SWARA – Bicara soal mengatur keuangan memang nggak akan pernah simpel. Berapapun jumlah uang yang masuk nggak jarang berujung kurang untuk semua pengeluaranmu. Memang akan sangat bergantung dengan bagaimana pola pergaulanmu.

 

Namun, agar kondisi finansialmu tetap sehat, ada baiknya kamu juga memahami siapa kamu sebenarnya dan memahami betul kepribadianmu, agar mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kamu waspadai atau bahkan diperbaiki saat mengatur keuangan.

 

Memahami kepribadian bukan hal yang sulit. Salah satu cara memahami kepribadian untuk lebih mahir mengatur keuangan bisa dengan membaca faktor-faktor terkait urutan kelahiran. Nggak percaya? Yuk langsung simak ulasan berikut ini.

 

Artikel Terkait: Tips atur keuangan lainnya

  1. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekarang!
  2. Gaji Sudah Naik, Kok Masih Aja Berasa Kurang?
  3. Hai Kamu yang Berusia 20-an, Terapkan 5 Langkah Mengatur Keuangan a la Orang Dewasa Ini!

 

1. Anak tunggal

Anak tunggal cenderung memiliki sifat rapi dan sangat terorganisisr, bahkan tahu di mana ia perlu menemukan sesuatu di tengah tumpukan-tumpukannya. Dibesarkan dengan rencana masa depan yang ketat, membuat anak tunggal dituntut berlaku dewasa sejak masa kanak-kanak. Alhasil, ia bisa cenderung sangat tenang dan dingin di permukaan.

 

Kendati demikian, curahan perhatian dan kasih sayang yang hebat dari orang tua membuat anak tunggal nggak jarang bersifat boros. Jadi jika bicara soal mengatur keuangan, anak tunggal akan sedikit kesulitan dan butuh tekad yang kuat.

 

2. Anak Sulung

Menjadi anak pertama hampir nggak beda jauh dengan apa yang didapatkan anak tunggal. Sebagai anak tertua kamu dibesarkan dengan harapan yang juga tinggi. Baik perhatian, maupun tanggung jawab dari segi pendidikan. Soal mengatur keuangan, kamu cenderung meniru habit dari orang tuamu. Nggak jarang anak sulung ditemui lebih terorganisir dan tahu membagi pos-pos pengeluaran.

 

3. Anak Tengah

Umumnya, secara kepribadian anak tengah tergolong pintar bergaul, beradaptasi, dan bernegosiasi. Sifat ramahnya membuatnya banyak disukai banyak orang, kendati demikian, untuk urusan keuangan, anak tengah cenderung lebih boros. Hal ini kerapkali didorong oleh keinginan terus mengikuti pergaulan.

 

Selain itu, kecenderungan kurang mandiri juga nggak jarang memperngaruhinya dalam hal mengatur finansial. Untuk lebih bisa berhemat, anak tengah akan membutuhkan bantuan, entah dari sang kakak, bahkan adiknya maupun orang tuanya untuk menjadi penasihat dalam hal mengatur keuangan.

 

4. Anak bungsu

Banyak yang berangapan kalau anak bungsu selalu identik dengan sifat manja. Padahal, tergantung pada jarak lahir anak bungsu dengan kakaknya. Jika jarak lahir berdekatan, memang anak bungsu sakan cenderung lebih manja. Namun, jika jarak lahirnya jauh, anak bungsu justru akan memiliki kecenderungan sifat layaknya anak sulung.

 

Jadi, cara mengatur keuangan pun akan berbeda pada dua kategori anak bungsu tersebut. Terkait masalah finansial yang acap kali dijumpai anak bungsu, ada baiknya, bagi si bungsu untuk selalu berhati-hati dalam membelanjakan uang, biasakan untuk membuat anggaran secara periodik.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agyunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, cara atgur keuangan

 

 

 

 

Artikel Terkait: Hal-hal unik terkait kepribadianmu

  1. Kebiasaan Buruk dalam Mengelola Keuangan Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana Nih?
  2. Kantor Ini Mempekerjakan Karyawannya Berdasarkan Zodiak dan Tes 16 Kepribadian, Lho!
  3. Temukan Pekerjaan yang Tepat Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian Ini, Yuk!

 

Urutan lahir akan mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Hal ini lah yang kemudian berimplikasi pada sejumlah pola hidup, salah satunya manajemen keuangan. Namun, apapun permasalahan finansial yang kamu jumpai, usahakan untuk paksakan tabungan di awal saat menerima sejumlah uang, sisanya atur sebisa mungkin untuk kebutuhan-kebutuhanmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


HENDRATANU WIJAYA

HENDRATANU WIJAYA