Beranda > Finansial > Kiat Hemat Belanja Perlengkapan Bayi yang Lengkap

Kiat Hemat Belanja Perlengkapan Bayi yang Lengkap

Kiat Hemat Belanja Perlengkapan Bayi yang Lengkapwatermark

Saat menanti kelahiran, biasanya ibu hamil memiliki kesibukan baru yaitu mempersiapkan segala perlengkapan bayi. Para ibu menginginkan seluruh perlengkapan bayi yang dibutuhkan telah tersedia semua saat sang buah hati lahir. Walau demikian, bukan berarti si ibu harus boros dalam membelanjakan uangnya untuk perlengkapan bayi kan? Berikut ini merupakan kiat belanja perlengkapan bayi dengan hemat, namun tetap lengkap:

 

1. Membuat daftar belanjaan

 

Sebelum membeli, sebaiknya membuat daftar belanjaan perlengkapan bayi tersebut. Tuliskan seluruh barang yang memang dibutuhkan secara rinci. Dengan membuat daftar belanja, Anda tidak akan membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan.

 

2. Menghitung dan menentukan anggaran yang dibutuhkan

 

Setelah membuat daftar belanjaan, Anda bisa memprediksi harga kemudian menghitung seluruh total anggaran yang dibutuhkan. Dengan mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan, Anda bisa membuat patokan jumlah budget yang harus dikeluarkan. Hal ini juga berguna agar Anda tidak mengeluarkan budget berlebih.

 

3. Membeli barang grosir dan barang diskon

 

Anda bisa memanfaatkan harga murah dari pembelian secara grosir. Dengan membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa menghemat pengeluaran karena biasanya harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli secara eceran. Misalnya saja popok bayi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan barang yang sedang diskon. Barang diskon bukan berarti kualitasnya jelek, sehingga Anda tidak perlu merasa gengsi.

 

4. Membeli barang dengan ukuran satu nomor lebih besar

 

Biasanya masa tumbuh kembang bayi yang baru lahir berlangsung sangat cepat. Bisa saja hari ini pakaian yang dikenakannya pas, namun satu minggu lagi sudah tidak muat. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda membeli perlengkapan bayi yang ukurannya satu nomor lebih besar. Sehingga nantinya barang tersebut bisa dipakai lebih lama. Namun jangan pilih yang terlalu kebesaran juga.

 

5. Mencari barang bekas atau meminjam

 

Biasanya kereta dorong bayi atau tempat tidur bayi merupakan barang yang tidak akan dipakai secara lama. Banyak barang-barang seperti itu yang dijual di beberapa toko online atau pasar loak. Anda tidak harus membeli baru kan? Toh barang-barang tersebut hanya dipakai sementara saja. Biasanya harganya akan dibanderol lebih murah. Namun jangan lupa untuk memerhatikan kualitasnya saat membeli. Selain itu, Anda juga bisa meminjam kepada saudara atau rekan Anda. Tidak perlu gengsi untuk meminjam. Biasanya banyak orang yang menyimpan perlengkapan bayinya yang sekali pakai saja. Daripada harus membeli dengan harga yang cukup mahal, Anda bisa meminjam barang milik mereka. Barang tersebut pun menjadi berguna daripada hanya sekedar dianggurkan di rumah.

 

Beberapa kiat hemat belanja perlengkapan bayi dengan hemat yang lengkap di atas bisa Anda tiru. Anda harus selalu ingat bahwa pengeluaran setelah melahirkan akan sangat banyak. Sehingga sebisa mungkin Anda harus benar-benar bisa berhemat.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett