Beranda > Gaya Hidup > 5 Rekomendasi Buku Wajib Baca dari Michelle Obama

5 Rekomendasi Buku Wajib Baca dari Michelle Obama

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Rekomendasi Buku Wajib Baca dari Michelle Obamawatermark

TUNAIKU.COM – Saya memiliki teman kuliah yang saat ini tinggal di Amerika. Saat Negari Paman Sam tersebut dalam masa kampanye pemilihan presiden baru, saya iseng bertanya padanya, “bagaimana, Han, mau pilih Trump apa Hillary, nih?”

 

Nggak begitu lama, dia langsung membalas, “seandainya bisa pilih Obama.”

 

Kebetulan saya nggak satu negara dengan Barack Obama. Selain itu, belum ada bagian kehidupan saya yang bersinggungan dengan dia. Jadi, saya biasa saja ketika dunia internasional tengah memperbincangkannya. Namun, saat  teman sendiri yang kehidupannya sudah bersinggungan dengan Obama berkata demikian, rasanya saya mulai tertarik untuk mengulik sisi lain Obama dan keluarganya.

 

Membahas keluarga Obama sendiri nggak pernah jauh dari Michelle Obama. Sosok ibu inspiratif ini ternyata memiliki kesamaan dengan saya: sama-sama menyukai buku, haha! Kalau dilihat dari sosoknya, tentu buku yang dibaca beliau adalah buku-buku inspiratif yang bisa direkomendasikan. Seenggaknya, ada 5 buku yang direkomendasikan mantan ibu negara ini.

 

Artiket Terkait: Memetik Hikmah dari Sebuah Film

  1. 10 Pasangan di Film Hollywood yang Sering Menjadi Panutan Menjalin Hubungan
  2. 5 Film Penggugah Jiwa yang Layak Ditonton Olehmu di Bulan Puasa
  3. Daripada Kesepian di Long Weekend, Lebih Baik Tonton 4 Film dan Serial Ini

 

1. Life of Pi oleh Yann Martel

Di tahun 2016 saya pernah menonton film mengharukan tentang perjalanan seorang anak laki-laki mengarungi Samudra Pasifik. Perjalanan pemuda yang sudah memiliki 3 agama (Hindu, Kristen, dan Islam) ini bukanlah perjalanan biasa. Setelah kapal yang membawa keluarganya tenggelam, hanya dia saja yang mendapatkan sekoci. Lalu apakah itu berarti dia selamat?

 

Tentu cerita belum selesai karena dia harus terombang-ambing tanpa kejelasan di samudra yang ganas dan kejam selama lebih dari 7 bulan. Sulit baginya untuk bertahan, apalagi sekoci itu juga dinaiki makhluk hidup lain, hiena, zebra yang kakinya patah, orang utan betina, dan harimau Royal Bengal yang beratnya 225 kilogram. Hingga akhirnya Pi bisa selamat dan menemukan daratan, film ini sukses membuat penonton percaya pada keajaiban yang Tuhan berikan.

 

Belum lama ini saya baru tahu kalau film tersebut diangkat dari sebuah buku berjudul sama. Saya tahu karena buku ini menjadi salah satu yang direkomendasikan Michelle.

 

“Kehidupan Pi itu bagus, karena kita telah membaca bukunya bersama,” begitu kata Michelle.

 

2. Goodnight Moon oleh Margaret Wise Bown

Buat kamu yang sudah punya balita, sebaiknya memiliki buku ini. Sederhana saja, buku anak-anak ini bercerita tentang kelinci yang punya ritual untuk mengucapkan “good night” kepada benda dan hewan peliharan di kamarnya. Ya, cocoklah buat dongeng pengantar tidur anak.

Kendati seorang politikus, Michelle juga mengagumi buku anak-anak. Terbukti dia merekomendasikan buku ini padamu.

 

3. Where the Wild Things oleh Maurice Sendak

Buku selanjutnya masih tentang dunia anak-anak. Buku karya Sendak ini bercerita tentang dunia imajinasi anak kecil. Diceritakan seorang anak bernama Max yang dihukum ibunya karena nakal. Kesal dengan perlakuan ibunya, Max pun membuat dunia di dalam kamar. Max berimajinasi membuat hutan hingga lautan dalam kamarnya. Dalam imajinasinya tersebut, Max mengembara dan menghadapi monster-monster yang ditemuinya.

 

Melalui buku ini pembaca bisa belajar tentang dunia bebas tanpa aturan yang bisa diciptakan sendiri. Saat membaca bagaimana Max ‘menaklukkan’ monster, secara nggak langsung pembaca diajak berinstrospeksi diri. Percaya atau nggak, setelah membaca buku ini Michelle dan presiden melakukan berbagai hal liar di tahun 2016.

 

4. The Light of The World oleh Elizabeth Alexander

Buku ini mengajari tentang rasa ikhlas, penerimaan, dan juga perjuangan seorang perempuan. Secara umum, buku ini berkisah tentang cinta, kehilangan, dan kesabaran saat harus merawat dua anak si tokoh utama yang masih remaja. Buku ini juga wajib kamu baca karena merupakan buku favorit Michelle di tahun 2015.

 

Artikel Terkait: Ini Cara agar Single Mom Bisa Bertahan

  1. Single Mom, Ini Dia 5 Tips Mengelola Keuangan untuk Ibu Tunggal
  2. Kiat Jitu Mengatasi Masalah Finansialmu!
  3. Ibu Rumah Tangga yang Hobi Belanja Murah Bisa Coba Usaha Ini

 

5. Song of Solomon oleh Toni Morrison

Jika sebelumnya kamu membaca buku karena keharusan, Song of Solomon mungkin bisa membuatmu membaca dengan senang dan nyaman. Buku ini berkisah tentang kepindahan Milkman ke daerah keluarganya berasal. Nggak disangka, di sanalah dia mengenal sisi gelap dunia, misalnya soal pelacuran dan pembunuh bayaran. Konflik yang dibawakan membuat pembaca terus tertarik untuk mengetahui kisah selanjutnya.

 

Itulah lima buku yang direkomendasikan oleh Michelle Obama. Buku ini membuatnya menyukai untuk membaca. Ia bahkan merasa seperti ada sebuah tenaga yang terus “menariknya” membaca.  

 

Well, dari kelima buku yang direkomendasikan, saya paling tertarik dengan Where the Wild Things Are. Bagaimana denganmu?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett