SWARA – Menerima uang THR di saat momen menuju Lebaran adalah bagaikan mendapat durian runtuh di siang hari. Karenanya, kamu akan memikirkan kembali berbagai daftar barang impian yang belum sempat kamu beli sebelumnya.

 

Tapi, jangan salah! Menggunakan uang THR hanya untuk keperluan pribadi adalah hal yang sangat keliru, karena kamu masih memiliki banyak keperluan lain yang harus dipenuhi saat momen Lebaran. Seperti, membeli kue Lebaran, anggaran untuk mudik, ataupun yang lainnya.

 

Nah, supaya kamu nggak keliru, berikut ini adalah 5 pos pengeluaran yang harus kamu buat untuk menggunakan uang THR. THR Aman, Lebaran pun senang! Yuk, simak selengkapnya!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang THR Lebaran

  1. Mau #berbagi5enyum dengan “THR” Saat Lebaran? Yuk, Siapkan Uang Receh dari Sekarang!
  2. Agar THR Tidak Cepat Habis, 4 Zodiak Ini Tahu Cara Mengatur Keuangan!
  3. 5 Cara Bijak Kelola Uang THR agar Hasilnya Terlihat Nyata

 

1. Tabungan pribadi

 

Anggap saja mendapatkan THR adalah sama dengan mendapat gaji bulanan, jadi harus ada sebagian yang harus disimpan ke dalam tabungan pribadi. Selain itu, menyimpan sebagian uang THR langsung ke rekening tabungan adalah sebagai bentuk pencegahan supaya uang THR tidak mudah habis dalam sekejap.

 

2. Keperluan dan kebutuhan pribadi

 

Setelah menyimpan THR ke rekening tabungan, sisihkan sebagian uang THR mu untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan pribadimu. Seperti, membeli pakaian lebaran, kue-kue lebaran, ataupun bingkisan yang ingin diberikan kepada keluarga.

 

Dengan menggunakan uang THR, jadi kamu tidak akan mengganggu uang dari gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan untuk momen hari raya Lebaran.

 

3. Zakat, infak, dan sodaqoh

 

Setelah itu, kamu juga harus sisihkan uang dari THR tersebut untuk membayar zakat. Untuk setiap muslim, membayar zakat menjelang hari raya adalah wajib hukumnya. Maka dari itu, kamu bisa gunakan uang dari THR untuk membayar zakat fitrah.

 

Selain untuk membayar zakat, kamu juga bisa memberikan infak atau sodaqoh kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini bisa menjadi bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas segala rezeki yang telah diperoleh selama ini.

 

4. Berikan untuk orang tua

 

Kemudian, jangan lupa, kamu juga harus berikan sebagian dari uang THR mu untuk orang tua. Dari setiap rezeki yang kamu peroleh, usahakan untuk selalu memberikan sebagian untuk orang tuamu.

 

Berapa pun nilai yang diberikan, mereka pasti akan bahagia jika mendapatkan sesuatu dari anaknya. Jadi, memberi uang THR pada orang tua adalah salah satu bentuk untuk membahagiakan orang tuamu, lho!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang THR Lebaran

  1. Ikuti Cara Bijak Mengelola THR Ini Agar #TunaikanRamadan dengan Tenang
  2. Ini 5 Kebiasaan Beracun yang Bikin THR Habis Begitu Saja
  3. Ini Caramu Menghabiskan THR Berdasarkan Zodiak

 

5. Bagi-bagi THR ke keluarga

 

Buat kamu yang sudah memiliki penghasilan pribadi, membagikan THR atau angpao saat Lebaran adalah suatu bentuk “kewajiban”, terutama untuk para keponakan yang masih berusia muda. Nah, untuk itu, kamu bisa gunakan uang THR dari perusahaanmu untuk dibagikan kembali menjadi angpao Lebaran.

 

Walaupun nilainya tak seberapa, tapi percayalah mereka pasti akan senang. Terlebih, jika mereka mendapatkan uang baru yang masih fresh dari Bank. Untuk itu, jangan lupa untuk menukarkan uangmu sebelum bagi-bagi THR, ya!

 

Nah, itu tadi beberapa pos wajib dalam hal menggunakan uang THR yang kamu dapatkan saat momen Lebaran ini. Perlu diingat, jangan habiskan seluruh uang THR mu untuk keperluan pribadi, karena keperluan pribadi tak akan pernah ada habisnya! So, selamat ber-Lebaran ya semuanya!


dhandyDhandy Dwi Yustica