Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Perencanaan keuangan yang baik dapat dilakukan dengan membuat resolusi keuangan untuk keluarga, hal ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan perekonomian keluarga yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. 

 

Mengelola keuangan keluarga dengan resolusi keuangan akan membantu menjaga kestabilan finansial keluarga yang berkelanjutan.

 

Jika berkeluarga, pastinya tanggungan biaya akan lebih variatif sehingga perlu dibuat resolusi keuangan keluarga untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan mempengaruhi arus kas dan perekonomian keluarga.

 

Resolusi Keuangan memang harus direncanakan dengan baik. Ada beragam produk dari Amar Bank yang bisa membantu kamu mencapai resolusi keuangan di tahun ini. Cek selengkapnya di sini.

 

Resolusi Keuangan Keluarga Tahun 2022

 

Memasuki tahun yang baru, resolusi finansial keluarga akan menjadi kunci untuk keuangan keluarga yang lebih baik dan terarah.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa resolusi keuangan keluarga yang dapat diterapkan, yaitu:

 
1. Resolusi Biaya Pendidikan Anak

 

Salah satu resolusi keuangan keluarga yang sangat penting untuk direncanakan adalah resolusi biaya pendidikan anak. 

 

Biaya pendidikan anak merupakan kebutuhan yang harus dipertimbangkan dengan matang karena membutuhkan biaya yang besar.

 

Jika anak baru akan memulai atau masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dapat dimulai dari pemilihan sekolah yang diinginkan, level pendidikan, agar dapat melakukan perhitungan dan taksasi biaya yang dibutuhkan.

 

Untuk merencanakan biaya pendidikan anak, orang tua dapat melakukan survei ke beberapa pilihan sekolah yang diinginkan dengan tujuan melakukan perbandingan fasilitas maupun biaya yang akan dikeluarkan di masa depan. 

 

Dengan melakukan perbandingan dan menghimpun informasi biaya pendidikan, biaya yang akan dikeluarkan oleh keluarga untuk pendidikan akan lebih terukur. 

 

Artikel terkait: 8 Cara Sukses Menabung untuk Beli Rumah

 

2. Resolusi Perbaikan Kendaraan 

 

Umumnya, hampir setiap keluarga memiliki kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. 

 

Kendaraan pribadi membutuhkan biaya perawatan agar tetap dalam kondisi yang baik untuk dikendarai. 

 

Perawatan kendaraan biasanya telah terjadwal, oleh karena itu pengeluaran untuk perawatan sudah seharusnya menjadi bagian perencanaan keuangan keluarga.

 

Biaya-biaya perbaikan kendaraan seperti penggantian suku cadang, ban, baterai, sistem rem biasanya membutuhkan biaya yang tidak murah dan dapat mempengaruhi arus kas keluarga.

 

Selain itu, meskipun perawatan kendaraan pribadi telah dilakukan dengan baik, tidak jarang kendaraan tersebut juga mengalami kerusakan yang tidak terduga. 

 

Nah, dengan mencanangkan resolusi perbaikan kendaraan, nantinya biaya yang muncul untuk perbaikan kendaraan tidak akan memberatkan arus kas keluarga. 

 

3. Resolusi Liburan Keluarga

 

Selain biaya pendidikan dan perbaikan mobil, salah satu resolusi finansial keluarga yang mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit adalah liburan keluarga.

 

Di kota besar, liburan keluarga biasanya menjadi momen yang direncanakan oleh keluarga untuk dilakukan setiap tahunnya. 

 

Liburan keluarga sebagai kesempatan untuk memiliki waktu yang berkualitas di tengah kesibukan setiap anggota keluarga.

 

Oleh karena itu, perencanaan liburan keluarga dapat dilakukan dengan menentukan lokasi tujuan liburan keluarga baik di dalam maupun luar negeri.

 

Setelah mengetahui tujuan liburan, dilakukan perhitungan biaya akomodasi seperti tiket pesawat dan juga hotel atau tempat penginapan.

 

Dengan melakukan perhitungan biaya liburan keluarga, gambaran anggaran yang dibutuhkan untuk liburan keluarga sudah diketahui dengan jelas.

 

4. Resolusi Renovasi Rumah

 

Resolusi keuangan keluarga yang biasanya membutuhkan biaya yang sangat besar adalah renovasi rumah. 

 

Untuk menjamin kenyamanan tinggal anggota keluarga, memperbaiki, memperbarui bahkan menyempurnakan struktur rumah perlu untuk dilakukan. 

 

Renovasi kecil maupun besar akan membutuhkan biaya dalam pelaksanaannya.  

 

Oleh karena itu, penting dilakukan estimasi perhitungan biaya sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial keluarga. 

 

Biaya-biaya seperti tenaga kerja, jasa dan juga material, biaya pembelian tanah atau bangunan (jika berencana memperluas area rumah), dan juga biaya lain-lain perlu dilakukan perhitungan dengan baik.

 

Pemilihan waktu renovasi juga harus diperhatikan, karena jika dilakukan pada musim hujan dengan penggajian tenaga kerja harian, akan menambah perhitungan biaya.

 

Wujudkan segala resoulusi keuanganmu di tahun ini. Amar Bank sebagai solusi finansial dapat menjadi pilihan untuk kamu. Cek di sini.

 

Artikel terkait: Mau Renovasi Kamar Pakai Pinjaman? Persiapkan Dulu Hal-hal Ini

 

Tips Mengelola Keuangan Keluarga

 

Agar resolusi keuangan keluarga di tahun ini bisa berhasil, berikut ini beberapa tips untuk mengelola finansial keluarga di antaranya:

 

1. Mengelola Arus Kas

 

Sebelum melakukan perencanaan keuangan, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan arus kas keluarga.

 

Arus kas keluarga sebagai dasar untuk mengetahui kemampuan menabung dan juga investasi melalui pemasukan dan juga pengeluaran rutin keluarga. 

 

2. Menyisihkan Dana Darurat 

 

Kejadian yang tidak diharapkan dan memerlukan uang cepat tidak jarang terjadi di masa depan. 

 

Keuntungan dengan menyiapkan dana darurat akan sangat membantu. 

 

Besaran nominal dana darurat umumnya disarankan sejumlah biaya hidup yang dihabiskan untuk 3 atau 6 bulan ke depan, tapi hal tersebut kembali pada kemampuan finansial masing-masing keluarga. 

 

Agar arus kas keluarga tetap positif dan resolusi keuangan juga berjalan dengan baik, penyisihan dana darurat harus dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak direncanakan namun membutuhkan biaya. 

 

3. Membuat Deposito

 

Untuk mewujudkan resolusi keuangan keluarga, memiliki deposito adalah salah satu pilihan yang dapat dilakukan. 

 

Nah, investasi yang tergolong aman untuk keuangan keluarga adalah deposito. Jangan menunda untuk memiliki deposito.

 

Pilihlah bank yang menawarkan bunga dan biaya yang baik untuk memberikan return terhadap deposito yang dimiliki. 

 

Artikel terkait: 10 Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Belanja Impulsif di 2022

 

4. Berinvestasi

 

Berinvestasi adalah hal yang krusial dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. 

 

Dengan berinvestasi, diharapkan resolusi keuangan keluarga dapat diwujudkan.

 

Pilihlah investasi yang sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan serta yang sesuai dengan anda dan keluarga untuk mendapatkan penghasilan pasif.

 

Jenis investasi saat ini cukup banyak seperti investasi dalam bidang properti, reksa dana, maupun saham.

 

Dengan beberapa cara di atas, resolusi finansial keluarga pun akan lebih mudah dicapai.

 

Lebih mudah mengelola keuangan dengan bantuan produk dari Amar Bank. Kamu bisa mencapai segala kebutuhan finansialmu dengan berbagai fitur di sini.