Beranda > Gaya Hidup > 10 Apartemen Super Kecil di Seluruh Dunia

10 Apartemen Super Kecil di Seluruh Dunia

10 Apartemen Super Kecil di Seluruh Duniawatermark

TUNAIKU.COM – Di kota-kota besar dunia dengan biaya hidup selangit, mencari hunian layak adalah tantangan terbesar. Jumlah manusia yang masuk tak sebanding lurus dengan sediaan lahan. Untuk memenuhi tuntutan atap bernaung, mau tak mau harga sewa pun membengkak, namun dengan luas seadanya, yang biasa disebut micro-house atau micro-apartement.

Di artikel kali ini, Tunaiku berikan contoh 10 apartemen super kecil di seluruh dunia yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala sekaligus juga menjadi inspirasimu!

 

1. Micro-apartement bekas mall, Rhode Island Amerika Serikat

Awalanya bangunan ini merupakan bangunan kuno abad 19 yang disulap menjadi mall pertama di Amerika Serikat. Tapi kemudian, beralih fungsi menjadi bangunan untuk 48 micro-apartement seluas 20 – 25 m2 dengan harga sewa Rp 11 – 20 juta/bulan.

 

2. Micro-apartement 8 m2 Paris

Salah satu apartemen terkecil di Paris hanya seluas 7 m2! Mengakali space yang super terbatas ini, hampir seluruh kebutuhan seperti kamar tidur, lemari, ruang makan, dikemas dalam satu ‘lemari besar’ yang dilekatkan ke dinding.

 

3. Micro-apartement 8 m2, Manhattan

Dengan merogoh kocek sekitar Rp 10 juta, Felice Cohen mendapatkan micro-apartement seluas 8 m2 di jantung kota Manhattan, New York. Walaupun terlihat sangat kecil, ruangan ini ternyata mampu memuat toilet kecil, tempat tidur tingkat, dapur dengan kulkas dan microwave, bahkan meja bekerja.

 

Artikel terkait: Kriteria rumah idaman

  1. Pengen Beli Rumah? Ini Dia 6 Tipe Hunian yang Bisa Dipilih sesuai Kebutuhan dan Budget-mu
  2. Mendingan Beli Rumah di Kompleks Perumahan atau Cluster?
  3. Tips Renovasi Rumah Mudah dan Murah

 

4. Micro-apartment 7,2 m2 di Manhattan

Arsitek Luke Clark Tyler membuktikan kepiawaiannya merancang hunian mininya yang seluas 7,2 m2. Walaupun sempit, micro-apartment Luke memiliki langit-langit yang tinggi sebagai kompensasi. Untuk furnitur, Luke sengaja merancang sendiri dari bahan plywood supaya pas dengan kebutuhan.  

 

5. Keret House di Warsawa, Poland

Menempati ruang di antara dua bangunan, Keret House menyandang gelar hunian tersempit di Polandia. Dengan jarak terlebar sebesar 48 inchi (1,2 m) dan jarak tersempit 3,6 inci (0,9 m), maka rumah ini memang hanya dapat menampung ruang gerak 1 orang saja.

 

6. Micro apartment 13 m2 di Polandia

Sedikit lebih besar daripada Keret House, micro-apartement yang ditempati oleh pria bernama Szymon Hanczar ini hanya seluas 13 m2, yang mencakup dapur mini, spot belajar, tempat tidur, dan toilet. Meskipun kecil, micro-apartment ini memiliki tata ruang yang baik.

 

7. Micro-apartment 8 m2 di Tokyo

Tokyo memang terkenal dengan huniannya yang super-hemat tempat. Seperti yang dihuni oleh Emma. Dengan luas total hanya 8 m2, merentangkan tangan pun enggak bisa lho! Tapi, hunian mungil ini bisa mengakomodasi kebutuhan utama berupa tempat tidur, dapur, toilet, bahkan meja belajar yang nyaman.

 

8. Footprint Thurman, micro-apartement 18 m2 di Portland

Tren micro-apartment sudah dikenal di Portland sejak 2013. Footprint Thurman adalah salah satunya. Tanah yang awalnya merupakan satu rumah keluarga berukuran normal, disulap menjadi 56 micro-apartment seluas kurang dari 18 m2, dengan satu dapur bersama.

 

9. Micro-apartment 17 m2 di Seoul, Korsel

Micro-apartmen di Korea dengan harga yang afforable bagi milennial di sana biasanya berkisar Rp 5 jutaan dengan luas kurang lebih 17 m2. Sebenarnya cukup nyaman ditinggali. Apalagi kalau punya ventilasi yang cukup besar dan pemilihan warna dinding yang dominan putih.

 

10. Micro-apartment 11 m2 di Paris

Julie Nabuchet, adalah arsitek di balik tata ruang micro-apartment dengan luas 11m2 ini. Space-saving yang diandalkan Julie adalah dengan membagi ruangan menjadi dua bagian: tempat tidur dan dapur dengan plywood box yang juga berfungsi sebagai kabinet dapur. Dan tempat tidur berupa sofa sekaligus ranjang yang bisa dilipat. Simple!

 

Artikel terkait: Kebijakan terkait hunian

  1. Wujudkan Mimpimu Miliki Rumah dengan Memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Buat Kamu yang Berencana Mengajukan KPR, Simak 5 Mitos KPR Berikut Ini!
  3. Ingin Punya Rumah Baru di Tahun 2017? Pinjaman KTA Tunaiku Bisa Bantu KPR-mu!

 

Secara fungsi, micro-apartment mungkin dapat menjadi solusi bagi mereka, terutama yang masih hidup sendiri, untuk dapat memiliki hunian dengan lokasi strategis di jantung kota. Karena ukurannya yang sangat-sangat terbatas tentunya memang ada kenyamanan yang harus dikorbankan. Tapi, dengan tata ruang yang tepat, micro-apartment bisa juga kok menjadi tempat tinggal yang nyaman..

 

Menurutmu sendiri gimana, Kawan Tunaiku? Kira-kira mau coba enggak?

 

Oh, ya… Sebelum keluar laman ini, jangan lewatkan juga solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

Tunaiku, pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Yuk, segera daftarkan aplikasimu di sini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett