Beranda > Gaya Hidup > 10 Makanan Indonesia ini Jadi Favoritnya Bule, Lho!

10 Makanan Indonesia ini Jadi Favoritnya Bule, Lho!

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
10 Makanan Indonesia ini Jadi Favoritnya Bule, Lho!watermark

TUNAIKU.COM – Indonesia memang kaya. Termasuk soal makanan atau kuliner. Ya, setiap daerah di Indonesia pasti punya menu istimewa yang enak banget. Saking enaknya, banyak makanan khas Indonesia yang nggak hanya digandrungi orang-orang Indonesia tapi juga jadi favoritnya para bule, alias orang asing.

 

Coba tengok deh berita pejabat dunia atau selebriti yang berkunjung ke Indonesia. Kalau ditanya tentang hal favorit dari Indonesia, pasti makanan jadi salah satu yang disebutkan. Nasi goreng, soto ayam, saten bakso dan rendang jadi beberapa makanan yang sering disebut sebagai favorit mereka.

 

Ya, memang makanan Indonesia sangat kaya bumbu dan punya cita rasa yang kuat.  Nggak heran sih, mengingat mayoritas makanan barat umumnya punya bumbu atau rasa yang lebih simpel dibandingkan makanan Asia, kushusnya Indonesia. Makanya begitu ketemu dengan masakan Indonesia yang bumbunya bergam dan kuat tentu membuat mereka ketagihan.

 

Berikut ini ada 10 makanan Indonesia yang menjadi favorit para bule . Ada kesukaan kamu juga nggak?

 

1. Nasi Goreng

A post shared by Voila Jogja (@voilajogja) on

Salah satu makanan khas Indonesia yang hampir semua orang suka, beda daerah biasanya beda bumbunya. Kamu tahu nggak, kalau nasi goreng menempati urutan kedua dalam survei mengenai makanan terpopuler dunia yang pernah dilakukan oleh CNN?

 

Bahkan ketika berkunjung ke Indonesia, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, berkali-kali mengekpresikan kesukaannya terhadap makanan yang bisa kita temui di pinggir jalan sampai hotel bintang 5 ini.

 

Artikel terkait: Buat kamu yang hobi makan!

  1. 5 Restoran dengan Menu Salted Egg Paling Populer di Jakarta
  2. Coba 3 Resep Camilan Sederhana Berbahan Dasar Roti Ini, Yuk!
  3. 3 Resep Hidangan Murah Meriah untuk Rayakan 17-an di Komplek Rumah

 

2. Ayam Goreng

Beda dengan ayam goreng di luar yang biasanya mengandalkan tekstur renyahnya, ayam goreng Indonesia biasa diolah dengan bumbu rempah, yang menjadikannya lebih lezat dan punya rasa yang kuat.

Apalagi kalau sudah ditambah sambal, nggak usah ditanya. Kamu coba deh cek di YouTube, banyak bule yang bikin video reaksi mencicipi ayam goreng Indonesia, dan hasilnya,  ya… ketagihan!

 

3. Gudeg

Makanan favorit bule-bule kalau sedang berkunjung ke Yogyakarta nih. Jangankan bule sih, saya juga kalau ke Jogja harus makan ini. Pada tanggal 8 September 2017 kemarin, KBRI Indonesia di Canberra mengadakan acara Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia yang bertema “The Unforgettable Jogjakarta”.

 

Dalam sesi kulinernya, gudeg berhasil mencuri perhatian para pengunjungnya. Dari mulai demo memasaknya pun, makanan yang berbahan dasar buah nangka ini sudah dikerubuti, lho!

 

4. Nasi Padang

Dari olahan daging sapi, daging ayam, ikan, sayuran, semua ada di sini. Belum lagi kuah makanannya yang untuk sebagian orang sudah cukup ditambah dengan nasi. Siapa yang bisa menolak?

 

Kamu tahu Audun Kvitland? Dia adalah penyanyi asal Norwegia yang bikin lagu tentang nasi Padang saking jatuh cintanya pada menu ini. Ketahuan kan bagaimana dahsyatnya makanan khas Sumatera Barat ini.

 

Pinjaman tanpa agunan tunaiku

 

5. Bakso

Dua kali menghadiri Meet and Greet di Indonesia membuat Marc Marquez, pembalap Moto GP yang sudah menjadi juara dunia sebanyak 3 kali ini ketagihan bakso. Hehe. Walaupun menurutnya rasanya agak pedas di ‘lidah Eropa’-nya, hal itu nggak membuat dia untuk nggak mencoba lagi makanan berkuah yang menyegarkan ini.

 

6. Nasi Uduk

Makanan favorit saya. Dimasak menggunakan santan membuat nasi uduk sangat gurih dan wangi. Ditambah dengan telur oseng, telur rebus, bihun, dan tempe, nasi uduk siap dimakan kapan saja dan di mana saja.

 

Di daerah Cikini, jam pulang kantor, saya suka menemukan bule-bule yang sedang asyik memakan makanan ini. Seperti yang ada di video ini, warung pinggir jalan yang agak kumuh pun nggak membuat para bule ini mundur untuk menikmati makanan yang satu ini.

 

7. Soto Ayam

A post shared by Hayfa (@evanovsky) on

Sarah Sanguin Carter, aktris Kanada yang paling dikenal publik sebagai Maggie di serial Falling Skies ternyata fans berat soto. Ya, saat sedang syuting film di Indonesia, Sarah benar-benar nggak bisa lepas dari makanan berkuah ini.

 

“Setiap hari selama tiga minggu berturut-turut, menu makan siang saya adalah soto ayam. Saya selalu memesan soto ayam, ini sungguh gurih dan lezat,” katanya.

 

Enak sih enak ya Mbak, cuma nggak bosen tuh? Hehehe.

 

8. Sate

Menurut Chef Yono, koki asal Indonesia yang memiliki bisnis restoran di Amerika, sate adalah salah satu makanan yang paling dicari oleh orang Amerika.

 

“Rasa keaslian dari daging yang dipakai serta proses pemasakan yang sederhana membuat orang bule sangat tertarik dan ketagihan untuk menyantapnya,” paparnya.

 

Lihat juga bagaimana food vlogger Mark Weins jatuh cinta sama sate, di video ini.

 

9. Gado-gado

Banyak orang asing yang menganggap gado-gado adalah Indonesian salad. Kalau dipikir ya benar juga sih, kan gado-gado isinya memang sayuran segar, nggak jauh beda sama salad. Bedanya gado-gado disiram dengan bumbu kacang dan bisa ditambah lontong kalau mau.

 

Kabarnya vokalis band Amrik, Vertical Horizon, Matt Scannel, benar-benar jatuh cinta dengan makanan yang juga bisa dicampur dengan nasi ini, lho. Bahkan, chef dunia, Jammie Ovliver pernah mencoba memasak gado-gado saking jatuh cintanya dia pada masakan yang satu ini.

 

 

Artikel terkait: Wisata kuliner yuk!

  1. 5 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungi
  2. Tren Bisnis Oleh-oleh Kuliner dari Para Seleb Tanah Air
  3. Perbandingan Harga 5 Kedai Kopi Susu yang Sedang Hits di Jakarta

 

10. Mie Goreng

Selain mie goreng, nasi goreng juga jadi salah satu kuliner Indonesia yang banyak disukai orang asing. Meski agak mirip dengan Chinese food, mie goreng Indonesia banyak disukai karena rasanya yang gurih manis, karena eksistensi kecap manis yang khas Indonesia.

 

Lihat deh gimana para anggota Fung Bros, food vlogger terkenal asa Amrik ini suka banget sama mie goreng. Dan bukan hanya mie goreng beneran, mie goreng instan yang tersohor asal Indonesia pun jadi favorit banyak banget orang asing. Bahkan sering didaulat sebagai mie instan terbaik. Hehehe. Nggak percaya? Coba aja kamu cari di YouTube “try Indonesia mie goreng”. Pasti langsung paham deh.

 


Gimana, selera kamu sama seperti bule-bule nggak? Apa makanan Indonesia favorit kamu?

 

Oh ya, beralih dari makanan nih, buat kamu yang sedang ada kebutuhan uang mendesak, kamu bisa coba ajukan pinjaman online  di Tunaiku, lho.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett