnis bersama keluarga. Saya jadi teringat drama Korea berjudul Cinderella’s Stepsister yang sempat populer di tahun 2010.Ya, kamu juga bisa belajar mengelola bisnis keluarga dari film tersebut. Dalam beberapa scene para pemeran terlihat memiliki masing-masing peran untuk mengembangkan bisnis. Ada yang piawai dengan negosiasi dan sukses dengan tugasnya memasarkan barang. Ada pula yang pintar dan berhasil menciptakan produk.  Singkat cerita atas dasar gotong royong sesuai peran masing-masing, bisnis keluarga pun bisa sukses.

 

2. Saling dukung tanpa bersaing

 

Tentu saja lingkungan yang supportif akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang. Untungnya, hubungan yang sudah terjalin karena ada hubungan keluarga pasti memudahkan untuk bisa saling menyelami satu dengan yang lain. Aktivitas bisnis pun semakin terbantu terlebih memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan usaha dan memperluasnya.

 

 

Artikel terkait: Mengambil pembelajaran dari film

  1. Tambah Mesra dengan 10 Film Romantis
  2. 7 Kiat Berbisnis Walt Disney yang Patut Ditiru Semua Wiraswasta
  3. 4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Thrones

 

3. Membuat perencanaan terperinci ke depan

 

Bisnis keluarga yang sukses dan bertahan lama ternyata memiliki perencanaan masa depan usaha yang jelas. Bersama-sama menentukan target apa saja yang hendak dicapai dan arah tujuan bisnis. Lalu menjalankan tugas dan peran yang sudah dimiliki oleh masing-masing serta saling mendukung. Hasilnya, usaha pun dapat terus berjalan dan bisa terus meroket.

 

4. Jujur dan transparan

 

Dalam menjalankan bisnis keluarga, komunikasi mengambil peranan yang sangat penting. Berkomunikasi yang baik menunjang aktivitas bisnis pun berjalan lancar karena keterbukaan. Semua hal dapat disampaikan tanpa ditutup-tutupi. Sehingga setiap masalah yang datang dapat diselesaikan dengan baik. Setiap kerugian atau keuntungan yang didapatkan jelas dikomunikasikan secara transparan agar tidak ada satu pihak yang merasa dirugikan.

 

5. Merekrut pekerja

 

Meskipun merasa cukup dikerjakan bersama keluarga, tetapi ternyata bantuan tenaga lain pun dibutuhkan agar hasil maksimal.  Usaha yang terus meningkat pasti membutuhkan tenaga yang semakin besar sehingga merekrut pekerja menjadi langkah yang tepat. Adanya sumbangsih orang lain juga sangat penting untuk melihat ide pemikiran dari luar keluarga.

 

Apakah saat ini kamu sedang berencana memulai bisnis bareng keluarga? Jika iya, kamu membaca artikel ini di waktu yang tepat. Jangan lupa mempersiapkan semuanya sejak awal, ya!

 

Butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!

CTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett