Beranda > Gaya Hidup > 5 Hal Yang Tak Disangka Muncul Di Tahun Awal Pernikahan

5 Hal Yang Tak Disangka Muncul Di Tahun Awal Pernikahan

KENNY CAROLINEKenny Caroline
5 Hal Yang Tak Disangka Muncul Di Tahun Awal Pernikahanwatermark

 

TUNAIKU – Pernah dengar curhatan teman soal rumah tangganya yang baru seumur jagung dilanda masalah? Atau mungkin rumah tangga kamu sendiri yang sedang menghadapi krikil di awal pernikahan?

 

Banyak yang bilang, menikah menjadi sebuah babak baru dalam mengenal pasangan maupun diri sendiri. Ada pula yang mengungkapkan kalau pernikahan, terutama pada tahun-tahun awal, adalah serangkaian kejutan. Kejutan itu bukan hanya yang membuat hati girang, namun juga terkadang bikin hati meringis.

 

Ya, meringgis karena ternyata harus mengalami konflik di tahun awal pernikahan. Salah satu pemicunya, biasanya kurang komunikasi atau keterbukaan satu sama lain.

 

Masalah-masalah yang biasanya nggak terlalu dipedulikan saat berpacaran, eh justru jadi pemicu pertengkaran. Karena itu, buat kamu yang sedang siap-siap menikah, perlu mengantisipasi hal-hal yang tak disangka muncul di tahun awal pernikahan seperti berikut ini.

 

Artikel Terkait: Langkah-langkah menyiapkan pernikahan.

  1. Baru Saja Menikah? Terapkan 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga ini!
  2. Agar Proses Pernikahanmu Nggak Kacau, Hindari 10 Hal Pemicu Pertengkaran Berikut…
  3. 10 Tips Antidrama dalam Memilih Bridesmaid yang Tepat

 

1. Status berubah, perilaku enggak

Saat pacaran dulu, kamu mungkin pernah membayangkan kalau kebiasaan atau perilaku pasangan yang bikin hatimu jengkel bakal berubah setelah menikah. Namun, kamu harus merelakan angan itu.

 

Pasalnya, walau hubunganmu sudah sah secara hukum dan agama, umumnya pasangan akan stick pada kebiasaan dan perilaku tersebut. Kalau sedari awal memang nggak romantis, ya bakal tetap seperti itu.

 

2. Harus terbuka soal finansial

Nah ini yang paling penting. Waktu pacaran, hal ini mungkin nggak terlalu diambil pusing. Malah justru kamu merasa tabu membicarakannya. Tapi kamu nggak bisa menghindari isu ini terutama di awal pernikahan. Malahan, kamu harus membahas soal finansial saat memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengan pasangan.

 

Luangkan waktu untuk berdiskusi tentang keuangan dan strategi kalian berdua untuk mengatur finansial rumah tangga. Pendapatan bulanan, jumlah tabungan dan investasi, dan kebiasaan belanja harus dibahas secara terbuka.

 

Jangan pula malu untuk mengungkap bila salah satu dari kalian memiliki utang. Ingat, setelah menikah kalian menaiki ‘perahu’ yang sama. Jangan sampai tenggelam hanya karena salah seorang enggan berkomunikasi kalau sisi ‘perahunya’ bocor.

 

2

 

3. Menyelesaikan masalah

Kalau sudah bisa memutuskan untuk menikah berarti sudah dewasa secara mental. Kamu dan pasangan juga harus menjadi pribadi dewasa saat menghadapi masalah. Jangan sampai pertengkaran terjadi selama berhari-hari atau salah satu dari kalian meninggalkan rumah dan baru kembali beberapa hari kemudian. Sebaliknya, carilah solusi dan buat komitmen agar nggak melulu mempermasalahkan hal yang sama.

 

Artikel Terkait: Tips dan trik menjalani hubungan agar awet.

  1. Bosan Nge-date di Tempat Mewah? Ini 10 Ide Kencan Romantis Murah di Rumah
  2. Tambah Mesra dengan 10 Film Romantis
  3. 5 Ide Karangan Bunga untuk Orang Spesial, Selain Bunga Papan

 

4. Pembagian tugas dan tanggung jawab

Namanya juga naik perahu bersama, masing-masing tentu memiliki tugas agar perjalanan mulus. Tentukan siapa yang mencuci piring, siapa yang menyiapkan masakan, atau siapa yang mencuci mobil setiap minggu. Diskusikan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Hal ini penting supaya kalian nggak selalu berdebat tentang siapa yang harus melakukan apa.

 

5. Me time

Walau sudah menikah, kamu dan pasangan tetaplah seorang individu yang memiliki kehidupan sosial. Kamu dan pasangan tentu memiliki hobi serta sahabat dekat. Bicarakan dengan pasangan mengenai hal ini dan buatlah kesepakatan tentang me time tersebut.

 

Ternyata menikah itu tak selalu mengecap rasa manisnya saja seperti di dongeng atau film-film romantis. Banyak tantangan yang harus dihadapi bahkan saat sudah menginjak usia tua. Supaya lebih mahir, tentu kamu harus memantapkan fondasinya dahulu yaitu dengan membangun hubungan yang sehat di awal-awal pernikahan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett