Beranda > Gaya Hidup > 5 Hal Keuangan Yang Wajib Dibahas Sebelum Kamu Menikah

5 Hal Keuangan Yang Wajib Dibahas Sebelum Kamu Menikah

5 Hal Keuangan Yang Wajib Dibahas Sebelum Kamu Menikahwatermark

TUNAIKU.COM – Setelah sekian lama menjalin hubungan, tentunya sudah terlintas untuk membawa hubungan kalian ke jenjang berikutnya: menikah. Nah, Kawan Tunaiku, sebelum disibukkan dengan mengatur resepsi pernikahan nan hemat, atau menentukan mau honey moon di mana, ada banyak hal yang harus kamu diskusikan. Salah satu yang paling penting, tentunya yang menyangkut keuangan.  

Sebagai panduan untukmu, berikut adalah 5 hal keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah.

 

1. Manajemen uang saat masih lajang  

Kamu dan pasangan wajib mengenali pemasukan, pengeluaran, dan pola konsumsi masing-masing. Enggak mau kan tiba-tiba kaget mengetahui berapa gaji si dia atau ternyata ketahuan si dia boros saat sudah berkeluarga? Menurut studi dari Universitas Virginia, rata-rata pasangan yang  baru menikah untuk pertama kalinya, memiliki kecenderungan 40 – 50% untuk cerai karena masalah uang.

 

2. Kebiasaan dan pola konsumsi dari orang tua masing-masing

Perkara menikah bukan hanya antara kamu dan pasangan, tapi, keluarga masing-masing terutama orangtua pun pasti akan mempengaruhi bagaimana kalian berdua menyikapi urusan finansial. Misalnya, kamu yang dibesarkan dalam keluarga berkecupukan mungkin enggak terbiasa apabila harus menjalani hidup yang pas-pasan. Atau, sebaiknya, pasanganmu yang terbiasa hidup irit dan hemat, jadinya susah diajak kompromi untuk membeli sesuatu, alias pelit.

 

3. Hutang dan pinjaman yang sedang ditanggung

Memang sih, enggak sampai harus mengecek riwayat BI checking masing-masing. Dari luar, kamu tahu bahwa pasanganmu memiliki karir yang baik dan penghasilan yang lumayan. Tapi, bagaimana dengan tanggungannya? Makanya, jujur dan transparanlah mengenai apa yang sedang kalian cicil saat ini. Karena, saat sudah satu atap, kamu dan pasangan akan harus menanggung itu  bersama-sama.

 

4. Menentukan target finansial

Saat membahas target finansial, bisa jadi kalian memiliki pandangan yang berbeda. Satunya ingin pensiun muda, satunya berambisi mengejar karir hingga setinggi-tingginya.  Sebagai permulaan, cobalah untuk saling berbagi apa sih definisi “kesuksesan finansial” untuk kalian masing-masing? Jika memang berbeda, kalian harus berkompromi untuk menemukan jalan tengah dan menjalaninya dengan komitmen.

 

5. Kesepakatan saat mengatur uang sebagai pasangan

Secara ilmiah, kamu akan lebih mempercayai pasanganmu dan kompak mengatur uang apabila penghasilan kalian berdua digabung. Hal-hal ini antara lain adalah: membuat akun rekening bersama, mengecek pengeluaran pribadi dan rumah tangga, membuat bujet atau sesederhana menentukan prioritas pengeluaran.  

Nah, itulah dia 5 hal keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah. Apakah kamu sudah pernah membicarakan salah satunya dengan pasanganmu?

Kawan Tunaiku,  kehidupan pernikahan memang menantang, terutama secara finansial.

 

Apabila kamu dan pasangan sedang membutuhkan tambahan dana untuk mendukung kalian, percayakan pada Tunaiku, saja yuk!  Melalui Tunaiku, kamu dapat melakukan pinjaman uang tanpa jaminan hingga Rp 10 juta. Pasti cukuplah sebagai tambahan modal nikah!  

 


Artikel ini dapat juga dibaca melalui Duniafintech.com.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett