Beranda > Finansial > Sewa Kantor Pertama? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Tunaiku Aja!

Sewa Kantor Pertama? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Tunaiku Aja!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Sewa Kantor Pertama? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Tunaiku Aja!watermark

TUNAIKU.COM- Kantor pertamamu mungkin akan menjadi titik balik yang cukup penting bagi bisnis yang tengah kamu jalankan. Jadi, jangan pernah asal-asalan dalam memilih kantor sewaan. Karena, kondisi kantor sewaan juga bisa menjadi pendukung tim kamu untuk tumbuh dan berkembang.

 

Belum punya cukup modal untuk menyewa kantor yang layak? Nah, kamu bisa pakai KTA dari Tunaiku, lho. Dengan KTA ini, kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk modal awal menyewa sebuah kantor. Kamu nggak perlu bingung dan berpikir ribet karena syarat mengajukan KTA di Tunaiku itu sangat mudah: cukup berbekal KTP saja. Mudah bukan?

 

Nah, kalau kamu sudah berhasil mendapatkan modal untuk menyewa kantor, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Kira-kira apa saja? Yuk, cek ulasannya di bawah ini.

 

Artikel terkait: Membuka Usaha Dengan KTA

  1. Jajal Bisnis Food Truck Pakai Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku, Yuk!
  2. Kiat Sukses Berbisnis Kafe Lewat Pinjaman Tanpa Agunan!
  3. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah

 

  1. Pilih Lokasi Kantor yang Menguntungkan

Lokasi adalah hal terpenting dalam memilih kantor sewaan. Kamu perlu memerhatikan lokasi kantormu agar mudah dijangkau oleh seluruh anggota tim bisnismu. Lokasi kantor yang berdekatan dengan domisili anggota tim akan menambah dedikasi anggota tim dalam menjalankan pekerjaan mereka. Ini jadi hal yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnismu, bukan?

 

Selain itu, memilih lokasi kantor yang strategis juga sangat penting untuk dilakukan. Pilih kantor yang mudah dijangkau oleh orang lain. Kamu juga bisa memilih kantor yang dekat dengan transportasi umum, jembatan penyebrangan, atau pada titik-titik di mana orang lain mudah menemukan kantor tersebut. Memilih kantor pada daerah di mana banyak terdapat pusat keramaian seperti restoran, kafe, atau pasar swalayan juga lebih menguntungkan.

 

  1. Pastikan Kontrak Sewa Jelas

Sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah kantor, kamu perlu pastikan bahwa surat kontrak sewa properti yang akan kamu sewa sudah jelas. Pilihlah kantor dengan harga sewa yang nggak mencekik anggaran biaya bisnismu namun memiliki fasilitas yang cukup mendukung. Dalam menentukan harga sewa sebuah kantor, kamu juga harus paham fasilitas apa saja yang masuk dalam biaya sewa. Misalnya biaya listrik, telepon, dan segala fasilitas pendukung lainnya. Pastikan semua fasilitas masuk ke dalam surat kontrak.

 

  1. Memiliki Ruang Pertemuan

Tak sekadar berisi ruangan kerja, pastikan kantormu juga memiliki fasilitas ruang pertemuan. Ruang ini akan berguna bagi tim untuk melakukan rapat atau konferensi yang biasanya membutuhkan ruangan lebih besar. Fasilitas dalam ruang pertemuan juga perlu diperhatikan kelengkapannya, seperti meja dan kursi serta layar proyektor, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

 

  1. Renovasi Gedung

Saat menyewa sebuah kantor baru, beberapa renovasi mungkin akan dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis mu. Dalam hal ini, kamu perlu tahu siapa yang harus bertanggung jawab dalam membayar biaya renovasi tersebut. Selain itu, apa saja renovasi yang dapat kamu lakukan di kantor baru mu tersebut. Misalnya saja renovasi dapat dilakukan hanya sebatas penggantian cat, karpet, furnitur, ataukah kamu bisa melakukan konfigurasi ulang ruang pada bangunan tersebut. Pastikan kamu sudah mendapatkan persetujuan dari penyewa dan sudah disepakati dengan jelas di awal pengerjaan, ya, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

 

  1. Perpanjangan Sewa dan Eskalasi Harga Sewa

Biasanya tuan tanah akan memberikan bebas sewa selama satu hingga dua bulan sebelum akhirnya menetapkan harga sewa pertahunnya. Kemudian, untuk melakukan perpanjangan sewa, kamu juga perlu teliti dalam membaca peluang dan situasi bisnis yang ada. Terlebih, kalau tuan tanah menuntut adanya eskalasi harga sewa di tiap pergantian tahun. Ini mungkin akan sedikit merugikan bagi kamu. Tapi, kamu bisa melakukan negosiasi dengan tuan tanah agar harga yang dipatok tidak terlalu mencekik anggaran belanja bisnismu.

 

Itu dia beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menyewa kantor. Lakukan hal di atas agar kamu nggak banyak merugi ketika memutuskan untuk menyewa kantor, ya.

 

Artikel Terkait: Jadi Pegawai Kantor

  1. Walau Gaji Tak Besar, Ini 5 Hal yang Bisa Tetap Kamu Syukuri
  2. 5 Tunjangan Lain Paling Dicari Selain Gaji
  3. 5 Alasan Kamu Sulit Dapat Promosi Di Kantor

 

4


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett