SWARA – Hubungan yang mengarah pada keseriusan, pasti pembahasannya akan lebih menjurus kepada kehidupan setelah pernikahan. Adapun pembahasan rumah tangga nanti nggak akan jauh dari yang namanya keuangan. So, kalau kamu sudah serius dengan pacarmu, ada baiknya mulai melakukan perencanaan keuangan secara bersama-sama sejak pacaran.

 

Salah satu cara dalam mengelola keuangan adalah dengan membuat tabungan bersama. Yap, tabungan bersama bisa dilakukan sejak pacaran. Dengan demikian, tentu keuanganmu lebih tertata. Nantinya saat sudah hidup bersama kalian pun nggak akan begitu kaget dengan jumlah pemheluaran yang naik drastis.

 

Artikel Terkait: Pengeluaran Pasangan yang Sudah Berkeluarga

  1. Hati-Hati, 3 Pengeluaran ini Bisa Bikin Rumah Tangga Ribut!
  2. Yuk, Hitung Konsumsi Air di Rumah Plus Rincian Biayanya
  3. Baru Saja Menikah? Terapkan 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga ini!

 

Namun, tentu dengan keputusan ini pasti memiliki plus minusnya. Ini dia beberapa kekurangan dan kelebihannya!

 

Kelebihan

1. Bisa lebih hemat

Memiliki tabungan bersama sejak pacaran tentu membuat kalian lebih hemat selama pacaran. Jadi, umumnya saat pacaran pasangan hanya cenderung boros menghamburkan uang untuk bersenang-senang. Tiap weekend nonton, tiap malam ngafe, hang out ke sana-sini, dan lain sebagainya. Nah, dengan memutuskan nabung bersama ini, kalian akan terhindar dari yang namanya pengeluaran boros.

 

Artikel Terkait: Tips Hemat yang Perlu Kamu Coba

  1. 7 Tips Hemat Ala Anak Kosan Saat Hadapi Bulan Puasa
  2. 5 Tips Hemat Kelola Uang a la Selebrita Dunia Ini Patut Kamu Tiru!
  3. Anti Boros, Ini Tips Hemat Bareng Pasangan yang Bisa Dicoba

 

2. Memenuhin tujuan bersama

Dalam membuat tabungan bersama pastinya kalian memiliki tujuan bersama. Sebagai contoh adalah keinginan memiliki rumah lalu kalian menabung bersama untuk DP. Atau kalian ingin merencanakan untuk pendidikan anak. Untuknya, kalian harus mengalokasikan sejumlah uang untuk pendidikan. Dengan tabungan rencana ini, pencapaian tujuan pun jadi lebih mudah tercapai.

 

3. Lebih aman

Namanya juga menabung di bank. Sudah pasti uangmu akan aman dari risiko hilang dan dicuri orang. Jadi, kamu pun nggak perlu repot kalau lupa meletakkan uang di mana. Hanya saja, kamu harus berhati-hati dalam menyimpan buku tabungan, ya.

 

4. Jumlah akan bertambah

Seperti menabung di bank pada umumnya, akan ada penambahan bunga. Jadi, selain aman, uangmu juga akan bertambah. Tentu ini lebih menguntungkanmu, kan? Tujuan terpenuhi, jumlah untuk memenuhinya pun bertambah!

 

Kekurangan

1. Lebih rumit

Sayangnya, tabungan bersama ini juga lebih rumit dari tabungan umumnya. Karena kepemilikan berdua dan biasanya jumlahnya lebih banyak. Pihak bank pun akan memberikan perlakuan yang berbeda. Pihak bank tentu akan lebih berhati-hati terhadap setiap transaksi yang ada. Jadi, pastinya kamu akan mengalami beberapa persaratan yang agak rumit.

 

2. Butuh surat waris jika meninggal

Jika salah satu pihak meninggal, kamu perlu surat keterangan kematian dan waris jika ingin mengambil uang tabungan bersama. Ya, syarat seperti ini memang wajar. Bagaimanapun, itu demi keamanan tabunganmu juga.

 

Itu dia plus minus memutuskan memiliki tabungan bersama. Menurut saya, sih, tabungan bersama sangat diperlukan. Jadi, alangkah lebih baik jika setiap pasangan memiliki tabungan bersama seperti ini.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI

 

 

 

 

 

Mobile Site CTA