Beranda > Finansial > Sebelum Investasi Properti, Kenali Dulu Istilah yang Sering Digunakan Berikut Ini!

Sebelum Investasi Properti, Kenali Dulu Istilah yang Sering Digunakan Berikut Ini!

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Sebelum Investasi Properti, Kenali Dulu Istilah yang Sering Digunakan Berikut Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Pada umumnya, mendalami dunia investasi nggak mudah, karena bisa dibilang cukup rumit dan kompleks. Ada banyak jenis investasi yang bisa jadi pilihan. Masing-masing investasi pun memiliki aturan main yang berbeda, termasuk investasi properti.

 

Kamu penasaran dengan investasi properti dan ingin mencobanya? Investasi properti memang bakal memberikanmu keuntungan yang cukup besar, apabila kamu paham dengan aturan mainnya. Eits, tetapi jangan buru-buru dulu. Sebelum berinvestasi, baiknya kamu mempelajari beberapa istilah ini, sebagai langkah awal menyelami dunia investasi properti. Simak baik-baik di sini, yuk!

 

Artikel Terkait: Jenis-jenis Investasi Menarik dan Nggak Salah Buat Kamu Coba!

  1. Tertarik Investasi Surat Berharga Perpetual, Yuk Kenali Skema Investasi Ini!
  2. 6 Langkah Mudah Membeli dan Menjual Obligasi, Yuk Intip Caranya!
  3. 6 Tips Jitu Memilih Apartemen Bagi Investor Pemula

 

1. Superblok

Superblok sering juga disebut dengan istilah ‘kota dalam kota’. Area superblok merupakan area kota mandiri. Tujuan didirikannya kawasan ini adalah untuk mengintegralkan berbagai fungsi yang ada di dalamnya. Fasilitas perkantoran, pemukiman, pusat perbelanjaan, dan tempat rekreasi, berbaaur menjadi satu dan saling melengkapi satu sama lain, untuk memenuhi kebutuhan para penghuninya.

 

2. Masterplan

Masterplan merupakan area dengan rencana pembangunan yang cukup besar. Pembangunan ini dirancang oleh satu atau beberapa developer. Biasanya, ide pembangunan ini bertujuan untuk pengembangan kota satelit.

 

3. BPHTB

BPHTB merupakan kepanjangan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan. Biaya ini merupakan pungutan atas diperolehnya hak tanah dan bangunan. Pungutan yang harus kamu bayarkan adalah 5% dari perolehan objek pajak.

 

4. Sunrise property

Properti yang baru berkembang dan memiliki nilai stabil, biasa disebut dengan sunrise property. Apabila dilihat berdasarkan lokasi, sunrise property terletak di kawasan yang stabil dan baru berkembang, atau tempat yang baru saja direhabilitasi.

 

5. Sunset property

Kebalikan dari sunrise property, sunset property mengacu pada properti yang sudah tua dan kualitasnya sudah menurun. Properti seperti ini nggak baik dipertahankan secara ekonomi.

 

6. Capital gain

Merupakan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan yang nilainya bisa lebih besar dibandingkan dengan harga pembelian.


7. Indent

Pembelian dengan pemesanan terlebih dahulu, biasa disebut dengan indent. Misalnya, kamu melakukan deposit 20%-30% dari harga jualnya. Kemudian developer akan membangun rumah sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

 

8. Okupansi

Ini merupakan istilah yang merujuk pada sejumlah unit yang sudah disewa. Misalnya saja, gedung perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan.

 

9. Loss transaction

Merupakan istilah yang muncul saat ada biaya yang hilang ketika membeli properti. Hal ini disebabkan oleh biaya-biaya tak terduga. Misalnya pembayaran broker, pajak PPH, BPHTB, dan lain sebagainya.

 

Artikel Terkait: Bertekad Membangun Sebuah Bisnis, Informasi Berikut Bisa Membantu Mengarahkanmu!

  1. 5 Alasan yang Membuatmu Semakin Mantap Memulai Bisnis
  2. Nggak Harus Punya Partner, ini 7 Alasan Kamu Bisa Menjalani Bisnis Sendiri
  3. Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Ini

 

10. Yield

Merupakan istilah lain dari keuntungan yang didapat. Dapat dihitung dengan cara membagi nilai sewa per tahun dengan harga properti. Contohnya harga properti sebesar Rp100 juta, sedangkan harga sewanya Rp5 juta. Berarti yield properti ini persentasenya sebesar 5%.

 

Istilah-istilah ini akan sering muncul kalau kamu sudah menjalankannya. Sudah siapkah kamu berinvestasi properti?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett