Beranda > Finansial > Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!

Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!watermark

TUNAIKU.COM – Menjelang Lebaran, banyak sekali pusat perbelanjaan yang menawarkan promo potongan harga. Bukan nggak mungkin barang yang sudah lama kamu impikan ikut-ikutan terkena potongan harga yang besar menjelang Lebaran ini.

 

Saya pun memanfaatkan momen Lebaran ini untuk membeli kebutuhan fashion yang saya sukai seperti sepatu. Meski harus menunggu cukup lama agar harganya murah karena diskon Lebaran, menurut saya itu adalah hal yang cukup menguntungkan karena menjelang Lebaran uang THR dari tempat kerja juga turun.

 

Namun, ternyata menggunakan uang THR harus bijak. Jangan sampai karena saking banyaknya promo kita jadi menghabiskan semua uang tersebut, padahal kebutuhan saat Lebaran bisa saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Biar nggak kalap saat berbelanja, yuk simak tips-tips membelanjakan uang THR ini.

 

1. Buat perencanaan keuangan

Sebelum pergi berbelanja, sebaiknya kamu sudah anggarkan dulu berapa uang maksimal yang akan kamu gunakan untuk berbelanja. Tentunya uang ini sudah termasuk uang THR maupun non-THR. Buatlah skala prioritas berupa barang-barang apa yang kamu paling butuhkan untuk dibeli, sehingga saat berbelanja, kamu akan membeli barang-barang yang bermanfaat daripada barang yang hanya berupa keinginan saja.

 

Kamu harus selalu ingat bahwa kebutuhan saat Lebaran nanti juga bisa membutuhkan banyak biaya seperti untuk mudik dan memberikan amplop Lebaran kepada sanak saudara. Jadi, bijaklah dalam menggunakan uang saat belanja Lebaran, ya.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur THR

  1. THR Aman, Buat 5 Pos Pengeluaran Ini!
  2. Mau #berbagi5enyum dengan “THR” Saat Lebaran? Yuk, Siapkan Uang Receh dari Sekarang!
  3. 5 Cara Bijak Kelola Uang THR agar Hasilnya Terlihat Nyata

 

2. Survei barang yang ingin kamu beli terlebih dahulu

Terkadang barang yang kamu cari belum tentu tersedia di pusat perbelanjaan. Jadi, alangkah baiknya jika kamu melakukan survei singkat dulu barang-barang yang ingin kamu beli, berapa harganya dan ada diskon atau nggak.

 

Saat survei, janganlah dulu membawa uang agar kamu nggak langsung membeli barangnya saat melihat di toko. Pasalnya, siapa tahu di toko lain ternyata barang yang kamu incar harganya lebih murah?

Jika kamu nggak menemukan barang incaran di toko fisik, kamu juga bisa melakukan survei di toko online atau marketplace, karena biasanya menjelang Lebaran mereka akan memberikan diskon besar-besaran.

 

3. Nggak melulu di mal, kunjungilah pusat grosir

Mall memang menawarkan barang-barang mewah dan bermerek. Namun, barang-barang kebutuhan Lebaran pun nggak harus yang bermerek mewah, bukan? Agar lebih hemat, kamu bisa mengunjungi pusat grosir yang menyediakan barang-barang kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah.

 

Nggak perlu gengsi datang ke pusat grosir seperti di Tanah Abang atau Cipulir, bukankah yang penting barang-barang yang kamu butuhkan semuanya bisa dibeli tanpa menghabiskan uang di rekening kamu?

 

4. Promo dari dompet digital juga bisa dimanfaatkan

Saat ini dompet digital sudah menjamur dan mudah digunakan, dari DANA, GoPay, Link Aja hingga OVO mulai akrab digunakan baik di toko offline maupun toko online. Menjelang Lebaran, mereka juga bisa memberikan promo yang menguntungkan kita, bisa berupa cashback atau potongan harga. Kamu bisa memanfaatkan dompet digital ini untuk menghemat.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi THR

  1. Ikuti Cara Bijak Mengelola THR Ini Agar #TunaikanRamadan dengan Tenang
  2. Ini 5 Kebiasaan Beracun yang Bikin THR Habis Begitu Saja
  3. Ini Caramu Menghabiskan THR Berdasarkan Zodiak

 

5. Cari barang lewat Instagram

Instagram sudah menjadi sosial media yang luas dan digunakan banyak orang termasuk para pedagang. Kini mencari barang yang dibutuhkan bisa lebih mudah dengan mengetikan hashtag barang yang kita cari di kolom pencarian. Harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah karena penjual nggak membutuhkan modal yang besar karena nggak memiliki toko fisik.

 

Enaknya lagi, kamu juga bisa langsung mencari diskon dengan menuliskan hashtag yang berhubungan dengan diskon seperti #PromoLebaran atau #DiskonLebaran di kolom pencarian. Siapa tahu barang incaranmu termasuk dalam promo Lebaran itu.

 

Mudah bukan, menjaga agar uang THR nggak langsung ludes saat berbelanja untuk Lebaran? Yuk, terapin tips-tips ini dan mulai hunting barang kebutuhanmu untuk Lebaran, ya. Selamat berbelanja!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett