Dalam merencanakan keuangan, menabung telah terbukti membuka jalan untuk berbagai tujuan keuangan. Untuk itu, kamu harus bijak memiliki tabungan yang menguntungkan.

 

Menabung pada dasarnya adalah fondasi utama untuk mengamankan kondisi keuangan, seperti menjaga cash flow atau arus kas dengan baik atau mencukupi dana darurat.

 

Nah, dalam jangka waktu tertentu tabungan bisa berubah menjadi investasi. Pertanyaannya, produk tabungan apa yang bisa memberikan imbal hasil yang tinggi ke depannya?

 

1. Tabungan emas

 

Tahukah kamu kalau emas disebut sebagai safe haven? Safe haven merupakan jenis aset yang diharapkan memiliki nilai yang tetap atau bahkan meningkat saat pasar keuangan bergejolak. 

 

Namun perlu diketahui, emas adalah jenis tabungan yang memberikan keuntungan dalam jangka waktu panjang, karena mempertimbangkan selisih harga jual dan beli emas.

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, orang tidak lagi harus memiliki emas fisik sebagai aset. Banyak platform resmi yang menyediakan akses membeli emas digital secara daring. 

 

Secara rata-rata, kenaikan harga emas selama 5 tahun adalah sekitar 50 persen sampai 80 persen. 

 

Dengan simulasi tersebut, jika kamu membeli emas 1 gram pada akhir tahun 2021 dengan harga Rp930.000, kemungkinan nilai aset emas yang sama ditambah imbal hasil yang kamu dapatkan pada akhir tahun 2016 adalah sekitar Rp1,4 juta hingga Rp1,6 juta.

 

2. Tabungan berjangka 

 

Tabungan berjangka merupakan produk turunan simpanan yang ditawarkan oleh bank dalam jumlah tertentu yang sudah disepakati untuk jangka waktu tertentu.

 

Produk tabungan berjangka bisa menjadi solusi untuk tujuan keuangan yang relatif lebih pendek seperti tabungan berjangka untuk liburan, pernikahan atau ibadah.

 

Pada tabungan berjangka, uang disimpan akan mendapatkan imbal hasil tertentu tergantung suku bunga yang berlaku dan tenor yang diambil.

 

Misalnya, jika kamu menyepakati tabungan berjangka dalam kurun waktu satu tahun dengan suku bunga 3 persen per tahun dan setoran rutin per bulan Rp1 juta per bulan. 

 

Maka saat jatuh tempo pertambahan aset tabungan dan imbal hasil yang kamu dapatkan adalah Rp12,36 juta belum dikurangi pajak dan biaya administrasi lainnya.

 

3.   Tabungan dolar

 

Tabungan dolar juga bisa menjadi pilihan tabungan yang menguntungkan. Jika kondisi ekonomi di kedua negara baik, fluktuasi harga dolar terhadap rupiah cenderung stabil.

 

Sama seperti emas, dolar merupakan jenis tabungan dengan motif berjaga-jaga mengingat kenaikan harga jual signifikan umumnya terjadi saat krisis ekonomi melanda. 

 

Tabungan dolar bisa kamu dapatkan dengan melakukan pembelian melalui money changer. Bisa juga lewat bank, sesuai dengan kurs transaksi jual dan beli masing-masing institusi.

 

Misalnya, selama lima tahun terakhir rupiah tercatat melemah terhadap dolar sekitar 10 persen. Umpamakan kamu menabung uang dolar pada tahun 2016 sekitar USD 100 dengan nilai rupiah sekitar Rp1,3 juta.

 

Kemungkinan, pada tahun 2021 nilai dolar yang sama jika dikonversikan ke rupiah menjadi Rp1,4 juta.

 

4.   Tabungan deposito 

 

Deposito adalah bentuk tabungan dengan cara menyetorkan uang dalam jumlah dan jangka waktu tertentu tanpa harus melakukan setoran rutin berkala.

 

Deposito dianggap sebagai salah satu jenis tabungan yang menguntungkan dengan masa jatuh tempo dengan tenor yang relatif lebih singkat, seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun hingga 3 tahun.

 

Karena tujuannya yang relatif singkat, imbal hasil yang didapatkan juga cenderung rendah. Dikutip dari website Lembaga Penjamin Simpanan, tingkat bunga penjaminan bank umum yang ditetapkan adalah sekitar 3,5 persen per tahun.

 

5.    Tabungan Senyumku dengan bunga 5,5%

 

Salah satu produk tabungan yang menguntungkan adalah tabungan Senyumku yang menawarkan bunga tabungan 5,5 persen per tahun. 

 

Fitur celengan Senyumku ini tersedia dalam aplikasi bank digital milik Amar Bank yaitu Senyumku yang sudah bisa didapatkan melalui Google Play.

 

 

Selain fitur tabungan, Senyumku juga menyediakan produk deposito dengan imbal hasil yang tak kalah menggiurkan. Tingkat suku bunga yang ditawarkan sangat kompetitif mencapai 9 persen per tahun.

 

Minimal depositonya hanya sebesar Rp100 ribu dengan periode deposito mulai dari 1 hingga 36 bulan dengan ketentuan bunga dihitung bulanan dan dapat ditarik pada akhir periode.

 

Aplikasi Senyumku juga dilengkapi dengan berbagai pengaturan keuangan untuk mencatat pengeluaran secara otomatis. Jadi, kamu bisa memantau seluruh transaksimu secara mudah. 

 

Cara membuka tabungan yang menguntungkan di Senyumku

 

Tahapan membuka tabungan di aplikasi Senyumku milik Amar Bank sebenarnya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Unduh aplikasi Senyumku di Playstore
  2. Buka aplikasi lalu klik daftar
  3. Isi data diri, alamat domisili dan data bank
  4. Setelah mengisi data diri, unggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP
  5. Lakukan verifikasi dengan tim Senyumku melalui sambungan video call
  6. Tahap verifikasi selesai dan kamu sudah dapat menabung dengan menyetorkan uang pada fitur di aplikasi Senyumku

 

Senyumku adalah produk bank digital besutan Amar Bank yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

 

Jangan sanksi soal keamanannya, karena simpanan Amar Bank merupakan peserta penjamin LPS. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkait keamanan uang dan data informasi perbankan.