Beranda > Finansial > Pilih Investasi Perhiasan Emas, Cek Keuntungan dan Kerugiannya!

Pilih Investasi Perhiasan Emas, Cek Keuntungan dan Kerugiannya!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Pilih Investasi Perhiasan Emas, Cek Keuntungan dan Kerugiannya!watermark

TUNAIKU.COM – Ketika jalan-jalan ke toko emas, saya mengamati bahwa perhiasan emas masih sangat digandrungi, terutama oleh kaum hawa. Beberapa kenalan saya juga menjadikan perhiasan emas sebagai investasi. Apalagi, perhiasan emas juga dikenakan untuk menunjukkan status sosial.

 

Saya sendiri nggak pernah kepikiran untuk investasi perhiasan emas, karena saya biasanya lebih memilih emas batangan. Karena itu, saya jadi penasaran. Sebenarnya investasi emas dalam bentuk perhiasan itu menguntungkan, nggak sih?

 

Artikel terkait: Berbagai pilihan instrumen investasi

  1. Biar Nggak Rugi, Yuk, Kenali Kenali Investasi Reksa Dana dan Cara Perhitungannya
  2. Reksa Dana, Saham, Properti: 3 Jenis Investasi yang Cocok bagi Anak Muda. Simak …
  3. Menguntungkan tapi Berbahaya, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Investasi B…

Ini kelebihan investasi perhiasan emas :

1. Ada beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan isi kantong

Perhiasan yang biasa dijual umumnya nggak murni dan memiliki kadar emas yang beragam. Memang, agar dapat diolah sebagai perhiasan, emas biasa dicampur dengan bahan logam lain agar lebih keras. Nah, perhiasan yang saya temukan umumnya berkadar 90% (22 karat), 75% (18 karat), dan 50% (12 karat).

 

Beda dengan emas batangan yang kadarnya 100% atau 24 karat, perhiasan emas dengan berat yang sama bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah, sehingga pembeliannya dapat disesuaikan dengan isi kantongmu.

 

2. Bisa dikenakan untuk mempercantik penampilan

Namanya juga perhiasan, tentunya benda ini bisa dimanfaatkan untuk memperindah penampilan kamu. Perhiasan emas juga dikenakan untuk menunjukkan status sosial. Jadi, selain bikin penampilanmu makin menarik, memakai perhiasan emas juga menjadi kebanggaan tersendiri.

 

3. Gampang dicari

Setiap toko emas pasti memamerkan perhiasan emas sebagai dagangannya. Selain di toko emas, kamu juga bisa menemukannya di mall maupun di pasar.

 

4. Mudah diuangkan

Seperti halnya emas batangan, perhiasan emas juga mudah diuangkan dengan cara dijual kembali atau digadaikan. Sangat bermanfaat kalau kamu tengah membutuhkan dana darurat.

 

Berikut kekurangan investasi perhiasan emas :

1. Nilai jual yang lebih rendah

Pada saat membeli perhiasan emas, kamu akan dikenai beberapa variabel biaya tambahan. Antara lain, biaya logam campuran, biaya desain, dan biaya pembuatan. Semakin rumit desainnya, semakin tinggi biayanya. Sementara, jika kamu menjual kembali perhiasan ini, yang dinilai biasanya hanya kadar emasnya saja, sehingga nilai jualnya jadi lebih rendah.

 

2. Perlu perawatan khusus

Kalau sering dipakai, perhiasan emas bakal mudah kusam atau rusak. Makanya, kamu perlu menyiapkan dana untuk melakukan perawatan agar perhiasan tersebut tetap terlihat indah.

 

3. Gampang jadi sasaran kejahatan

Bukannya mau menakut-nakuti, tapi saya kerap membaca berita tentang kejahatan yang mengincar perhiasan emas. Modusnya pun beragam, mulai dari jambret hingga gendam. Tentunya, kamu patut waspada saat mengenakan perhiasan emas di tempat umum.

 

Trik berinvestasi perhiasan emas agar untung

Variabel biaya yang saya jelaskan tadi memang bikin investasi perhiasan emas tampak kurang menguntungkan. Tapi, sebenarnya kamu bisa mengambil untung, atau setidaknya meminimalkan kerugian, dengan menerapkan trik berikut ini.

1. Anggaplah nilai yang turun sebagai depresiasi

Depresiasi adalah penyusutan nilai suatu aset sesuai umur ekonomisnya. Misalnya, kendaraan yang biasa dipakai tentu mengalami penyusutan nilai, sehingga nilai jual kembalinya bakal lebih rendah dibandingkan harga barunya. Seperti halnya kendaraan, perhiasan yang dipakai juga bisa kita anggap mengalami penyusutan.

 

2. Dijual kembali saat nilai emas naik

Kalau mau betulan untung, juallah saat selisih harga emas antara beli dan jual sudah melampaui biaya pembuatan yang kamu keluarkan. Sebagai contoh, anggaplah kamu membeli perhiasan emas dengan harga Rp 500.000 ditambah biaya pembuatan Rp 25.000 per gramnya. Jika ingin menjual perhiasan tersebut, lakukanlah ketika harga emas sudah melampaui Rp525.000 per gramnya.

 

3. Pilih perhiasan dengan kadar emas tinggi dan desain klasik agar biaya pembuatannya lebih murah

Semakin rendah kadar emasnya atau semakin rumit modelnya, biaya pembuatan yang kamu keluarkan bakal semakin tinggi. Untuk menghindari hal ini, pilih desain klasik yang nggak rumit dengan kadar emas yang tinggi.

 

Artikel terkait: Tips berinvestasi.

  1. 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rekan Investasi
  2. 11 Informasi Penting untuk Mahasiswa yang Ingin Berinvestasi Emas
  3. Ingin Berinvesitasi tapi Tidak Tahu Caranya? Pahami 6 Hal Ini

 

Pada dasarnya, investasi perhiasan emas juga nggak kalah menguntungkan, kok, asal kamu cukup bersabar dan bisa menerapkan trik yang tepat untuk mengambil keuntungan.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett