Menabung kalau tak memiliki tekad yang kuat memang banyak godaannya. Namun, selain memiliki tekad yang kuat, kamu juga harus menggunakan metode menabung yang benar agar uang tersebut terkumpul. Dikutip dari Moneysmart, kamu bisa terapkan metode tanggalan untuk menabung. Hanya dengan modal awal Rp1.000,-, tabunganmu bisa jadi 5 jutaan, lo!

 

Gimana Cara Menabungnya?

Awalnya, saya sebenarnya juga tak percaya dengan metode tanggalan ini. Bagaimana caranya hanya dengan uang Rp1.000,-, bisa mendapatkan tabungan hingga nominal 5 juta? Tapi ternyata itu benar adanya, lo! Saya sudah membuktikan bahwa hal ini benar adanya. Asal rajin menabung setiap hati dan rutin, hanya dengan modal Rp1.000,- hal itu bisa terwujud.

 

Cara penerapannya, sebenarnya tak susah. Kamu hanya perlu memulai menabung di hari pertama sebanyak Rp1.000,- saja. Anggap kamu memulainya pada tanggal 1 juga. Lalu, di tanggal 2 kamu harus menabung Rp2.000,-. Begitu seterusnya hingga akhir bulan. Jumlah tabungan per hari yang harus ditabung adalah sesuai dengan tanggal hari itu.

 

Lakukan terus cara itu hingga akhir tahun sampai jumlah uang yang kamu tabung banyak. Bila sudah banyak, agar tabungan tersebut lebih menghasilkan, kamu bisa tabung ke bank saja. Selain uang dalam tabungan lebih aman, kamu juga bisa mendapatkan bunga yang lumayan. Namun, baiknya cari bank yang menerapkan biaya administrasi rendah, ya!

 

 

Jumlah Uang yang Bisa Ditabung dalam Setahun

Ngomong-ngomong, berapa jumlah uang yang bisa kamu tabung dalam setahun dengan metode ini? Kalau saya sih, seperti yang saya katakan sbeelumnya, bisa sampai nominal 5 juta rupiah asal telaten dalam menabung. Tak percaya? Yuk, hitung saja. Dalam satu tahun, ada tujuh bulan yang memiliki hari 31 hari. Lalu, jumlah hari 30 ada 4 dan 1 jumlah 28 hari.

 

Bila kamu menabung sesuai dengan aturan, yakni jumlah uang yang ditabung sesuai dengan tanggal hari itu, maka untuk hari ke-31 kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp496.000,-. Angka ini didapat dari menjumlah seluruh tanggal dari tanggal 1 sampai tanggal 31. Tinggal kalikan saja 7 untuk mewakili bulan tersebut dalam satu tahun.

 

Berapa dana yang bisa kamu tabung? Angkanya adalah Rp3.472.000,-. Cukup besar, kan? Nah, bagaimana untuk yang 30 hari? Kamu hanya perlu menjumlahkan dengan cara yang sama pada bulan dengan 31 hari saja. Kalau ribet, tinggal kurang saja Rp496.000,- dengan Rp31.000,-. Hasilnya? Satu bulan dengan jumlah 30 hari jumlahnya adalah Rp465.000,-.

 

Kalikan lagi jumlah bulan yang memiliki jumlah hari 30, sebanyak 4 buah. Hasil akhirnya adalah Rp1.860.000,-. Angka yang cukup besar. Terakhis, satu bulan dengan jumlah 28 hari. Kalau dihitung, maka angka akhir tabungan yang didapat pada bulan dengan jumlah 28 hari ini adalah sebesar Rp406.000,-.

 

Tinggal jumlahkan saja semuanya. Rp3.472.000,- ditambah Rp1.860.000,- dan ditambah lagi dengan Rp406.000,-. Maka, total uang yang akan kamu dapat dalam satu tahun dengan menabung menggunakan metode tanggalan ini adalah Rp5.738.000,-. Cukup besar, kan? Oleh karena uang tersebut tak saya pakai dan saya rutin menabungnya, jumlahnya tak kurang.

 

Jadi, apa kamu tertarik juga untuk ikuti cara saya menabung menggunakan metode tanggalan ini? Jumlah yang bisa didapat dalam setahun lumayan besar, lo! Setelahnya, uang tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau ditabung saja. Kalau mau untuk usaha, bila modalnya kurang, maka kamu bisa coba pinjam di Tunaiku saja untuk tambahan modalnya.


Audrey GabriellaAudrey Gabriella